Cara Memperbaiki Bola Lampu LED Mati

RIAISY BIT | Lampu LED atau Light Emitting Dioda merupakan lampu super hemat energi yang sering digunakan untuk penerangan dalam ruangan. Mengapa dikatakan lampu super hemat energi ?, bayangkan di Voltage 220 bahkan pada saat malam hari dimana voltase turun sampai 150 Volt, dengan hanya kapasitas 5-10 watt saja, Lampu LED sudah bisa memancarkan cahayanya menerangi seluruh ruangan. Mengapa Lampu LED bisa sehemat itu ?. Lampu LED berbeda dengan lampu neon hemat energi karena didalam bola lampunya (bulb) tidak berisi gas neon namun berisi bola bola kecil dan banyak yang tersusun rapi. Pancaran sinar bola lampu LED yang kecil tersebut berasal dari pijaran partikel antara  kutub anoda dan katoda cukup hanya dengan arus yang sangat rendah. Dengan teknologi lampu yang saat ini semakin canggih, Lampu LED tampaknya akan menjadi lampu masa depan karena selain hanya membutuhkan daya yang yang sangat rendah, Bola lampu LED juga bisa bertahan sampai lebih dari lima tahun pemakaian bahkan ada beberapa pabrikan yang memberikan garansi lebih dari 5 tahun.

Namun demikian, tidak berarti lampu LED bebas dari kerusakan. Sumber arus listrik yang tidak stabil biasanya sebagai pemicu kerusakan pada elemen Dioda pada Lampu LED atau memang akibat lampu sudah usang. Nah, Sobat Riaisy, Harga bola lampu LED yang terbilang paling mahal dibandingkan dengan lampu penerangan rumah tangga lainnya, rasanya sayang kalau sudah mati dibiarkan begitu saja. Padahal dengan sedikit trik dan ketelitian lampu LED yang rusak bisa diperbaiki kembali jika yang putus adalah elemen diodanya atau bahkan komponen pengubah arusnya jika ada dijual dipasaran.

Trik sederhana ini saya dapatkan dari forum kaskus , selengkapnya sebagai berikut :

Bola lampu LED mati berisi :
1. Body Lampu
2. sirkuit yang merubah arus dari AC ke DC.
3. Emiter LED jumlah tiap Bohlam tidak sama tergantung merk dan Watt

Perlengkapan yang harus disiapkan :
1. Solder
2. Timah
3. kabel Kecil ukuran -/+ 2cm
4. Pisau kecil
5, Multitester
6. Komponen elektronika pengganti

Cara memperbaiki bola lampu LED yang mati :
1. Bongkar bolanya, hati hati mencongkel bagian tengahnya (bagian body dan penutupnya) dengan pisau yang ujungnya tipis dan tajam (ditunjuk oleh anak panah) hati hati jangan sampai pecah.



2. Cek masing masing komponen dalam lampu. Mulai dari komponen lampu LEdnya dulu karena yang sering terjadi kerusakan adalah pada LED caranya alirkan arus DC sebesar kapasitas bola lampunya dan cek satu persatu, perhatikan video ini :


3. Jika sudah menemukan  lampu LEDnya yang putus jangan diganti, cukup dengan membypass (menyambungkan kembali) dengan menggunakan kabel

 4. Setelah itu, hubungkan dengan arus listrik AC apakah bolanya sudah bisa menyala. Jika masih belum bisa menyala berarti dugaan kerusakan terjadi pada komponen sirkuit pengubah arus AC ke DC. Biasanya dalam sirkuit terdapat komponen dioda, Kondensator elektrolit dan kapasitor. Cek masing masing komponen tersebut ( Jika belum tahu cara mengeceknya baca kembali cara mengecek komponen elektronika). Kira kira komponennya seperti gambar berikut ini :


5. Cek satu persatu dan jika terdapat kerusakan ganti dengan komponen serupa yang bisa Anda beli di toko part elektronik. Biasanya kerusakan pada sirkuit ditandai dengan kebakaran atau tanda gosong yang terjadi komponen dan sirkuitnya akibat lonjakan voltase seperti petir atau akibat lainnya.

BACA JUGA : Cara Servis Mesin Cuci



BACA JUGA

0 Response to "Cara Memperbaiki Bola Lampu LED Mati"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus