Cara Membuat Vlog Cepat Terkenal Di Youtube

Riaisy Blog |  Cara membuat Vlog. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak deretan orang tiba tiba namanya terkenal hanya dari sebuah video. Sebut seperti Norman kamaru, Sinta dan Jojo, Arya Wiguna, Udin Sedunia, Eka Gustiwana, dan yang paling baru seperti video Anak SMA yang mempraktikkan super bus yang mengendarai dengan ugal-ugalan, om telotet om dan sederet kreasi lainnya. Mereka terkenal karena punya ide dan keunikan dalam meramu sebuah video yang sebenarnya biasa biasa saja, namun dengan ide dan gagasan uniknya mereka bisa menarik dan diterima penonton dengan jumlah yang sedemikian besarnya.

Tidak perlu keahlian khusus dalam editing video, yang paling utama adalah ide dan gagasan unik dan menarik. Itu saja. Kemudian karena media yang digunakan adalah video atau gambar, maka kamera yang bagus kualitasnya kan semakin bagus pula hasilnya. Dengan semakin canggihnya kualitas kamera gadget, saat ini kamu akan tambah berkualitas dalam membuat video. Semua denyut nadi kehidupan bisa kamu abadikan dalam sebuah kamera baik untuk koleksi maupun untuk ditampilkan di blog atau website. Inilah yang disebut dengan Vlog.

Mengenal Vlog



Vlog kependekan dari Video Blog atau bisa juga disebut sebagai membuat Blog yang berisi Video. Kegiatan Vlog yang utama adalah merekam apa saja tentang sebuah topik . Channel youtube adalah tempat yang paling populer para Vlogger untuk share vlo. salah satu contoh v log dengan topik yang populer di youtube adalah travel vloger dan motovlog .
Berrbeda dengan seorang blogger yang selalu menulis dan menjelaskan dan membahas topik tertentu melalui rangkaian tulisan , gambar dan file multimedia lain , sedangkan sebuah vlog menjelaskan atau membahas topik tertentu melalui rekaman percakapan dan video ditambah file multimedia pendukung lain seperti musik dan gambar .

Nah, daripada terus penasaran, begini cara membuat Vlog Cepat terkenal Di Youtube.

Langkah Pertama : Persiapan Pembuatan Vlog

Sediakan bahan bahannya antara lain :
  • Kamera yang punya kualitas bagus ( diatas 5 MP). atau pakai kamera ponsel kamu
  • Laptop atau PC dengan koneksi internet dan harus terinstal softwate editing video seperti : Windows Movie Maker, Filmora Video Editor, Imovie, Pinnacle Studio dan lain lain atau sobat bisa cari sendiri aplikasi berbasis android seperti Magisto video editor and Maker, Vidtrim, video Maker Pro Free.
  • Berdoa dan beusaha

Langkah kedua , Buat Akun di Youtube

Buat akun di youtube. Jika sobat sudah punya gmail, langsung otomatis bisa digunakan untuk mendaftarkan akun youtube. Karena di google satu akun bisa untuk semua layanan google seperti Blogger, Youtube, Google us, Google Tren, Google Keyword Planner, Google Earth dan banyak lagi layanan google lainnya.

Langkah ketiga , Buat Ide Vlog

Rencanakan idemu. Sulitnya mencari ide segar inilah kadang banyak para vlogger yang mundur sebelum bertempur. Padahal ide bisa datang darimana saja dan kapan saja. Jika anda kesulitan mencari ide ngevlog, gunakan kelebihan kamu atau bahkan kekurangan kamu yang penting unik, gokil, aneh, lucu, mengharukan atau hal yang yang tidak biasanya terjadi.

Saya akan beri gambaran tentang ide yang pernah booming di youtube i :


  • Video keong Racun Sinta dan Jojo
  • Video Caya-Cayya Norman kamaru
  • Video lagu Ganteng ganteng Swag
  • Video Curhat awkarin
  • Video lagu gak papa jelek yang penting sombong
  • Video 3 paradox pada perjalanan waktu
  • Videeo 21 Accent
  • Video Candalioe, Ikut Puasa
  • Video kaesang- Pencitraan
  • Film Maker Muslim- Daqu Movie
  • Membuat wanita senang - Last day production
cara membuat vlog
Peralatan untuk membuat video blog


Jika video diatas sebagian besar dibuat dengan sentuhan studio, maka jika kamu belum mahir editing video, gunakan kekuatan ide untuk mencuri perharian penonton.

Baca Juga : Ternyata Bunuh Diri Bisa Menular

Kamu juga bisa surfing di youtube mencari video buatan dengan subscriber terbanyak sebagai salah satu cara menggali ide. Kamu juga bisa menggali ide dari google trends. Pilihlah topik dengan pencarian paling banyak.

Setelah ide didapat langsung buat videonya, silahkan buat Vlog dengan topik yang kamu ciptakan sendiri , tapi ingat ! Jangan pernah meniru Vlog youtuber yang sudah terkenal , para youtuber terkenal memang kerap mengupload Vlog dengan topik yang gak penting tapi banyak penontonnya , hal ini dikarenakan para penonton tidak memikirkan topik dari vlognya namun siapa yang membuat vlognya .
Nah , jika kalian sudah punya kamera yang bagus , topik yang ingin diangkat dan perlengkapan pendukung lainnya , maka lanjut ke langkah berikutnya .

Langkah keempat ,

To the point, jangan banyak intronya
Jangan membuat intro yang terlalu panjang , jika ingin membuat video karena penonton akan cepat bosan sehingga waktu tonton akan berkurang 
Hindari intro atau perkenalan yang terlalu lama , contohnya , “Selamat datang di channel Ngevlog , channel ini adalah channel yang khusus mengupload vlog berkualitas tinggi tentang apa saja yang bisa di rekam , kali ini gw mau ke bandung dan nyari keindahan alamnya yang tersembunyi , ….. sambil teriak halo warga bandung apa kabarnyaaaaa ? jangan lupa subscribe , like share , tonton video lainnya dan kunjungi website kita supaya gw bisa kaya dan banyak duit”
Sebenarnya , kita bisa membuat judul video menggunakan kalimat efektif sehingga orang akan tahu apa isi dari vlog tersebut tanpa harus dijelaskan secara bertele-tele . Pada awal video langsung saja buka dengan singkat “Hai gw gissa , hari ini gw mau jalan-jalan ke bandung dan meng-eksplor keindahan alamnya ” …. sambil manasin mesin motor .
Ambil video sebanyak mungkin
Biasanya para youtuber menyebutnya footage , nah kalau kita ngerekam video banyak maka kita bakalan punya bahan yang banyak untuk dibawa pulang dan kita edit . Setiap merekam video kita pasti akan melakukan kesalahan atau kita merasa rekaman kita kurang  pas , kurang keren .
Semakin banyak footage yang kita punya , maka semakin leluasa kita dalam mengedit video mentah dari kamera menjadi sebuah Vlog yang siap diupload ke youtube .
Edit Vlog agar lebih sempurna 
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya , kita terkadang mendapatkan hasil rekaman yang kurang sempurna . Lakukan edit ringan seperti koreksi warna dan cahaya , Reduce camera shake , penambahan watermark dan intro jika dirasa perlu untuk branding .dengan photoshop atau aftereffect atau banyak video editor lainnya

Langkah kelima , Optimasi

Jika kalian sudah memiliki Vlog yang siap untuk diupload ke youtube , lakukan segera pengunggahan dengan optimasi khusus agar video kalian cepat populer .
Beberapa optimasi yang bisa kalian lakukan dengan mudah antara lain :


  • Berikan judul vlog yang menarik dan berkaitan dengan trending topic dan kata kunci yang lagi tren
  • Tulis deskripsi vlog yang jelas dan panjang


Langkah Keenam, Share Vlog


Bagikan video ke semua sosial media seperti Facebook, Twitter, Gplus, Instagram bila perlu buat beberapa akun  sosial media untuk memperbanyak share video

Langkah ketujuh, Promosi


Promosikan video kamu ke channel  seperti : 9 gagtv, Reddit.com, Funnyjunk.com, Liveleak,com, 

Langkah terakhir , Kolaborasi dengan Vlogger

Lakukan kolaborasi dengan Vlogger lainnya.  Cara ini sebenarnya adalah salah satu alternatif yang paling dianjurkan oleh pihak Youtube sendiri. Dan memang benar, cara ini sangatlah efektif dengan banyaknya bukti nyata kesuksesan seuah channel berkat upaya kolaborasi.
Untuk menjalankan kolaborasi dengan penggiat Youtube lain sebenarnya tidak terlalu susah. Pertama tentu Anda perlu mencari channel yang berhubungan dengan tema video Anda lalu mulai menjalin komunikasi dengan sang empunya channel. Jika mereka setuju, Anda bisa mulai membuat konsep bersama untuk membuat video kolaborasi.
Ketika penggemar channel tersebut melihat penampilan Anda di video kolaborasi dan menyukainya, otomatis kita telah membangun kesempatan mendapat penggemar baru. Ini adalah solusi saling menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Demikian cara membuat vlog supaya terkenal di youtube.
BACA JUGA

0 Response to "Cara Membuat Vlog Cepat Terkenal Di Youtube"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus