Cara Mengobati Timbilan Atau Bintitan

Cara mengobati timbilen atau bintitan. Timbilen atau bintitan atau bintilan adalah benjolan kecil seperti jerawat atau bisul kecil yang tumbuh di kelopak mata. Biasanya timbilan hanya tiumbuh di kelopak sebelah mata saja.

Penyebab bintilan atau timbilan adalah bakteri stafilokokus. Bakteri ini berasal dari kuku yang kotor, Ketika tangan menyentuh kelopak mata maka bakteri tersebut menginfeksi menginfeksi akar bulu mata dan berakibat tumbuhnya timbilan. Selain itu bakter ini juga bisa menginfeksi kelenjar minyak dan kelenjar keringat.

Gejala timbilan dimulai dari mata merah dan berair, kelopak mata terasa mengganjal, bengkak dan nyeri. dan muncul kotoran di sekitar kelopak mata. 

Cara mengobati timbilan atau bintitan bisa dilakukan seperti berikut ini :


1. Kompres dengan air hangat kuku.

caranya ambil kain bersih han lembut, celupkan ke dalam air hangat dan tempelkan kain tersebut ke mata yang terkena bintilan, diamkan selama 10 menit dengan sesekali di tekan tekan. Cara ini lebih mudah anda lakukan sambil tidur terlentang agar kain yang menempel tidak terlepas.

2. Cabut bulu mata yang terinfeksi bakteri

Jika bakteri menginfeksi bulu mata, anda bisa mencabut bulu mata hanya yang terinfeksi saja. Pastikan penjepit untuk mencabut bulu mata steril dengan car merebusnya terlebih dahulu. Lakukan dengan hati hati didepan cermin atau bisa Anda minta bantuan orang lain. Tetapi jika bakteri tidak menginfeksi kelenjar keringat atau kelenjar minyak, cara ini tidak bisa dilakukan.

3. Jangan coba coba di pencet atau dicoba keluarkan nanahnya.

Mungkin anda merasa risih jika timbil bikin sakit dan mata sangat tidak nyaman untuk melihat. Namun jangan sampai anda memencet untuk mengeluarkan isinya. Hal ini malah berakibat lebih buruk. Bersabar sedikit dalam 2 -3 hari karena timbilan akan sembuh dengan sendirinya.

4. Jangan taruh makeup

Walaupun terasa risih, untuk menyemarkan timbilan jangan gunakan makeup apapun  karena akan berdampak lebih buruk. Lebih baik gunakan kaca mata hitam untuk menambah percaya diri.

5. Gunakan teh hijau celup

Teh celup bisa digunakan untuk mengobati timbilan. caranya :
Seduh teh celup seperti biasa
Gunakan kantong teh celup yang masih hangat tempelkan ke mata yang timbilan.
Diamkan selama 10 menit

Cara Mengobati Timbilan Atau Bintitan

6. Bersihkan timbilan

Salah satu sebab infeksi timbilan lebih buruk adalah karena bagian timbilan yang kotor.
Usahakan timbilan yang bersarang di kelopak mata tetap bersih untuk menjaga agar tidak menular kebagian kelopak mata lainnya. caranya :Bersihkan tangan anda dan gunakan kapas steril untuk membersihkannya.


7. Aloe vera

Aloe vera sangat efektif menyingkirkan peradangan timbilan. Walaupun tidak bisa sembuh dengan cepat dengan cepat, aloe vera mampu mengurangi timbulnya timbilan baru. caranya :

  • Potong lidah buaya jadi dua
  • Ambil gelnya di bagian tengah
  • Oleskan kebagian kelopak mata yang terkena timbilan

8. Baby Shampo

Shampo bayi bisa juga anda gunakan untuk mengogbati timbilan, caranya cukup oleskan ke bagian kelopak mata yang terkena timbilan


Jika dengan berbagai cara diatas tidak kunjung sembuh, kunjungi dokter anda untuk konsultasi.
Demikian cara mengobati timbilan atau bintitan

BACA JUGA

0 Response to "Cara Mengobati Timbilan Atau Bintitan"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus