Ternyata Begini 6 Manfaat Makan Pakai Tangan

Riaisy Blog | Makan dengan menggunakan tangan seperti yang lazim kita lakukan sebagian besar orang Indonesia ternyata membawa manfaat selain bagi kesehatan juga dipercaya menambah selera. Hal ini tidak hanya dilakukan saat makan makanan ringan saja, tetapi makanan beratpun selalu dilakukan dengan tangan. Bahkan yang mengejutkan makan makanan memakai tangan saat ini juga diterapkan pada restoran restoran besar cepat saji bahkan restoran di negara-negara Barat mendorong makan dengan menggunakan tangan .

Makan adalah proses sensual dan sadar dengan mempekerjakan semua indra - penglihatan, penciuman, pendengaran, rasa dan sentuhan - dapat membuat keseluruhan pengalaman semakin memuaskan. Menggunakan tangan untuk makan juga berkaitan erat dengan tubuh, pikiran dan perasaan Anda. Inilah salah satu alasan mengapa banyak menggunakan tangan. Selain karena pengaruh diatas, banyak juga orang yang menyarankan untuk tidak makan dengan tangan dengan alasan tidak higienis dan menjijikkan.

Ternyata Begini 10 Manfaat Makan Pakai Tangan
Namun dibalik itu semua ternyata makan dengan menggunakan tangan langsung bisa membawa dampak positif bagi Anda diantaranya :


1. Melatih sensitifitas panca indera dengan sentuhan tangan.

Makan adalah pengalaman indera yang bisa membangkitkan emosi dan gairah. Menurut Ayurveda, setiap jari tangan merupakan perpanjangan dari lima elemen. Secara khusus:
  • Ibu jari berhubungan dengan ruang.
  • Telunjuk berhubungan dengan udara.
  • Jari tengahnya berhubungan dengan api.
  • Jari manis ini berhubungan dengan air. 
  • Jari kelingking itu berhubungan dengan bumi.

Bila Anda menikmati makanan Anda dengan tangan Anda, keseluruhan proses merangsang kelima elemen ini dan membantu memberi energi pada makanan yang akan Anda makan. Hal ini penting untuk menjaga agar semua elemen tetap seimbang dan tetap sehat.

Selain itu, indra sentuhan, bau, pendengaran, penglihatan dan rasa menjadi lebih aktif. Stimulasi kelima indera membuat Anda lebih sadar akan rasa, tekstur dan aroma makanan.

 

2. Bekerja sebagai Sensor Alami

Bila Anda makan dengan sendok, garpu atau sumpit dan memasukkan makanan Anda langsung ke mulut Anda, pikiran Anda tidak dapat merasakan suhu atau tekstur makanan sebelumnya. Inilah sebabnya mengapa kadang Anda bisa sampai terbakar lidah, saat  menaruh makanan yang terlalu panas di mulut.
Tapi saat Anda makan dengan tangan, ujung saraf di jari Anda merasakan suhu makanan dan secara efektif mencegah untuk meletakkan ke lidah .Ujung saraf juga mengirim sinyal ke otak Anda tentang apa yang akan Anda makan. Ini memicu pelepasan cairan pencernaan dan enzim yang tepat untuk membantu Anda mencicipi makanan dengan lebih baik.


3. Memperbaiki Proses Pencernaan

Ada bakteri "baik" dan juga "buruk" yang ada di telapak tangan dan jari tangan Anda. Bakteri yang baik melindungi Anda dari banyak mikroba yang merusak di lingkungan. Bila Anda makan dengan sendok dan garpu, bakteri ini tidak sampai ke usus Anda.
Di sisi lain, saat Anda makan dengan tangan Anda, bakteri baik dari jari-jari berpindah ke mulut dan ditelan dan berjalan ke bagian tubuh yang berbeda. Ini mendorong pencernaan sehat di usus dan mencegah penumpukan bakteri berbahaya di usus. Selain itu, saat Anda menyentuh makanan dengan tangan Anda, sebuah sinyal dikirim ke pikiran untuk melepaskan cairan pencernaan dan enzim. Bergantung pada jenis makanan, pikiran mengatur agar metabolisme bekerja sesuai yang dibutuhkan untuk pencernaan yang lebih baik. Sistem pencernaan yang sehat penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

 

4. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Menggunakan garpu dan sendok bisa membuat makan lebih mudah dan cepat. Tapi ini juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh, yang pada akhirnya membawa Anda pada risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.
Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh European Society of Endocrinology melaporkan bahwa orang-orang yang makan makanan dengan cpat  2,5 kali lebih mungkin menderita diabetes tipe 2 daripada mereka yang meluangkan waktu mereka.

Jadi makan cepat meningkatkan risiko diabetes, tapi Anda bisa mengurangi risiko dengan makan dengan tangan Anda. Saat menggunakan tangan, Anda akhirnya meletakkan lebih sedikit makanan di mulut Anda pada waktu tertentu. Makan lebih lambat juga menyebabkan pencernaan lebih baik dan memberi waktu perut Anda untuk mengetahui bahwa itu penuh, sehingga membuat Anda makan lebih sedikit.

5. Bisa memaknai makan yang sebenarnya

Makan dengan alat makan adalah sejenis proses mekanis, dan Anda tidak terlalu memperhatikan apa atau berapa banyak yang Anda makan. Selain itu, Anda mungkin jadi makan sambil menonton TV, memeriksa ponsel Anda atau bahkan makan sambil membaca koran. sehingga tidak memberi perhatian penuh pada makanan yang dimakan sehingga bisa jadi  akan memakan lebih banyak dari pada asupan yang sebenarnya. Sebuah penelitian tahun 2008 yang dipublikasikan di British Medical Journal melaporkan bahwa makan  makan dengan cepat meningkatkan risiko obesitas seseorang.

Namun, ketika Anda makan dengan tangan Anda, Anda memperhatikan apa yang Anda makan dan Anda lebih sadar akan seberapa banyak Anda makan. Selain itu, sulit untuk bisa melakukan pekerjaan lainnya, sehingga tetap fokus dengan makan.

6. Lebih higienis

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa makan dengan tangan Anda adalah cara yang tidak higienis untuk menangani makanan, kenyataannya justru sebaliknya.Orang akan membiasakan selalu mencuci tangan sebelum duduk untuk menikmati makanan. Selain itu, kita semua mencuci tangan beberapa kali dalam sehari. Hal yang tidak dilakukan jika Anda makan pakai sendok dan garpu.
BACA JUGA : Cara Diet Sehat Melalui Puasa Ramadhan

BACA JUGA

0 Response to "Ternyata Begini 6 Manfaat Makan Pakai Tangan"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus