Membuat Souvenir Gantungan Kunci Dari Fiberglass

Membuat souvenir gantungan kunci dari fiberglass. Jika ada kemauan tentu ada jalan, ini cocok bagi Anda yang saat ini stuck dengan ide kerajinan yang itu itu saja. Saatnya untuk mulai beraksi dengan kerajinan dari fiberglass.
Kaca serat atau fiberglass atau sering diterjemahkan menjadi serat gelas adalah kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis dengan garis tengah sekitar 0,005 mm - 0,01 mm. Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, yang kemudian diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi untuk digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal. Dia juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak produk plastik; material komposit yang dihasilkan dikenal sebagai plastik diperkuat-gelas (glass-reinforced plastic, GRP) atau epoxy diperkuat glass-fiber (GRE), disebut "fiberglass" dalam penggunaan umumnya. 

Selain fungsi diatas, kita bisa memanfaatkan fiberglas menjadi berbagai souvenir seperti digunakan untuk membuat : Hiasan dinding Hiasan lemari es Gantungan kunci Aksesoris mobil/sepeda Speedboat,dll 

Kali ini blog riaisy akan share cara membuat gantungan kunci dari fiberglass :


Bahan dasar yang digunakan : 


1. Resin 15 cc 

2. Catalis oil/minyak katalis 5-10 tetes


Alat-alat yang disiapkan : 


1. Cetakan (terbuat dari plastik/logam/kaca) 

2. Kapas 

3. Minyak goreng 

4. Foto/gambar/pernak-pernik 

5. Tempat adukan 

6. Lidi (untuk mengaduk) 

7. Amplas halus 

8. Compond/pengkilat


Cara Membuat:



PERTAMA
 

Siapkan semua alat & bahan diatas meja. ~ bila ingin menggunakan foto/gambar sebagai isi fiberglass,maka foto/gambar tersebut harus di potong/di gunting dulu disesuaikan dengan cetakan yang akan digunakan.      ( foto/gambar harus lebih kecil dari cetakan ). 
KEDUA
Olesi bagian dalam cetakan dengan minyak goreng agar tidak lengket,kemudian ambil kapas kering dan usaplah cetakan untuk mengurangi minyak yang berlebihan agar fiberglass yang dihasilkan bening. 
KETIGA
Masukkan resine & catalis oil kedalam tempat adukkan,lalu aduk hingga rata selama < 1 menit. ~ setelah itu dituang kedalam cetakan,lalu masukkan foto/gambar dengan posisi terbalik (foto/gambar menghadap ke bawah) 
KEEMPAT
Taruh ditempat datar dan diamkan selama < 30 menit. ~ setelah 30 menit keluarkan hasilnya dari cetakan,lalu angin-anginkan selama mungkin (semakin lama semakin keras/baik hasilnya). 






KELIMA

Ambilah amplass yang sudah dicelupkan air,lalu amplasslah bagian fiberglass yang belum halus (biasanya bagian belakang). ~ terakhir gosoklah fiberglass dengan Compond agar betul-betul terlihat bening seperti kaca. 
KEENAM 
Bila sudah jadi,tinggal kita buat lubang untuk memasang besi gantungan kuncinya. Melubangi bisa pakai bor kecil atau paku yang diputar sambil ditekan. 

Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat video berikut ini :


 BACA JUGA :  Cara membuat slime hijau seperti di film Flubber


Selamat Mencoba

BACA JUGA

0 Response to "Membuat Souvenir Gantungan Kunci Dari Fiberglass"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus