Daun Dan Buah Avokad Mengobati Darah Tinggi Sakit Kepala Gigi Berlubang Kencing Batu Kencing Manis Nyeri Lambung Sariawan, Begini Resepnya

RIAISY BIT | Ada banyak nama tanaman buah yang satu ini alpukat, alpokat, apokat, dan juga avokad. Tanaman yang mempunyai nama latin Persea Americana Mill ini selain di kenal sebagai tanaman buah juga menjadi tanaman obat. 
Daun tanaman ini adalah tunggal dan simetris, yang memiliki tangkai dengan panjang 1-1,5 cm. Biasanya daun ini terletak pada bagian ujung ranting, daun ini berbentuk bulat telur atau oval yang memiliki tebal hampir seperti kertas. Pangkal daun meruncing, dengan bagian tepu merata  dan juga menggulung keatas. Permukaan daun halus dengan pertulangan yang menyirip, lebar daun ini 3-10 cm dengan rata – rata panjang 10-20 cm berwarna kemerahan hingga kehijauan.


Buah alpukat ini hampir sama dengan buah buni, memiliki bentuk bulat oval dengan panjang 10-20 cm berwarna kehijauan atau kekuningan. Buah alpukat ini juga memiliki bercak atau bintik halus berwarna keunguan, memiliki daging lunak, ketika sudah matang dan biji tunggal berwarna putih berbentuk bulat.
Avokad terutama bagian daunnya memiliki rasa pahit dan kelat. Kulit ranting mengandung beberapa zat kimia  diantaranya minyak terbang seperti methylchavikol, alphapinene, tanin, dan flavonoid. Daging buah mengandung lemak jenuh, protein, sesqueterpenes, vitamin A, B1, dan B2.
Biji buah alpukat ini berbentuk bulat oval atau telur dengan diameter 2,5-5 cm dan berwaran keputihan. Perkembangbiakan biji alpukat ini termasuk keda;am tuipe hipogeasl, yaitu perkecambahan yang tumbuh diberada didalam tanah
Efek farmakologis daun avokad adalah peluruh kencing (diuretik) dan astringen. Selain itu, daun dan kulit ranting memiliki efek farmakologis, seperti peluruh kentut (karminatif ), penyembuh batuk, pelancar menstruasi, emollient, dan antibakteri.

Daging buah, daun, dan biji avokad dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Darah tinggi dan sakit kepala

    Cuci bersih 3—5 helai daun avokad segar sampai bersih, seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin, minum ramuan sekaligus 1 gelas sehari.
  1. Gigi berlubang

    Ambil biji avokad secukupnya, bersihkan, lalu tumbuk sampai halus. Masukkan hasil tumbukan ke dalam gigi berlubang.
  1. Kencing batu

    Cuci bersih 7 helai daun avokad segar, seduh dengan ½ gelas air panas, lalu minum sekaligus. Lakukan secara rutin 2 kali sehari setiap pagi dan sore sampai batu penyumbat kencing keluar.
  1. Kulit wajah kering

    Lumatkan daging buah avokad secukupnya sampai halus, oleskan merata pada wajah, lalu biarkan sekitar 3—5 menit sampai kering. Bilas wajah dengan air hangat sampai bersih lalu olesi dengan es batu. Lakukan setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur.
  1. Kencing manis

    Panggang biji avokad di atas api, potong kecil-kecil, lalu rebus sampai mendidih dan warnanya berubah menjadi cokelat. Saring hasil rebusan lalu minum sekaligus. Lakukan secara rutin 1 kali sehari, masing-masing 1 gelas.
  1. Nyeri saraf dan nyeri lambung

    Cuci bersih 3—6 lembar daun avokad lalu seduh atau rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, minum air seduhan 1 kali sehari.

  2. Sariawan

    Haluskan 1 butir daging buah avokad, campur dengan 2 sendok makan madu murni, aduk sampai rata, lalu makan sekaligus. Ulangi sampai sariawan sembuh.
    BACA JUGA :  Khasiat Akar Alang -Alang Untuk Menyembuhkan Hepatitis Kencing Darah Kencing Nanah Mimisan Radang Ginjal

0 Response to "Daun Dan Buah Avokad Mengobati Darah Tinggi Sakit Kepala Gigi Berlubang Kencing Batu Kencing Manis Nyeri Lambung Sariawan, Begini Resepnya"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel