Cara Membersihkan Peralatan Memasak Dari Teflon Agar Lebih Tahan Lama

RIAISY BIT | Bahan bahan anti lengket seperti wajan, panci, panggangan, cetakan kue, penanak nasi dan lain atau sering dikenal dengan sebutan bahan  teflon sangat bermanfaat saat bekerja didapur. Dengan menggunakan teflon akan sangat mudah bahan masakan atau adonan yang biasanya lengket, dengan teflon bisa dengan mudah nodanya terlepas dari peralatan tersebut. Alat memasak jenis inipun sangat praktis dipakai untuk berbagai keperluan seperti menggoreng, memanggang, bahkan menanak tanpa takut makanan tersebut lengket di permukaannya.

Cara Membersihkan Peralatan Memasak Dari Teflon Agar Lebih Tahan Lama

Namun ingat cara membersihkan peralatan dapur dari bahan teflon berbeda dengan cara membersihkannya dengan peralatan dari bahan alumunium atau stainless. Bahan teflon tidak boleh tergores karena kan menyebabkan masalah serius dikarenakan kandungan PFOA yang ada pada Teflon. Kandungan PFOA ini dapat menyebabkan beragam macam kesehatan, karena kandungan PFOA dapat masuk dan juga menyerap ke dalam masakan yang diolah dengan menggunakan Teflon. Makanan yang sudah terkontaminasi dengan PFOA ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan dan juga gangguan kesehatan seperti dapat mempengaruhi sel syaraf,berdampak negative pada sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh, berpengaruh negative terhadap hormon bahkan dapat meningkatkan resiko kemunculan kanker (karsinogenik) akibat lapisan anti lengket pada wajan akan rusak, tergores, atau hilang. 

  • Memakai soda kue

    Campurkan soda kue dengan air dalam perbandingan 1:1, usapkan pada permukaan wajan dengan menggunakan spon atau sikat lembut non-logam. Lalu bersihkan bagian sisinya dar sisa minyak dan makanan yang menempel. Bilas dengan air lalu keringkan.
  • Olesi sedikit minyak goreng

    Oleskan permukaan anti lengket dengan mengoleskan sedikit minyak sayur atau minyak goreng di permukaannya, lalu lap menggunakan bahan lembut sampai kering. Bersihkan juga sisa minyak dengan tisu atau paper towel.
  • Jangan gunakan dishwasher (mesin cuci peralatan masak)

    Beberapa produk mungkin mencantumkan label 'dishwasher save (aman), namun sebaiknya bahan berbahan teflon jangan gunakan dishwasher untuk membersihkannya. Suhu panas dan deterjen dapat merusak lapisan anti-lengket pada wajan.

Umumnya peralatan yang terbuat dari bahan teflon atau anti lengket dapat bertahan sampai dengan 5 tahun. Jika ada permukaannya mulai mengelupas, sebaiknya ganti dengan yang baru untuk menjaga kesehatan Anda. Selain itu untuk menjaga agar peralatan tidak mudah tergores,  gunakan sutil kayu atau plastik saat menggunakan wajan anti lengketagar lebih tahan lama.

BACA JUGA

0 Response to "Cara Membersihkan Peralatan Memasak Dari Teflon Agar Lebih Tahan Lama"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus