10 Cara Mengatasi Efek Samping Antibiotik Dengan Resep Alami

Riaisy Blog | Bila Anda menderita radang tenggorokan, infeksi telinga, infeksi saluran kemih atau infeksi bakteri umum lainnya, obat yang paling umum yang diresepkan oleh dokter adalah antibiotik. Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Ada berbagai jenis antibiotik yang bekerja melawan strain bakteri dan beberapa jenis parasit yang berbeda. Bila digunakan dengan benar, antibiotik mampu membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan masalah kesehatan tertentu, sehingga bisa membantu sistem kekebalan alami  melawan infeksi.


Tapi antibiotik sering memiliki efek samping yang menyebabkan masalah kesehatan. Beberapa efek samping yang umum terjadi seperti diare, mual, muntah, infeksi jamur vagina, reaksi alergi dan masalah telinga bagian dalam. Selain itu penggunaan yang berlebihan bisa tambah berakibat melemahkan kekebalan tubuh, meningkatkan risiko kanker dan bahkan mengurangi efektivitas penggunaan KB pil.

Jika Anda mengalami reaksi  ringan akibat penggunaan anti biotik tidak perlu khawatir karena Anda dapat dengan mudah menangani masalah ini secara alami. Untuk reaksi merugikan yang parah, segera hubungi dokter Anda.

Berikut adalah 10 cara terbaik untuk mengatasi efek samping antibiotik.

1. Makan Probiotik Yogurt

Saat minum antibiotik, sangat disarankan untuk memasukkan yogurt dengan 'bakteri baik' dalam makanan Anda.Mengkonsumsi yoghurt yang mengandung yogurt probiotik membantu tubuh Anda pulih dari diare, salah satu efek samping umum dari antibiotik. Bakteri baik ini adalah bakteri ramah-usus yang menyediakan lapisan perlindungan di usus dan membantu menghasilkan asam laktat untuk mengeluarkan racun bakteri ke luar tubuh.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Therapeutic Advances in Gastroenterology melaporkan bahwa probiotik menunjukkan harapan untuk pencegahan diare terkait antibiotik.Studi lain yang dipublikasikan pada tahun 2015 di BMJ Open menunjukkan bahwa yogurt probiotik adalah metode yang efektif untuk mengurangi  gangguan gastrointestinal terkait antibiotik pada anak-anak.

Saat mengonsumsi antibiotik, cukup makan yogurt untuk 2-3 kali dalam sehari.

2. Makan Makanan Fermentasi atau Ambil Suplemen Probiotik

Selain yoghurt, banyak makanan fermentasi secara alami mengandung probiotik dalam jumlah tinggi. Jadi, selain yogurt, sertakan kombucha, kefir, asinan kubis, acar, acar bit, lobak acar, wortel acar dan kimchi dalam makanan Anda. Sebagai alternatif, Anda juga dapat memilih untuk mengkonsumsi suplemen probiotik, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Seperti yogurt probiotik, suplemen probiotik atau makanan fermentasi dapat membantu mencegah masalah pencernaan akibat penggunaan antibiotik. Ini harus dilanjutkan lama setelah antibiotik selesai. Sebenarnya, ada baiknya Anda membuat makanan fermentasi sebagai bagian rutin dari makanan Anda.

3. Makan Bawang Putih

Bawang putih adalah antibiotik alami yang membantu membunuh mikroba berbahaya tanpa efek samping dari obat antibiotik. Selain itu, mengandung senyawa penting yang dikenal sebagai allicin yang melindungi ginjal dan hati Anda dari potensi kerusakan antibiotik.
Sebuah studi tahun 1999 yang dipublikasikan di Mikroba dan Infeksi menemukan bahwa senyawa sulfur yang dikenal sebagai allicin dalam bawang putih bertindak sebagai antibiotik alami.

Menambahkan bawang putih ke makanan Anda dan mengkonsumsi suplemen harian 500 mg adalah cara yang sangat membantu untuk mendetoksifikasi tubuh Anda dari residu antibiotik yang berbahaya. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai suplemen apapun.

4.  Suplemen Milk Thistle

Untuk melindungi hati /liver Anda dari kerusakan akibat antibiotik, ramuan milk thistle sangat efektif. Antioksidan yang kaya dalam ramuan ini membantu melindungi hati. Kandungan silibinin aktif di dalamnya juga memiliki efek detoksifikasi dan hepatoprotektif.

Milk thistle tersedia dalam bentuk suplemen sebagai ekstrak cair, kapsul dan tingtur. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang dosis dan kesesuaian yang tepat untuk kondisi Anda.

5. Teh Jahe

Apakah Anda menderita diare, mual atau muntah karena antibiotik yang diresepkan, jahe sangat efektif dalam mengatasi efek samping ini. Sifat antibiotik alami jahe membantu mencegah dan mengobati banyak masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri. Jahe segar memiliki efek antibiotik terhadap patogen yang ditularkan melalui makanan serta infeksi saluran pernapasan dan periodontal. Jahe juga dikenal untuk mengurangi rasa sakit perut dan gastrointestinal. Minum teh jahe sampai 3 kali sehari untuk membantu mengatasi efek samping dari antibiotik. Untuk membuat teh jahe :

    Parut 1 inci jahe segar.
    Rebus di sekitar 1½ gelas air selama 10 menit.
    Saring, tambahkan madu dan jus lemon secukupnya, dan minumlah perlahan.

Anda bisa memilih untuk memakai kapsul jahe, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

6. Makan Makanan tidak berasa

Beberapa efek samping antibodi yang paling banyak dilaporkan meliputi diare, mual dan muntah. Jika Anda terus mengonsumsi makanan kaya karbohidrat, bergizi dan pedas, Anda akan mengalami diare, mual dan muntah karena saluran pencernaan Anda tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan agar Anda hanya makan makanan hambar selama dan setelah minum antibiotik. Jenis makanan ini termasuk kerupuk kering, roti tawar, nasi putih, dll.
Mengonsumsi makanan hambar mudah dicerna dan membantu memberi istirahat ke saluran cerna Anda, sehingga memungkinkannya pulih dari tindakan antibodi yang kuat. Hal ini penting karena antibiotik merusak bakteri yang buruk dan baik.

7. Minum Cuka Apel

Cuka sari apel memiliki khasiat antibakteri yang membantu melawan bakteri berbahaya di tubuh Anda. Selain itu, ini adalah obat yang baik untuk mengendalikan diare, salah satu efek samping obat antibiotik yang umum.
Selain itu, mengandung beberapa nutrisi yang meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

    Campur 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel mentah tanpa disaring tuangkan di dalam segelas air.
    Minumlah 2 kali sehari sampai kondisinya membaik.


8. Minum Air Mineral Yang Cukup

Untuk mengatasi mulut kering yang disebabkan oleh obat-obatan dan sedikit cairan yang hilang dari diare atau muntah, minumlah lebih banyak air. Minumlah air mineral sepanjang hari akan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi Jika kehilangan cairan akibat diare, mencret, minum cairan yang mengandung air, gula dan garam untuk membantu mengganti elektrolit yang dibutuhkan tubuh.

Anda juga bisa meminum kaldu atau jus dari buah dan sayuran dengan kadar air tinggi. Pada saat bersamaan, hindari minuman yang mengandung gula tinggi atau mengandung alkohol atau kafein, seperti kopi, teh dan cola, yang bisa memperburuk kondisi Anda.

9. Tetaplah Hidup Sehat

Salah satu cara untuk mengatasi efek samping antibiotik adalah tetap sehat sehingga Anda tidak perlu lama-lama meminumnya. Lakukan langkah-langkah untuk mendukung kesehatan Anda dengan cara berikut.
  • Ikuti diet sehat yang kaya akan antioksidan, serat dan nutrisi penting lainnya.
  • Latihan ringan sama pentingnya. Tidak harus olahraga yang kuat. Yang penting adalah keteraturan.
  • Dapatkan banyak tidur dan atur tingkat stres Anda dengan bantuan teknik relaksasi.
  • Berhenti merokok dan minum berlebihan, karena keduanya dapat berdampak negatif terhadap kekebalan tubuh Anda.

10. Gunakan Antibiotik Dengan Bijak

Anda harus selalu minum antibiotik seperti yang diperintahkan oleh dokter.  Misalnya, beberapa antibiotik bisa diminum hanya dengan air atau perlu dikonsumsi dengan makanan untuk meningkatkan penyerapannya di tubuh dan mencegah sakit perut, efek samping antibiotik yang umum . Ingat, jangan pernah minum antibiotik kecuali jika dokter Anda merasa perlu. 

Sumber :
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3105609/
http://bmjopen.bmj.com/content/5/1/e006474
http://probioticamerica.com/studies/ClinInfectDis.-2008-Goldin-S96-S100.pdf
http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1286457999800033

BACA JUGA

0 Response to "10 Cara Mengatasi Efek Samping Antibiotik Dengan Resep Alami"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus