Cara Mendapatkan Akreditasi Sekolah / Madrasah Secara Online 2017 Melalui Aplikasi SisPena

RIAISY BIT | Jika sekolah atau Madrasah Anda ingin mendapatkan akreditasi dari BAN (Badan Akreditasi Nasional), di tahun 2017 sudah bisa melakukan pendaftaran secara online. Namun secara teknis masih belum sepenuhnya bisa dilakukan online karena persyaratan administrasi tertentu yang membutuhkan koordinasi yang lebih intensif antara Sekolah, Dinas pendidikan Kabupaten / kota dengan Badan akreditasi Provinsi (BAP) dalam sosialisasi pengisian form Perangkat Akreditasi sekolah dan Teknis penilaian ke 8 Standar Nasional Pendidikan (di sekolah yanga akan di Akreditasi) oleh Asesor.

Walaupun demikian satu langkah maju sudah dilakukan oleh BAN S/M  dalam memotong rumitnya birokrasi kepengurusan administrasi Akreditasi sekolah dimana berkas berkas yang diperlukan cukup dengan mengupload melalui aplikasi SisPena S/M ( Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah / Madrasah).


Persyaratan untuk akreditasi sekolahke BAP :
1. Surat  Permohonan Akreditasi ditujukan ke BAP Provinsi
2. FC Surat Ijin Operasional Sekolah
3. Daftar guru dan tenaga pendidikan ditandatangani Kepala sekolah
4. Daftar kelulusan siswa 1 tahun terakhir
5. Daftar lanskap tanah dan daftar ijin penggunaan lahan/ surat tanah atau gambar/ foto bangunan atau surat ijin mendirikan bangunan sekolah.
6. Surat pernyataan pemberlakuan kurikulum di sekolah.
7. FC sertifikat akreditasi sekolah yang sudah kadaluwarsa / sebelumnya.

Semua berkas diserahkan ke BAP melalui Dinas Pendidikan Kab./Kota untuk mendapatkan aktivasi Aplikasi SisPena oleh BAP.

Setelah Aktif dan sekolah Anda sudah mendapatkan kode aktivasi, langsung lakukan pendaftaran secara Online . Untuk pendaftaran secara online yang harus dipersiapkan adalah :
1. Kunjungi laman http://sispena.bansm.or.id/login
2. Download Perangkat Akreditasi untuk disi dan memenuhi semua perangkat diperlukan dan kemudian diupload kembali.
3. Soft Copy foto foto sarana dan prasarana dan kegiatan siswa 5 buah untuk diupload (plank sekolah, kegiatan siswa, sarana dll)
4. Surat pernyataan sekolah siap untuk melaksanakan akreditasi ditempel materai , discan dan diupload.
5. Mengerjakan Evaluaisi Diri Sekolah Secara Online.
6. Memenuhi persyaratan lainnya yang tercantum dalam aplikasi.

Setelah selesai, BAP akan mengkonfrmasi , kapan pelaksanaan visitasi (kunjungan) ke sekolah oleh assesor. Pengalaman kami agar tidak terlalu berat dalam mempersiapkan penilaian akreditasi, tugas dibagi menjadi 8 kelompok sesuai dengan 8 SNP, kelompok tersebut tergabung dalam Tim Pengembang Sekolah terdiri dari Kepala sekolah, Guru, Komite sekolah dan orang tua siswa.

Setelah assesor menilai 8 SNP di sekolah, Kepala sekolah mendatangani berita acara ( kartu Kendali Proses Visitasi ) sebagai tanda bukti bagi assesor bahwa pelaksanaan visitasi sudah dilaksanakan di sekolah tersebut.

Pada akhir kunjungan, asesor menyampaikan temuan dan rekomendasinya sesuai dengan penilaian yang sudah ditentukan / disosialisasikan sebelumnya.

Sertifikat Aktreditasi akan diberikan oleh BAN S/M setelah assesor melaporkan hasil kerjanya secara online/ offline.

Demikian semoga membantu.
BACA JUGA :Cara Memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) Bagi Tenaga Medis Secara Online
BACA JUGA

0 Response to "Cara Mendapatkan Akreditasi Sekolah / Madrasah Secara Online 2017 Melalui Aplikasi SisPena"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus