Mengurangi Rasa Kadar Garam Berlebihan Pada Ikan Asin

RIAISY BIT | Ingin mengubah ikan asin terasa tawar ? sama seperti saya. Saya nggak terlalu suka dengan makanan yang terlalu asin termasuk ikan asin. Sebenaarnya dengan membuatnya lebih asin, ikan bisa lebih awet dan tahan lebih lama untuk dikonsumsi. Namun kadang saat mengkonsumsi ikan asin , rasa asinnya malah melebihi asinnya garam. Hal ini menjadikan sia sia karena tidak nikmat untuk dikonsumsi, padahal keadan ikannya cukup segar dan layak untuk dikonsumsi.

Ikan asin banyak menjadi menu favorit berbagai kalangan. Ikan-ikan yang diawetkan dengan kadar garam berkonsentrasi tinggi ini, menjadikan rasanya asin atau terlalu asin jika tidak diberi perlakuan khusus sebelum dimasak. Rasa yang terlalu asin pada ikan tentu membuatnya tidak nyaman untuk dimakan, terlebih lagi kandungan garam yang terlalu tinggi juga tidak baik bagi kesehatan.
Sebagian orang mencoba merendam ikan-ikan asin dengan air kemudian dibilas berkali-kali sebelum dimasak. Hasilnya kebanyakan mengecewakan, ikan yang dimasak masih saja terlalu asin. Perlu cara lain untuk mengurangi rasa asin pada ikan ini.

Riaisy akan berbagi cara untuk mengurangi kadar garam berlebihan pada ikan asin caranya cukup mudah :

1. Tuang air panas kedalam mangkuk atau wadah masukkan 3 lembar daun salam
2. Rendam ikan asin kedalam air panas selama 5 menit. Lebih lama merendan kadar asin akan semakin berkurang.
3. Jika Anda ingin merasakan sampai tawar / tidak terasa asin sama sekali, rendamlah selama 30 menit.
4. Tiriskan sampai kering,
5. Ikan asin siap untuk di masak / digoreng.

Untuk cumi yang dikeringkan dengan garam (cumi asin), untuk mengurangi kadar garamnya harus dengan direbus bersama dengan daun salam dan satu batang serai terlebih dahulu karena lebih sulit menghilangkan kadar asinnya ketimbang ikan asin. Fungsi daun salam dan serai adalah untuk melembutkan dagingnya.
Ikan yang kurang segar memiliki daging yang lebih lunak dan cairan tubuh yang mudah keluar. Ketika dilakukan pengasinan, cairan dalam tubuh ikan cepat keluar dan banyak garam yang masuk ke dalamnya. Dengan demikian, hasil pengasinan ikan tersebut lebih asin. Cirinya, kondisi ikan lebih kaku dan lebih kering. Namun tetap tidak berpengaruh pada kualitasnya jika direndam untuk mengurangi rasa asinnya.

Demikian semoga bermanfaat.
BACA JUGA : Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Dari Dapur

0 Response to "Mengurangi Rasa Kadar Garam Berlebihan Pada Ikan Asin"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel