Cara Membersihkan Setrika Agar Tidak Lengket

Riaisy Blog | Cara membersihkan setrika agar tidak lengket. Setrika, alat rumah tangga yang selalu digunakan untuk  menggosok baju agar tampak lebih rapi bersih dan mengkilat, merupakan salah satu alat rumah tangga yang hampir setiap minggu digunakan. Bagi para ibu atau pembantu, menyetrika merupakan pekerjaan yang melelahkan dan membuat jenuh. Bayangkan jika satu keluarga terdiri dari munimal 4 anggota keluarga, setiap hari minimal berganti baju, berarti ada 4 potong baju dan 4 potong celana, dalam seminggu berarti ada 28 potong baju dan 28 potong celana. Sehingga minimal ada 56 potong pakaian yang harus disetrika.

Menyetrika tidak membutuhkan trik khusus karena saat ini jenis dan type setrika sudah dilengkapi dengan alat yang bisa menyesuaikan tingkat panas. Anda cukup memilah jenis pakaiannya seperti nilon, katun atau jenis kain lainnya dan sesuaikan dengan stelan di setrika. Tidak seperti jaman dahulu menyetrika menggunakan arang harus punya trik khusus untuk menyesuaikan panas yang pas dengan kain.

Penyebab setrika yang kotor bagian bawahnya bisa disebabkan oleh terlalu panas stelan termalnya sehingga saat menyetrika, kainnya menjadi terlalu mengkilap atau bahkan menjadi gosong dan mengeras. Dari sini kain yang gosong atau mengeras ada sebagian yang lengket di dasar setrika dan jika setrika sudah dingin sulit untuk dibersihkan .

Jika strika sering dipakai untuk menggosok pakaian, akan tampak  bercak hitam atau tampak seperti gosong yang lengket di dasar setrika. Jika tidak dibersihkan, pakaian akan lengket saat setrika digunakan untuk menggosok pakain tersebut. Berikut adalah cara membersihkan bagian bawah setrika yang kotor

  1. Hidupkan setrika layaknya seperti akan menggosok pakaian.
  2. Letakkan daun pisang dibawah setrika dan gosok daiun pisang hingga layu dan bersih
  3. Setelah hilang dan licin , coba gunakan untuk menggosok kain sembarang namun yang bersih, apakah masih lengket atau tidak.
  4. Jika masih lengket ulangi beberapa kali sampai noda dan karat yang lengket di bagian bawah setrika menjadi bersih dan licin saat digunakan untuk menyetrika.

cara yang lain juga bisa digunakan air gara. Caranya adalah percikkan air garam di kain sembarang yang bersih dan gosokkan setrika sampai terasa licin dan tidak lengkit setrika dengan kain.


Jangan pernah membersihkan bagian bawah setrika dengan benda keras untuk menghilangkan kerak, hal ini malah kan menjadi sebab bersarangnya kotoran pada bekas goresan tersebut dan malah kan membuat lengket lebih parah. 

Demikian cara membersihkan setrika agar tidak lengket.

BACA JUGA

0 Response to "Cara Membersihkan Setrika Agar Tidak Lengket"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus