Cara Mengambil Uang Di ATM Bank Mandiri

RIAISY BIT | Kartu Mandiri adalah kartu ATM dan Debit yang merupakan akses dari rekening Tabungan Mandiri dan atau Giro Mandiri rupiah perorangan menggunakan jaringan Visa/ Visa Electron dan PLUS dari Visa international.

Kartu ATM Mandiri berfungsi untuk :
  1. Kartu Mandiri dapat dipergunakan sebagai alat transaksi di ATM Mandiri, Cabang Bank Mandiri, ATM Himbara berlogo LINK dan diberbagai tempat di seluruh dunia yang memasang tanda Visa /Visa Electron atau PLUS.
  2. Logo Visa/Visa Electron di toko ( merchant) menunjukan toko tersebut dapat menerima transaksi belanja menggunakan Kartu Mandiri Nasabah.
  3. Logo LINK dan PLUS di ATM menunjukan ATM tersebut dapat menerima transaksi cek saldo dan penarikan uang tunai menggunakan Kartu Mandiri nasabah.
Nasabah cukup mengajukan permohonan kartu Mandiri dengan membuka rekening Tabungan Mandiri atau Giro Rupiah Perorangan di cabang – cabang Bank Mandiri terdekat.
Untuk Nasabah yang belum memiliki Kartu Mandiri, nasabah dapat melakukan permohonan aplikasi Kartu Mandiri di cabang Nasabah.

Terdapat 2 jenis kartu, yaitu Kartu Mandiri berlogo Visa Electron dan Kartu Mandri berlogo Visa. Untuk aplikasi kartu baru, Bank Mandiri menerbitkan Kartu Mandiri berlogo Visa. Sedangkan fungsi dan fitur keduanya sama.

Setelah Anda mendapatkan PIN rahasia kartu ATM mandiri, begini cara menggunakan untuk menarik tunai melalui ATM Bank Mandiri :

1. Siapkan kartu ATM Mandiri anda, kemudian datangi gerai mesin ATM yang memiliki lokasi paling dekat dengan keberadaan anda. Jangan lupa, pastikan mesin ATM Mandiri tersebut asli dan bukan mesin palsu.

2. Untuk mengambil uang, pastikan anda memilih mesin ATM Penarikan Tunai. Ini ditandai dengan tulisan jumlah nominal 50.000, atau 100.00 di bagian atas mesin.

3. Kemudian, masukkan kartu ATM anda ke mesin ATM dengan posisi yang benar, yaitu dengan posisi logo Mandiri ke bagian atas.

4. Pilih bahasa yang anda gunakan. Tedapat dua pilihan bahasa, yaitu bahasa indonesia atau bahasa inggris. Pilih bahasa Indonesia, atau anda juga bisa memilih bahasa inggris jika anda mengerti.

 5. Masukkan pin ATM anda dengan benar. Jika beberapa tahun kebelakang, pin atm Bank Mandiri berjumlah 4 digit, sekarang pin tersebut sudah berubah menjadi 6 digit. Jika anda belum mengubah pin anda dengan memilih menu ubah pin, atau meminta bantuan petugas Bank Mandiri yang biasanya berada disekitar lokasi bank Mandiri. Hati-hati dalam memasukkan nomor pin anda, karena 3 kali salah memasukkan nomor pin akan berakibat pemblokiran pada kartu atm anda.

 
6. Setelah itu di layar akan muncul beberapa menu termasuk nominal angka 50.000, 100.000, 500.000 atau 1000.000 dan tulisan 'transaksi lainnya'. Jika jumlah uang yang ingin anda ambil terdapat diantara nominal yang tertera di layar, anda cukup menyentuh nominal tuang tersebut, lalu uang akan keluar dari mesin atm dengan jumlah yang sudah ditentukan. Namun jika anda ingin mengambil jumlah uang lainnya, pilih 'transaksi lainnya', lalu pilih 'penarikan tunai' dan masukkan jumlah nominal yang anda inginkan. Misalkan, 750000. Oh ya, saat ini terdapat dua jenis mesin ATM Tunai Mandiri, yaitu mesin ATM dengan uang 50.000 atau 100.000. Jika anda membutuhkan uang dengan kelipatan 50.000 maka sebaiknya anda memilih mesin ATM dengan jumlah nominal 50.000 yang terdapat dibagian atas mesin. Jika anda membutuhkan uang
dengan kelipatan 100.000 seperti, 100.000, 200.000 dll, anda bisa memilih ATM dengan jumlah nominal 100.000.
7. Konfirmasi jumlah nominal uang setelah anda mengetikkan jumlah nominal uang yang anda butuhkan. Lanjutkan dengan konfirmasi menekan tombol yang ada di bagian sisi layar.  Jika jumlah yang anda masukkan benar, maka pilih 'BENAR', jika jumlah tersebut salah, maka silahkan pilih 'SALAH' untuk mengulangi.
8. Jika transaksi berhasil, maka uang dengan jumlah yang anda butuhkan akan keluar dari mesin ATM, ambil uang tersebut dengan cara menariknya.

9. Setelah mengambil uang, dilayar mesin ATM akan muncul pertanyaan, "Apakah anda ingin mencetak resi? Jika tidak, maka jumlah saldo dan nominal akan muncul di layar. Pilih 'YA' untuk mencetak bukti transaksi anda dan ambil struk transaksi yang berbentuk print out dari mesin ATM dengan cara menariknya.

10. Setelah struk diambil, di layar mesin ATM akan mucul tulisan "Apakah anda ingin melanjutkan dengan transaksi lain?", jika tidak, pilih 'Tidak' maka secara otomatis kartu ATM anda akan keluar dari mesin dan transaksi selesai. Jangan lupa untuk selalu mengambil kembali kartu ATM anda setelah melakukan transaksi di mesin ATM

Masih kurang jelas tonton videonya :

BACA JUGA

0 Response to "Cara Mengambil Uang Di ATM Bank Mandiri"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus