Ternyata Begini Asal Mula CAPTCHA

Ternyata begini asal mula captcha. Anda mungkin menjumpai kata yang satu ini CAPTCHA, lalu anda memasukkan kode angka atau kombinasi huruf dan angka kedalam sebuah kolom dan klik submit disamping atai bawahnya. Biasanya kita lakukan untuk melakukan pendaftaran apaun secara online, ingin mengakses sebuah laman, masuk (sign in) ke sebuah dashboard layanan dan lain sebagainya.Tapi taukah anda asal mula kata CAPTCHA dan mengapa hal ini digunakan di dunia online ?

Apakah CAPTCHA itu ?


Wikipedia mendefinisikan suatu bentuk uji tantangan didunia komputer yang memastikan bahwa jawaban atau isian tidak secara otomatis dihasilkan dari suatu program komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia. Oleh sebab itu, uji ini kadang disebut sebagai uji Turing balik, karena dikelola oleh mesin dan ditujukan untuk manusia, kebalikan dari uji Turing standar yang biasanya dikelola oleh manusia dan ditujukan untuk suatu mesin. CAPTCHA umumnya menggunakan huruf dan angka dari citra terdistorsi yang muncul di layar.


CAPTCHA sendiri adalah sebuah program yang bisa menentukan apakah seseorang itu sebuah komputer atau manusia (biasanya berupa gambar dari sebuah kata yang dibuat terdistorsi). CAPTCHA biasanya digunakan untuk menghindari serangan bot dan spam pada suatu website. Karena sampai saat ini belum ada program komputer yang dapat membaca kata-kata yang terdistorsi sebaik manusia.Sekitar 200 juta CAPTCHA dapat dipecahkan oleh manusia setiap harinya.
Rata-rata manusia membutuhkan waktu sekitar 10 detik untuk dapat memecahkan kata yang terdapat dalam CAPTCHA. Sebenarnya itu termasuk waktu yang cukup singkat, namun jika dikalikan dengan jumlah CAPTCHA yang dipecahkan setiap harinya, maka setara dengan 150.000 jam kerja setiap harinya. Agar jam kerja tersebut tidak terbuang dengan sia-sia maka dibuatlah sistem CAPTCHA yang bernama reCAPTCHA.

Istilah "CAPTCHA" (berasal dari kata bahasa Inggris "capture" atau menangkap) diciptakan pada tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM). Istilah ini adalah akronim bahasa Inggris dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia). Carnegie Mellon University berupaya mematenkan istilah ini, tapi aplikasi merek dagang mereka dibatalkan pada 21 April 2008. Saat ini pencipta CAPTCHA menganjurkan penggunaan reCAPTCHA sebagai penerapan resmi.

Jika CAPTCHA menggunakan kata-kata secara random (acak), maka reCAPTCHA menggunakan kata-kata yang berasal dari proyek digitalisasi buku. Jadi secara tidak langsung dengan menggunakan reCAPTCHA kita telah membantu proyek digitalisasi buku di dunia ini. Sampai sekarang reCAPTCHA telah membantu proses digitalisasi versi lama New York Times serta buku-buku dari Google Books.

Mengapa harus menggunakan CAPTCHA :


Setiap blog, halaman web atau program komputer harus aman dari serangan hack, spam, phising atau apapun namanya yang dilakukan oleh bot bukan oleh manusia.  Untuk memastikan bahwa pengakses program atau halaman web tersebut adalah manusia, maka digunakan cara agar tidak secara otomatis sebuas system yang dirancang bisa langsung mengakses halaman tersebut.


 Walaupun saat ini ada beberapa program yang mampu untuk menembus CAPTCHA seperti  CAPTCHA breakernya GSA namun tidak semua sistem pengaman CAPTCHA mampu diakses oleh bot.

BACA JUGA

0 Response to "Ternyata Begini Asal Mula CAPTCHA"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus