5 Cara Menghindari Kecanduan Gadget Pada Anak

cara menghindari kecanduan gadget pada anak. Anak anak adalah masa dimana perlu kegiatan interaksi dengan linkungan. Perlu orang tua untuk selalu memberikan bimbingan bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain baik dalam keluarga dan di luar keluarga seperti sekolah atau lingkungan sekitar. Dengan bermain gadget, waktu anak akan tersita dengan hanya bermalas malasan dan hanya berinteraksi dengan dunia fantasi yang justru akan berakibat buruk jika games ataupun permainan online mengandung unsur unsur tidak mendidik. Padahal waktu yang dibutuhkan anak adalah bermain secara fisik, selain membuat badannya sehat juga bisa menstimulasi otak untuk selalu berfikir kritis menghadapi lingkungan sekitar.

Menurut Dr Soong Chi Mei, Psikiatri Senior di Rumah Sakit KKH Singapura menuturkan bahwa ketika memperkenalkan perangkat teknologi genggam kepada anak anak, orang tua dan pengasuh harus siap untuk memberikan batas yang jelas berkaitan dengan waktu penggunaannya. games dan aplikasi lainnya bahkan games pendidikan sekalipun kecanduan teknologi bisa mungkin terjadi pada anak anak dengan bentuk spektrum autisme dalam bentuk kurangnya interst terhadap rasa senang.

Berikut ini adalah tanda bahwa anak sudah kecanduan gadget :


  1. Menggunakan gadget terus menerus, Anak akan marah jika dilarang atau perangkat iambil
  2. Tidak mau melakukan rutinitas sehari hari, hanya ke tempat tidur dan bermain dengan gadget
  3. Asyik sendiri secara berlebihan ketika mendapatkan karakter yang disukai dalam games, video amaupun aplikasi yang disukai.

5 cara ini setidaknya bisa mengurangi kecanduan gadget pada anak :

5 Cara Menghindari Kecanduan Gadget Pada Anak

1. Membatasi penggunaan TV, komputer dan gadget maksimal 30 menit dalam rentang waktu tertentu. Pastikan waktu didepan layar baik TV computer maupun gadget lainnya tidak melebihi batas rekomendasi kelompok umur. Seperti yang sudah di lansir oleh CNN.com batas nonton didepan layar terbaru berdasarkan kelompok umur adalah :
  • Umur 0- 18 bulan : tidak boleh nonton didepan layar.
  • Umur 2-5 tahun    : 1 jam per hari
  • Umur dibawah 6 tahun : batasi penggunaan media digital sesuai komitmen.
2. Jadwalkan waktu yang tepat untuk menggunakan perangkat dan selalu rencanakan kegiatan fisik yang membuat anak lebih senang ketimbang menggunakan gadget. Jangan letakkan gadget maupun TV di tempat tidur atau singkirkan setelah perangkat tidak digunakan lagi.
3. Amati waktu luang pada anak seperti saat saat makan, mengerjakan PR atau saat waktu tidur. dan buat aturan yang jelas saat berada di tempat tidur, ruang makan atau di dalam mobil.
4. Ajarkan pada anak pentingnya komitmen dan tanggungjawab. Pastikan beri pujian saat anak anda mampu menahan diri dalam menggunakan gadget dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan.
5. Memonitor akses dengan menggunakan perangkat bersama anak anak . Ambil kesempatan berkomunikasi, berinteraksi dan berbagi value bersama keluarga.


Dengan kesibukan kita setiap hari, teknologi bisa digunakan untuk mengisi waktu santai, namun tetap penting bagi orang tua atau pengasuh untuk berbicara, mendengarkan dan bermain, mengunjungi tempat tempat wisata dan terlibat langsung dengan anak anak," kata Dr. Soong.

Demikian cara menghindari kecanduan gadget pada anak


BACA JUGA

0 Response to "5 Cara Menghindari Kecanduan Gadget Pada Anak"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus