Tips Cara Mengatasi Dan Mengatur Keuangan Pasca Lebaran

RIAISY BIT | Tidak terasa Hari Raya Lebaran sudah berlalu, hal ini sangat menyenangkan mengingat bahwa kita dapat kembali ke kampung halaman dan bertemu dengan sanak saudara di Hari spesial tersebut. Namuin, tentunya kita menyadari bahwa kondisi keuangan drastis menipis pasca Lebaran.

Pengeluaran yang dihabiskan untuk lebaran seperti biaya pulang kampung, membeli baju baru, menyiapkan berbagai kue dan hidangan khusus lebaran, dan tak lupa memberikan uang thr untuk para keponakan. Pastinya membuat cukup kebingungan mengatur keuangan setelah lebaran. Bagaimana caranya agar keuangan kembali tertata?

Salah satu cara memulihkan kondisi keuangan setelah mudik adalah dengan menunda melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk sementara waktu.

 

 

Mengatur ulang perincian pengeluaran

Untuk menekan pengeluaran setelah lebaran, lihat kembali mana yang sekiranya dapat diminimalisasi atau dihapus sama sekali penggunaannya, seperti biaya internet bulanan atau berlangganan televisi kabel di rumah anda. Jika memang jarang menggunakan fasilitas tersebut, ada baiknya berhenti berlangganan untuk sementara waktu. Atau mungkin jika biasanya anda selalu menggunakan paket complete provider untuk gadget, bisa mengganti ke paket yang lebih murah.

 

 

Prioritaskan kebutuhan utama

Apabila biasanya anda memiliki anggaran untuk berlibur, shopping, atau untuk sekadar hobi, untuk sementara waktu lebih baik pusatkan dana-dana tersebut ke dalam tabungan, uang belanja harian seperti ongkos bekerja, uang makan, ataupun untuk keperluan bulanan yang mendesak, seperti bayar listrik, air ataupun cicilan-cicilan lainnya.Sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya anda membuat catatan untuk semua pengeluaran setiap bulannya, lalu analisislah mana yang harus diprioritaskan atau yang tidak.

 

 

Batasi pengeluaran harian

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan dalam membatasi biaya yang dikeluarkan dalam satu hari. Pertama dari biaya untuk makan. Apabila biasanya kita selalu makan siang di kantor dan senang membeli makanan ringan. Cobalah untuk membawa makan siang sendiri dari rumah dan bawalah buah-buahan sebagai penganti cemilan atau makanan ringan. Disamping menghemat uamg, cara ini membuat tubuh anda semakin sehat. Berikutnya adalah biaya transportasi, jika setiap hari menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi kekantor, biasakanlah diri anda untuk menggunakan transportasi umum untuk menghemat bbm dan biaya parkir. Menggunakan angkutan seperti bus menjadi anternatif terbaik, hindari penggunaann taksi jika bukan untuk keperluan mendesak.



Mungkin point di atas awalnya terasa sangat berat untuk dilakukan, tetapi dengan niat yang kuat dan fokus pada tujuan untuk mengembalikan kondisi keuangan seperti semula, cepat atau lambat akan terbiasa.
BACA JUGA

0 Response to "Tips Cara Mengatasi Dan Mengatur Keuangan Pasca Lebaran"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus