Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Dari Dapur

Riaisy Blog | Seberapapun lezatnya makanan yang anda rasakan di meja makan, tetap meninggalkan sampah dan bau didapur. Tak terkecuali ikan. Bau ikan selalu di cium ketika saat memasak maupun sedang menikmati ikan. Baik di goreng maupun di bakar ikan selalu memberi bau yang khas. Mungkin pada awalnya ketika saat Anda belum menikmati makan ikan akan terasa wangi. Namun setelah Anda menyantap ikan bakar atau goreng tentu suasananya akan berbeda. Kenapa ? Ya, ikan sudah masuk dalam perut namun baunya tetap tertinggal, bahkan jika di biarkan berlama lama malah akan bau amis dan membusuk.

Mengapa ikan bau busuk?


Untuk melawan air asin di laut, sel sel makhluk laut  penuh dengan asam amino dan amina. Trimetilana oksida adalah komposisi .yang paling utama atau dikenal dengan TMAO. Jika ikan mati, ada enzim bakteri tertentu yang menyerang daging. Otot otot ikan yang mengandung TMAO akan membusuk dan terurai menjadi Trimetilamin.(TMA) yang menghasilkan bau busuk. Oleh karena itu salah satu ciri ikan segar adalah tidak berbau dan jika ikan sudah mulai berbau khas, jangan di beli.

Bau ikan bisa lebih lama, bisa sampai berhari- hari, tetapi anda tidak perlu khawatir, tips berikut bisa menghilangkan bau amis dan busuk ikan.


Beberapa hal berikut bisa digunakan untuk mengusir dan menetralisir bau amis :


  • Buka jendela : hal ini bertujuan agar sirkulasi udara luar dengan udara didalam dapur bisa berjalan dengan baik.
  • Seduh kopi : setelah memasak ikan, seduhlah secangkir kopi, bila perlu tambahkan pala, kayu manis dan rempah rempah lainnya. Biarkan aroma rempah rempah menggantikan bau ikan untuk beberapa saat sampai menghilang dengan sendirinya
  • Panggang kue yang beraroma seperti cake atau cookies.
  • Didihkan kulit jeruk, cengkeh, pala dan kayu manis sampai uapnya menyebar diseluruh ruangan
  • Letakkan Cuka putih : tuang diatas mangkok dan biarkan terbuka diamkan sampai bau amis terserap semua 
  • Wangi lemon : gunakan pencuci peralatan dengan wangi lemon
  • Gunakan penyegar udara
  • Hidupkan exhaus fan.

BACA JUGA

0 Response to "Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Dari Dapur"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus