Cara Memilih Buah Durian Dan Melon Dengan Tingkat Kematangan Sempurna

RIAISY BIT | Memilih buah yang berkulit tebal seperti memilih kucing dalam karung. Kita tidak tahu apakah buah tersebut sudah matang, ataukah masih mentah atau malah busuk. Biasanya tidak ada garansi bagi penjual yang tiba tiba buah yang dipilih tidak sesuai yang diharapkan alias mentah atau busuk. Namun bisa kita tawar menawarnya agar harganya bisa lebih murah atau bisa menukarnya dengan yang lain namun dengan harga yang lebih mahal karena buah yang sudah di buka kulitnya tentu tidak bisa dijual lagi oleh si penjual. 

Pada tips kali ini Riaisy akan bagikan pengalaman cara memilih buah durian dan buah melon yang baik dengan tingkat kematangan sempurna, simak selengkapnya :

1. Buah Durian

Saat ini banyak pedagang buah durian sudah memberi garansi, jika buah yang dipilihnya masih mentah maka akan diganti dengan yang lain, namun untuk tingkat kemanisannya tidak bisa dijamin. Namun dengan trik ini anda bisa memilihnya sendiri tanpa perlu bantuan si pedagang :

Cara Memilih Buah Durian Dan Melon Dengan Tingkat Kematangan Sempurna
  • Pilihlah bentuk buah yang bulat sempurna karena dagingnya akan berada di setiap ruas.
  • Perhatikan kulit durian, pastikan tidak ada yang luka atau bekas sayatan pisau. Beberapa varietas durian ada yang berwarna lebih kuning kecoklatan namun ada beberapa varietas yang warna kulitnya masih hijau sudah matang dagingnya. Duri kulit yang besar besar dan jarang jarang lebih bagus dagingnya daripada duri yang kecil kecil dan rapat rapat. Jangan ada bekas lubang serangga atau ulat busuk di kulitnya, jika ada pasti dagingnya pun sudah dimakannya.
  • Perhatikan tangkai buah durian, bekas dipotong atau jatuh denga sendirinya. Jika tangkainya bekas potongan berarti buah masih belum matang sempurna namun jika tidak ada bekas potongan maka buah durian jatuh dengn sendirinya. Saat ini memang jarang untuk durian jatuh dengan sendirinya karena varian buah durian yang ditanam stek sehingga pohon yang pendek sudah bisa dipetik buahnya. Untuk mensiasatinya, potonglah tangkainya dengan pisau, jilat bekas potongannya jika manis berarti sudah matang..
  • Cium aroma durian, latihlah hidung anda mencium buah durian yang matang dengan yang masih mentah. Namun secara umum aroma yang menyengat khas buah durian menandakan buah sudah matang.
  • Tepuk tepuk kulit buah durian, jika suaranya buk buk, bukan puk puk maka buah sudah matang. Sama dengan buah nangka yang masih mentah dengan yang sudah matang suaranya. .

2. Buah Melon  
Cara Memilih Buah Durian Dan Melon Dengan Tingkat Kematangan Sempurna

  • Coba angkat dan bandingkan dengan melon yang sama besar, cari yang lebih berat. Melon yang sudah matang akan terasa lebih berat dibandingkan buah melon yang masih mentah.
  • Cium saja buahnya. Jika aromanya sudah mulai tercium kuat, maka buah ini sudah matang. Aroma manis ini berasal dari gas etilen (gas yang dihasilkan buah yang sudah matang). Maka semakin banyak gas etilen yang terbentuk, buah akan semakin matang, manis, dan aromanya harum.
  • Ketuk sedikit kulit buahnya. Jika bunyinya terdengar sudah bergema dan dalam, maka buah sudah matang.
  • Melon yang sudah matang memiliki jaring-jaring kulit yang banyak dan tebal.
  • Perhatikan ujung tangkai buahnya. Buah yang sudah matang maka jaring-jaring di ujung tangkai buahnya akan "turun" ke bagian bawahnya. Sehingga jaring di sekitar ujung tangkai buahnya akan hilang atau semakin sedikit.
BACA JUGA :  10 aneka resep membuat puding buah sehat dan menyegarkan 2017
Beberapa cara bisa untuk menandai kematangan buah sejenis seperti durian dengan nangka atau cempedak. dan buah melon dengan buah semangka.
.
 
BACA JUGA

0 Response to "Cara Memilih Buah Durian Dan Melon Dengan Tingkat Kematangan Sempurna"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus