Resep Cara Membuat Cireng Enak Renyah Dan Empuk Lengkap Dengan Sambal Petis

RIAISY BIT | Cireng berasal dari kata singkatan aci goreng, dalam bahasa Sunda. Yang artinya tepung kanji goreng. Cemilan khas dari tanah Priangan ini dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ringan ini dijual dalam berbagai bentuk dan beraneka  variasi rasa. Walaupun dikenal di era 80-an, namun cireng sudah menjadi cemilan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja apalagi untuk oleh oleh sekeluarga. Selain harganya murang, juga mempunyai cita rasa khas kuliner Jawa Barat pada umumnya.  Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. 

Resep Cara Membuat Cireng Enak Renyah Dan Empuk Lengkap Dengan Sambal Petis

Seiring dengan perkembangan zaman, cireng telah terinovasi hingga variasi rasa yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Bahkan inovasi tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya adalah cimol. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. 

Resep membuat Cireng asli dari tepung kanji / Aci  :
Bahan dan bumbu :
  • 150 gram tepung aci (tapioka/kanji)
  •  ½ sdt kaldu ayam
  • ¼ sdt bawang putih, dihaluskan
  • ½ sdt merica
  • 1 batang daun bawang, diiris
  • garam secukupnya
  • sedikit tepung aci untuk taburan
Biang :
  • 50 gram tepung aci
  • 150 ml air
Cara Membuat Cireng Renyah Crispy :
  1. Campur dan aduk rata tepung aci, merica, bawang putih, daun bawang dan kaldu bubuk lalu sisihkan.
  2. Campur rata bahan biang kemudian masak sambil terus diaduk hingga mendidih dan adonan mengental seperti lem, matikan api.
  3. Masukkan adonan tepung pertama ke dalam adonan biang dengan cara sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan supaya rata. Tipsnya adonan jangan sampai kalis tetapi cukup diaduk dengan cara dicubit-cubit saja atau seperti dipijit-pijit pakai jari-jari tangan.
  4. Selanjutnya adonan dibentuk menjadi bulat-bulat pipih dan jangan terlalu tipis, taburkan tepung aci di telapak tangan supaya adonan tidak lengket di tangan dan tidak menempel satu sama lainnya. lakukan sampai adonan habis.
  5. Panaskan minyak, goreng adonan dengan api sedang hingga matang merata, jangan gunakan api terlalu besar agar tidak menggelembung, angkat dan tiriskan lalu sajikan.
Cireng juga biasa disajikan dengan bermacam saus bumbu, seperti sambal oncom, saus kacang, sambal rujak atau bisa juga mencoba saus segar sederhana bercita rasa asam, pedas dan manis . Namun Riaisy akan kombinasikan dengan Saus sambal Petis sebagai cocolannya, begini cara membuat sambalnya :


Bahan bahan :
  1. Petis dua sendok makan.
  2. Tepung tapioka atau kanji satu sendok makan.
  3. Air ecukupnya untuk mencairkan terpung kanji dan mencairkan petis.
  4. Bawang putih satu siung.
  5. Cabai sesuai selera, haluskan bersama bawang dan garam (aku pakenya 2 aja, coz orang serumah gak suka pedes, ini terserah agan-agan yaa... kalo suka pedes ya tambahin aja sesuai selera).
  6. Gula dan garam.
  7. Penyedap rasa secukupnya.
Cara membuat Sambal Petis Cireng :
  1. Tuang tepung kanji dalam gelas kecil, tambahkan 3 sendok air matang, aduk hingga rata.
  2. Tuang petis ke dalam wajan dan tepung kanji yang sudah diberi air, aduk-aduk jangan sampai tepung kanji berubah menjadi lem.
  3. Tambahkan bumbu yang telah dihaluskan, aduk hingga rata.
  4. Jangan lupa juga tambahkan gula dan garam secukupnya.
  5. Tambahkan air hingga kekentalannya sesuai selera.
  6. Masak hingga matang, tapi sebentar saja dengan api sangat kecil.
  7. Saus petis siap dihidangkan.
BACA JUGA :  Cara Membuat Cilok Bandung Lezat dan Gurih

BACA JUGA

0 Response to "Resep Cara Membuat Cireng Enak Renyah Dan Empuk Lengkap Dengan Sambal Petis"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus