Khasiat Dan Resep Daun Anting Anting Untuk Pengobatan Berak Darah Mimisan Batuk Diare Muntah Darah Pendarahan Luka Luar

Khasiat Dan Resep Daun Anting Anting Untuk Pengobatan Berak Darah Mimisan Batuk Diare Muntah Darah Pendarahan Luka Luar

RIAISY BIT | Tanaman Anting anting (Acalypha australis L.)  juga disebut tanaman akar kucing atau orang Melayu menyebut tanaman bayam hutan atau kucing kucingan. Orang Sunda menyebutnya rumput kokosan. Orang china menyebut dengan Tie Xian. Tanaman ini tumbuh liar, dapat kita temukan di pinggir-pinggir jalan, semak semak samping rumah yang tidak dibeton atau lapangan berumput. 

Ciri daun anting anting bulat agak lonjong letaknya berseling dari ujung batang sampai pangkal batang dan tepi daun bergerigi. diameter daun antara 2,8 cm hingga 8 cm dan memiliki lebar 1,5 cm sampai 3,5 cm. Bunga anting anting berkelamin tunggal dan berumah satu yang muncul dari ketiak daun , bentuk bunga kecil kecil dan terkumpul dalam satu rangkaian. Batang tingginya antara 30 - 60 cm  dan memiliki garis memanjang yang kasar. Bulat yang sudah tua berbentuk bulat dan hitam sedangkan biji berwarna coklat.

Anting-anting memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Kandungan kimia tumbuhan ini belum banyak diketahui, tetapi kegunaan dari tumbuhan ini telah banyak diketahui dari pengalaman turun-temurun. Efek farmakologis yang dimiliki oleh anting-anting di antaranya antibiotik, antiradang, peluruh kencing, sebagai astringen, dan menghentikan pendarahan.

Seluruh bagian tumbuhan, baik dalam keadaan segar atau kering, dapat  digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.


Berak darah, mimisan, dan batuk

Cuci 30—60 g tumbuhan anting-anting kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Disentri

Cuci bersih 30—6o g tumbuhan anting-anting kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum 2 kali sehari masingmasing ½ gelas. Lakukan secara teratur selama 5—10 hari.

Diare dan muntah darah

Rebus 30—60 g tumbuhan kering dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Pendarahan dan luka luar

Lumatkan herba anting-anting segar secukupnya lalu campurkan dengan gula pasir secukupnya. Tempelkan hasil lumatannya ke tempat luka.
BACA JUGA :  Sakit Diare Disentri Masuk Angin Batuk Insha Allah Bisa Sembuh Dengan Daun Anggrung
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus