Tips Cara Memegang Sumpit Untuk Alat Makan

Sumpit adalah peralatan makan seperti sendok dan garpu yang berasal dari Asia Timur, berbentuk dua batang sama panjang kurang lebih 20 - 30 cm yang dipegang di antara jari-jari salah satu tangan. Sumpit digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, dari piring satu ke piring lain atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Sumpit bisa dibuat dari bahan seperti bambu, logam, gading dan plastik yang permukaannya sudah dihaluskan atau dilapis dengan bahan pelapis seperti pernis atau cat supaya tidak melukai mulut dan terlihat bagus dan berbentuk bulat.

Banyak negara terutama Asia menggunakan sumpit untuk menikmati makanan khas Asia Timur. Di beberapa negara Asia Tenggara, sumpit merupakan alat makan utama yang sama pentingnya seperti sendok dan garpu. Di Indonesia, pilihan sendok-garpu atau sumpit disediakan di rumah makan yang menyediakan masakan Tionghoa, masakan Korea, masakan Jepang, masakan Vietnam, masakan Thailand hingga penjual bakso atau mi pangsit di pinggir jalan.


Nah untuk cara memegang sumpit adalah seperti ini :

1. Pegang salah satu sumpit di antara jempol, jari telunjuk dan jari tengah dan sumpit kedia diantara jempol dan jari manis.
2. Jempol atau ibu jari sampai menyentuh sisi samping jari telunjuk.
3. Dari sisi atas sumpit hanya tersisa 1 cm dari buku jari telunjuk.
5. Gerakkan dan pastikan ujung sumpit bisa saling sentuh untuk menjepit makanan.
6. Hanya gerakkan satu sumpit yang berada di depan.

Yang tidak boleh dilakukan dengan sumpit :
  • Tidak boleh mengoper makanan antarsumpit. Hal ini hanya dilakukan di pemakaman saat memindahkan tulang-belulang orang yang meninggal.
  • Tidak boleh mengunakan sumpit untuk mengaduk dan mencari-cari isi sup.
  • Tidak boleh mengunakan sumpit sebagai garpu dan pisau. Tidak sopan memegang sumpit dengan dua tangan.
  • Tidak boleh meletakkan sumpit di atas mangkok atau piring setelah selesai makan . Anda bisa menaruhnya di tatakan sumpit atau di tepi ujung nampan.
  • Tidak boleh mempergunakan sumpit sebagai pengganti garpu. Tidak disarankan untuk menusukkan sumpit ke makanan meskipun tekstur makanan itu agak licin.
    Tidak boleh memukul-mukulkan sumpit seperti stik drum. Rekan Anda yang berasal dari Jepang tak akan senang mendapati Anda bermain-main dengan sumpit sebagai alat musik.
  • Tidak boleh menjilat ujung sumpit.Ini adalah gerakan tubuh yang tidak sopan.
  • Tidak boleh menggeser makanan di piring dengan sumpit. Sebaiknya gunakan tangan untuk mendekatkan piring berisi makanan tersebut ke arah Anda.
  • Tidak boleh memilih milih makanan dengan sumpit, tidak sopan .Pastikan makanan apa yang akan ambil sebelum meraih dengan sumpit.
  • Tidak boleh ada saus, atau cairan yang menetes dari makanan saat memasukkan ke mulut.
  • Tidak boleh mendekatkan mangkok atau piring ke mulut agar mudah memasukkan makanan dengan sumpit. Ini dianggap tidak sopan.
Baca juga : 5 Cara membuat siomay lezat dan bergizi
Agar lebih jelas tonton videonya :

 Demikian semoga bermanfaat
BACA JUGA

0 Response to "Tips Cara Memegang Sumpit Untuk Alat Makan"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus