Cara Membuat Beras Tidak Berkutu Saat Disimpan

Sebagai orang Indonesia makanan pokok kita sehari-hari adalah berbahan pokok dari beras. Oleh karena itu, sering kita lakukan dengan cara membeli beras dalam jumlah banyak dan menyimpannya buat waktu yang lama setidaknya selama 1 bulan ke depan bahkan sampai dua bulan. Apalagi yang mempunyai sawah dan panen dari sawah sendiri, tidak jarang pula mereka juga akan menyimpan beras dalam jumlah lebih banyak lagi. Untuk 30 kg beras  rata rata 1 keluarga dengan 2 orang anak setidaknya jika punya sawah sendiri bisa menggiling padi, dalam sekali giling untuk satu karung padi dengan hasil bisa lebih dari 30kg.
Beras yang banyak dan disimpan lama kerap kali menyebabkan adanya kutu di dalam beras. Tak hanya membuat kita merasa geli karena keberadaan kutu yang kurang menarik, kutu beras juga akan membuat beras menjadi apek, kurang menarik dan tak seenak sebelumnya. Nasi yang dihasilkan pun biasanya juga tak seputih dan pulen. Kutu beras akan menggerogoti beras, merusak beras sehinnga selain beras butirannya patah , juga kotoran kutu akan mengotori beras, sehingga kualitasnya jauh menurun.
 
Cara Membuat Beras Tidak Berkutu Saat Disimpan
Sobat Riaisy tak perlu risau karena ada cara alami yang mampu mengusir keberadaan kutu beras dan mencegah munculnya kutu dalam beras yang disimpan, seperti bawang putih, daun jeruk purut, bawang merah, cabai kering atau juga jeruk nipis
 
Begini cara mengusirnya : cukup meletakkan bahan-bahan alami tersebut di dalam tempat beras bersama beras. Kita bisa menempatkan bahan alami tersebut di atas permukaan beras atau bisa juga menguburnya di dalam beras yang disimpan. Dengan meletakkan bahan alami seperti ini,  kutu beras tak akan datang atau pun merusak kualitas beras yang kita simpan.
Selain menggunakan bahan alami tersebut, ada beberapa hal perlu diperhatikan untuk mencegah beras tak berkutu dan awet disimpan, berikut caranya :
  • Usahakan untuk menyimpan beras dalam wadah yang tertutup. Disarankan agar beras yang disimpan tidak terlalu banyak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan paling lama satu bulan lalu menggantinya dengan beras baru. 
  • Jemur beras di bawah sinar matahari yang terik sebelum disimpan di wadah penyimpanannya. Juga, disarankan untuk memilih beras yang berkualitas baik alias belum ada kutunya sebelum menyimpannya.
  • Jangan campur beras yang lama dengan yang baru agar kualitas beras baru tidak menurun.
  • Buat tempat dudukan penyimpanan beras kering, jauhkan dari lembab dan bau. atau bila perlu letakkan beras di rice box yang dijual ditoko toko.
Walaupun demikian, jangan terlalu lama menyimpan beras, 1 bulan adalah standarnya. Jika Anda menggiling sendiri beras, Anda juga bisa perkirakan sendiri 1 bulan saat menggiling untuk stok. Saat ini seperti di kampung saya juga sudah ada penggilingan padi yang mobile (bergerak),  Anda bisa panggil dan penggilingan padi akan datang kerumah.

Demikian semoga bermanfaat

BACA JUGA

0 Response to "Cara Membuat Beras Tidak Berkutu Saat Disimpan"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus