Awas !, Ternyata Pembuat Situs Lazada Palsu Juga Membuat MatahariMall Palsu, Begini Cara Menandai Situs Yang Asli

Riaisy Blog | Situs web yang mengatasnamakan Lazada dilaporkan memakan banyak korban. Menurut penuturan salah seorang korban yang menuliskan pengalamannya di Facebook, situs web yang beralamat di promo-lazada.com menawarkan smartphone dengan potongan harga sangat tinggi. Bahkan sebetulnya harga itu tak masuk akal.
Memang jika di lihat secara lebih detil tampilan situs web tersebut sangat jauh berbeda dengan situs web Lazada asli. Selain itu harga ponsel yang ditawarkan tampak sangat tidak masuk akal , misalnya Oppo F1s dijual denga harga Rp 495 ribu dan Asus Zenfone 2 Black Rp 495 ribu.

Penelusuran situs promo-lazada.com melalui Whois tidak membuahkan hasil karena pembuat situs sudah memproteksi identitasnya. 
Bahkan seakan sudah sadar kalau aksinya akan mengundang tanda tanya, sehingga ia menambahkan proteksi. Namun, ada beberapa informasi yang kami dapat yaitu domain promo-lazada.com didaftarkan dan selalu diupdate kontennya.
.
Domain itu didaftarkan melalui registrar Shinjiru MSC Sdn Bhd, yang merupakan registrar asal Malaysia, tetapi tidak bisa diambil kesimpulan juga bahwa si pembuat situs web berasal dari Malaysia karena pada dasarnya siapa pun bisa memesan domain dari registrar mana pun. 
Melalui pelacakan IP Address didapati bahwa situs web itu punya IP Address yang sama dengan situs web penipuan lainnya dengan nama promo-online-mataharimall.com. Namun Google telah mengklasifikasikan situs web yang mengatasnamakan MatahariMall itu sebagai situs berbahaya, sehingga situs tersebut tidak bisa diakses.


Adapun Lazada Indonesia menegaskan bahwa situs web promo-lazada.com sama sekali tidak ada hubungan apa pun dengan Lazada Indonesia.


Oleh karena itu, wajib bagi Anda yang selalu berhubungan dengan dunia online apalagi belanja online, berikut cara menandai situs market place yang asli dan palsu :

1. Alamat web/ nama domain

Website yang memiliki alamat web yang sangat panjang dan memiliki subdomain (seperti .blogspot, .wordpress dll) contohnya www.poinplus.blogspot.com, kuisberhadiah.wordpress.com dll. Website seperti itu biasanya bukan merupakan sebuah website besar yang menyediakan undian atau tempat transaksi lainnya. Maka jika ada undian atau sejenisnya ke website tersebut harus anda waspadai.

Selain itu anda juga harus teliti melihat url sebuah web, karena banyak modus penipuan dilakukan dengan membuat alamat website yang hampir mirip dengan aslinya contohnya saja klikbca.com dll yang mirip dengan situs klikbca.com. Sehingga sebelum transaksi pastikan dahulu website tersebut asli.

2. Tampilan web

Tampilan web menjadi ciri selanjutnya yang harus anda perhatikan dengan cermat sebelum melakukan transaksi pada web tersebut. Sebuah web besar pada dasarnya akan didesain dengan baik dan rapi. Jadi, apabila web yang anda kujungi terlihat berantakan atau memiliki tampilan yang sangat sederhana (biasa), anda patut mencurigai web tersebut.

  3. Alamat perusahaan

Selanjutnya hal yang dapat anda perhatikan yaitu apakah web tersebut mencantumkan alamat perusahaan atau pemilik webnya dengan jelas atau tidak ada sama sekali. Jika tidak ada tentunya hal tersebut patut dicurigai karena pada umumnya sebuah web besar akan memberikan alamatnya sebagai bukti legalitas.
Jika ada alamat, hal tersebut belum tentu menandakan web tersebut dapat dipercaya, pastikan juga alamat yang tertera adalah benar milik perusahaan atau pemilik website. Karena bisa saja alamat yang dimasukan adalah alamat palsu.

4. Contact dan customer service

Sebuah website besar yang memiliki legalitas tentunya akan mencantumkan kontak yang dapat dihubungi. Pastikan terdapat kontak yang jelas tentang bagaimana menghubungi pihak website. Selain itu pelayanan terhadap pelanggan pun disediakan dengan baik dan tidak ada pelayanan yang terkesan memaksakan. Jika kedua hal tersebut anda rasakan dimiliki oleh web tersebut anda dapat sedikit percaya pada web tersebut.

5. Konten Website

Perhatikan konten atau isi website tersebut secara keseluruhan, dan pastikan tidak ada yang terlihat janggal. Pastikan juga testimoni yang ada pada website merupakan tesetimoni asli, karena bisa saja pemilik website berusaha mengelabuhi kita dengan testimoni yang terkesan terlalu dibuat – buat. Jika terlihat ada yang aneh atau janggal anda lihat lagi keempat ciri sebelumnya. Jika anda ragu – ragu sebaiknya urungkan keinginan anda bertransaksi di website tersebut.

Untuk mengetahui legalitas sebuah website, baik itu website undian, toko online ataupun yang lainnya anda perlu cermat sebelum melakukan transaksi. Jangan sampai anda terpengaruh dengan janji yang diberikan, harga yang sangat murah, hadiah atau lain sebagainya sehingga anda nantinya yang akan mengalami kerugian.
BACA JUGA

0 Response to "Awas !, Ternyata Pembuat Situs Lazada Palsu Juga Membuat MatahariMall Palsu, Begini Cara Menandai Situs Yang Asli"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus