Cara Mencetak Gambar Pada Keramik

Jika anda ingin serius memulai usaha cetak gambar pada keramik dengan bahan dan alat alat yang sudah ada dan bisa kita manfaatkan, Anda bisa memulainya saat ini. Walaupun demikian jika Anda tidak mempunyai beberapa alat seperti printer laser jet, hair dryer dan oven pemanas , Anda bisa meminjam peralatan tersebut untuk proses mencetak gambar pada keramik.

Alat dan bahan :

Kertas stiker air
Mug/ piring keramik
Alat- alat sablon atau printer laser jet
Spon/ kain lap

Cara membuat :

1. Buat gambar pada permukaan kertas stiker air, gambar bisa disablon atau dicetak menggunakan printer laser jet warna bila anda tidak memilikinya dengan tinta yang sesuai, anda bisa menggunakan jasa cetak.
2. Setelah stiker air dicetak, tutup dengan lapisan (coating) saya sarankan memakai clear phylox. semprotkan clear phylox dengan jarak kurang lebih 30 cm dari permukaan kertas pada ruangan terbuka yang tidak banyak angin.
3. Keringkan pada suhu ruangan selama 1 sampai 2 - jam , jangan terburu buru menggunakan hair dryer atau dijemur dipanas matahari karena akan membuat lapisan phylox mudah sobek ketika dicelup air.
4. Gunting kertas sticker air pada gambar yang dibutuhkan, jaraknya 2 - 3 milimeter dari tepi gambar atau sesuai kebutuhan.
5. Masukkan kedalam air permukaan yang ada coatingnya pada bagian atas, kertas yang mudah menyerap air ada pada bagian bawah.
6. Bila gambarnya besar, kertas akan melengkung bila dicelup air, Anda bisa meluruskannya, tunggu beberapa saat, sampai keseluruhan lapisan coating bisa digeser ( slide)
7. Geser sedikit lapisan coating hingga keluar beberapa mili meter dari kertas sticker air.
8. Tempelkan diatas permukaan mug. Tahan lapisan coating yang telah digeser sedikit dengan jari tangan kiri, tarik kertas sticker air dengan tangan kanan perlahan sampai terlepas dan menempel semua ke permukaan mug.
9. Geser pada posisi yang tepat. Ratakan dan hilangkan sisa air dan gelembung yang berada dibawah lapisan coating memakai spon lunak, kaos tangan benang atau sisa kain wol.
10. Setelah dipastikan sisa air dan gelembung tidak terlihat, sekarang Anda bisa memakai hair dryer 2000 watt (yang biasa dipakai di salon potong rambut).
11. Untuk memperoleh hasil maksimal, masukkan mug keramik kedalam oven roti dengan suhu 100- 150 derajad Celcius selama 10 - 15 menit.

BACA JUGA :  cara membuat clay dari tepung

Untuk melihat prosesnya lihat video berikut ini, walaupun alat yang digunakan sudah memakai  heat press - Ecoprintlution

Demikian cara mencetak gambar pada keramik selamat berkarya

BACA JUGA

0 Response to "Cara Mencetak Gambar Pada Keramik"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus