Tips Berhenti Berperilaku Boros, Mau Coba ?

RIAISY BIT | Perilaku boros tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga merugikan orang yg terdapat di sekeliling anda. Tetapi, anda juga acapkali merasakan  hampa sebab Anda tak mempunyai uang buat membeli apa yang Anda inginkan sebab utang kartu kredit anda sudah menumpuk, atau kiriman uang asal orangtua belum sampai.

Lalu, bagaimana cara buat mengatasinya? Berikut tipsnya:




1. Bikin Daftar Belanja

Mulailah dengan membuat daftar belanja sebelum setiap kali anda pergi berbelanja. Hal ini dilakukan buat meminimalisir pengeluaran. Umumnya perempuan   kerap lapar mata ketika berbelanja, sebab itu menggunakan menghasilkan daftar belanjaan dapat melatih kedisiplinan Anda dalam mengontrol uang.


2. Buat Tujuan Finansial Jangka Panjang

Mampukah Anda membedakan antara kebutuhan dan  keinginan? Jika ini terjadi, segera bikin keputusan yang tepat buat menghilangkan kebiasaan jelek waktu berbelanja. Caranya, pilihlah sesuatu yg anda inginkan, contohnya untuk liburan, mengumpulkan dana darurat, atau menyelesakan lilitan utang. Jadi, saat Anda 'terpengaruhi' buat membeli sesuatu yg Anda 'inginkan', jangan lupa tujuan finansial anda.

Bila anda memutuskan buat tidak membeli apa yg anda 'inginkan', segera masukan uang tersebut dalam rekening untuk bisa mencapai tujuan finansial Anda. Pada awalnya, hal ini akan terasa sulit. Namun, ketika anda sudah terbiasa dan  benar-benar 'mendambakan' tujuan finansial. Anda perlu memotong mata rantai norma buruk  saat berbelanja sebelum anda menikmati tujuan tersebut.


3. Tegas Terhadap Diri Sendiri

Pada awal bulan, buatlah anggaran belanja yg anda butuhkan dalam jangka sebulan. Lalu, putuskan seberapa banyak uang yg akan anda alokasikan tiap minggu. Lalu, tariklah uang pada ATM menggunakan jumlah yang telah ditentukan pada awal minggu serta Anda bisa berbelanja tanpa rasa bersalah. Tetapi jangan lupa, ketika uang anda telah habis, berarti tidak boleh ada belanja lagi. .


4. Wajib  Mampu Membedakan Kebutuhan Dan Keinginan

Belajarlah berbuat tidak agar nafsu tidak prioritas. Anda wajib  mendahulukan kebutuhan yang memang diperlukan. Buat memenuhi segala keinginan hanya akan membuat anda boros dalam mengeluarkan uang. Sebelum menetapkan untuk membeli baju, usahakan ditinjau terlebih dahulu lemari anda. Jangan-jangan masih ada baju baru yang belum sempat digunakan.

5. Beli Pakai Uang Tunai

Pakailah uang tunai ketika pergi berbelanja pada supermarket, pasar atau saat makan di restoran. Dengan cara  begitu anda akan selalu berpikir 2 kali waktu membeli sesuatu. Anda hanya perlu meninggalkan kartu kredit di tempat tinggal   serta membawa uang tunai secukupnya, atau dengan membawa kartu debit.
BACA JUGA : Tips Cara Mengatasi Dan Mengatur Keuangan Pasca Lebaran
BACA JUGA

0 Response to "Tips Berhenti Berperilaku Boros, Mau Coba ?"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus