Cara Mudah Melatih Menulis Rapi Dengan Cepat

Riaisy Blog |Cara Mudah Melatih Menulis Rapi Dengan Cepat. Mungkin Anda pernah dengar kata orang kalau mau tulisannya bagus jangan jadi dokter atau ada yang mengatakan kalau tulisan cantik pasti orangnya cantik. Mungkin hal ini bisa benar bisa juga salah. Orang melihat berdasarkan generalisasi secara umumnya saja seperti kalau dokter menulis resep tidak pernah tulisannya bagus atau kalau ada cewek cantik lagi nulis, walaupun jelek tulisannya namun masih tertutup dengan kecantikannya.

Jika tulisan anda rapi berarti itu adalah anugerah tersendiri buat Anda, namun jika tulisan anda amburadul bukan berarti Anda tidak bisa memperbaiki bentuk tulisan yang lebih bagus.

Jika Anda menginginkan tulisan yang lebih rapi mungkin saat ini tidak ada kata terlambat untuk mencoba.

Nah, berikut ini adalah trik sederhana agar tulisan tangan Anda bisa menjadi rapi dan indah.

BACA JUGA :  Cara unik mensiasati agar tidak terlambat datang di tempat kerja

Gunakan meja untuk menulis yang baik. Langkah pertama untuk mengembangkan postur yang baik saat menulis adalah dengan menggunakan permukaan menulis yang baik. Jika meja yang dipakai terlalu rendah, penulis akan cenderung membungkuk dan melengkungkan tulang punggungnya sehingga bisa membuat cedera dan nyeri yang kronis. Jika terlalu tinggi, orang-orang mengangkat bahunya lebih tinggi sehingga tidak nyaman, dan menghasilkan nyeri pada leher dan bahu. Duduklah dengan meja yang memungkinkan Anda untuk membelokkan siku Anda dengan sudut 90 derajat saat menulis.  

Cara duduk yang baik. Saat Anda telah menemukan meja yang mencegah Anda membungkuk atau mengangkat bahu Anda terlalu tinggi, Anda harus menahan tubuh Anda dengan postur yang mencegah nyeri punggung, leher, dan bahu yang dapat dihasilkan dari postur menulis yang salah.
  • Duduklah di kursi Anda dengan kedua kaki menempel di lantai.
  • Duduklah tegak, menjaga punggung dan leher Anda tetap tegak. Anda dapat beristirahat sekali-sekali jika postur ini sulit dilakukan, namun seiring dengan waktu, otot-otot Anda akan terbentuk dan memungkinkan Anda untuk menjaga postur yang baik dalam waktu yang lama.
  • Daripada menundukkan kepala Anda untuk melihat halaman yang sedang Anda tulis, tegakkan kepala Anda sambil mengarahkan mata ke bawah. Ini akan menghasilkan kepala Anda sedikit menunduk, namun tidak akan menggantung di atas halaman kertas.
Posisikan lembaran kertas dengan sudut 30 dan 45 derajat. Duduklah dekat dengan tepian meja, lalu putar halaman yang sedang Anda tulis hingga berada pada posisi bersudut antara 30 hingga 45 derajat dari tubuh Anda. Jika Anda kidal, tepian atas kertas harus mengarah ke kanan Anda; jika Anda tidak kidal, tepian atasnya harus mengarah ke sebelah kiri Anda.
  • Saat Anda berlatih menulis, buatlah sedikit penyesuaian untuk menemukan sudut yang Anda temukan paling nyaman untuk Anda dan memungkinkan Anda untuk menulis dengan jelas.
Regangkan tangan Anda sebelum menulis. Meningkatnya penggunaan komputer dan ponsel untuk komunikasi tulisan telah memberi dampak negatif yang signifikan terhadap tulisan tangan – sebuah penelitian menunjukkan bahwa 33% orang memiliki kesulitan membaca tulisan tangannya sendiri. Gejala lainnya dari penurunan ini adalah jarangnya orang-orang yang menulis dengan tulisan tangannya pada masa sekarang; jika Anda tidak meregangkan tangan Anda untuk mempersiapkannya melakukan kegiatan tambahan tiba-tiba, Anda akan menemukan tangan Anda mengalami kram lebih cepat dari yang Anda perkirakan.
  • Genggamkan kuat-kuat tangan yang Anda gunakan untuk menulis dan tahan posisi tersebut selama tiga puluh detik. Ulangi empat hingga lima kali.
  • Tekukkan jari Anda ke bawah hingga ujung setiap jari Anda menyentuk pangkal jari yang bertemu dengan telapak tangan Anda. Tahan selama 30 detik, lalu lepaskan. Ulangi empat hingga lima kali.
  • Letakkan tangan Anda dengan telapak menghadap ke bawah di atas meja. Angkatlah dan regangkan jari satu per satu, lalu turunkan. Ulangi delapan hingga sepuluh kali. Sekarang Anda dapat mencoba dan menulis dengan lebih rapi dari yang dahulu Anda lakukan. Ikutilah langkah-langkah itu!

Sekarang mulailah dengan praktek menulis dibawah ini



1. Mintalah kepada teman, atau siapapun yang tulisannya rapi untuk membuat tulisan diatas kertas biasa.
2. Gunakan kertas kalkir (kertas transparan) dan letakkan diatas tulisan yang rapi dari teman Anda tadi.
3. Dengan konsentrasi, jiplak tulisan tersebut, mulailah dengan pelan pelan .
4. Lakukan setiap hari selama 1 minggu
5. Jika sudah terbiasa tulislah tanpa menjiplak dan lihat perbedaannya dengan tulisan Anda sebelumnya

BACA JUGA : Mencari ide menulis artikel blogging dari Pinterest

Demikian Cara Mudah Melatih Menulis Rapi Dengan Cepat

BACA JUGA

1 Response to "Cara Mudah Melatih Menulis Rapi Dengan Cepat"

  1. Yah untungnya saya udah punya anugerah tulisan bagus :) mungkin bisa menjadi referensi utk teman saya hehe ^_^

    BalasHapus

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus