Berhati Hatilah, Ternyata Bunuh Diri Bisa Menular

Riaisy Blog |Bunuh Diri Bisa Menular. Sering kita melihat atau membaca kasus bunuh diri yang diakibatkan oleh beratnya beban hidup sampai pada kasus derita penyakit yang tidak bisa disembuhkan akhirnya putus asa dan tega untuk menghilangkan nyawanya sendiri

Baru baru ini NY Daily News, mempublikasikan penelitian yang dilakukan University of Ottawa menghasilkan kesimpulan yang mencengangkann bahwa ide bunuh diri bisa menular seperti penyakit. Maksudnya adalah ketika seseorang telah melihat sebuah kejadian atau kasus bunuh diri maka kecenderungan untuk ikut bunuh diri akan semakin besar.

Penelitian ini menggunakan sampel  8.000 remaja usia 12 hingga 17 tahun. Para remaja ini di mintakan sebuah pandangan tentang pemikiran bunuh diri yang ada disekitar mereka terutama teman sekelasnya. Hasilnya,   remaja usia 12 hingga 13 tahun yang memiliki teman meninggal akibat bunuh diri, 15% melaporkan pernah memikirkan tentang bunuh diri, 7% persen bahkan pernah mencoba bunuh diri. Hal yang sama terjadi pada remaja usia 14 hingga 17 tahun.

Dari hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa remaja masih memiliki pemikiran yang mengambang mengenai bunuh diri. Perlunya sikap orang tua untuk dekat dengan mereka akan lebih baik, mengingat remaja cenderung lebih tertutup kepada orang tua mereka. Hasil penelitian ini tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa.

Lain halnya adalah penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika bahwa kasus  berada diatas peringkat setelah kasus  kecelakaan mobil atau cedera. 

John Campo, kepala divisi psikiatri dan kesehatan perilaku di Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan bahwa pelaku bunuh diri percaya bahwa masalah akan terselesaikan jika mereka bunuh diri dan lebih baik mati daripada menelan keputusasaan dan rasa sakit," seperti yang dilansir Livescience. 
Lebih lanjut Campo mengatakan bahwa bunuh diri bisa menular melalui sugesti atau dorongan mental seseorang. Karena itu, dia menyarankan untuk merehabilitasi mental anggota keluarga lain setelah ada anggota keluarga yang melakukan bunuh diri.Pribadi yang mempunyai riwayat didalam keluarganya pernah terjadi bunuh diri, masa kecil kurang bahagia dan trauma kekerasan,serta mengidap gejala agresif impulsif juga cenderung bisa ditulari penyakit bunuh diri. Campo juga menyimpulkan bahwa 90% orang mati bunuh diri pernah mengalami depresi dan gangguan bipolar. Kemudian dibawahnya diduduki oleh perasaan putus asa, susah tidur, panik setiap hari, isolasi sosial, sifat cepat marah, dan perasaan terbebani.

Baca juga : Begini rupanya makna garputala dibalik logo yamaha


Pada 2013, CDC mencatat 41,1 ribu lebih kasus bunuh diri di Amerika. Sedangkan, tahun 2014, setidaknya ada 8,3 juta orang dewasa yang dilaporkan memiliki pikiran untuk melakukan bunuh diri.

Kasus lain yang tak kalah pentingnya sebagai penyumbang bunuh diri adalah kecanduan narkoba dan alkohol. National Alliance of Mental Illness (NAMI)  mencatat secara sadar atau tidak zat kimia didalam narkoba mampu mensugesti seseorang untuk menghabisi hidupnya sendiri. . Pada 2009, alkohol dan heorin menjadi pendorong utama bunuh diri warga Amerika. 
bunuh diri bisa menular
Ilustrasi gantung diri

Dari beberapa penelitian diatas patut kita renungkan bahwa informasi, media, berita dari media massa atau dari orang lain atau orang orang terdekat  harus mampu difilter dengan baik agar mindset bunuh diri sanggup ditangkal oleh pribadi masing masing.
Ingat semua agama melarang keras bunuh diri apapun bentuk dan permasalahannya. Sehingga jika sebuah masalah tidak mampu dipecahkan sendiri sampaikan kepada orang orang terdekat yang nantinya bisa mampu untuk mengurang beban dan trauma. 

Terakhir, kuatkan iman, tingkatkan ibadah, berdoalah semoga beban yang membuat seseorang untuk cenderung dijangkiti mindset bunuh diri bisa ditangkal dengan baik


Demikian untuk mewaspadai akibat penularan bunuh diri

BACA JUGA

0 Response to "Berhati Hatilah, Ternyata Bunuh Diri Bisa Menular "

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus