9 Cara Membasmi Dan Mengusir Nyamuk Alami Tanpa Obat Anti Nyamuk Sehat Ampuh Tidak Ada Efek Samping Bisa Bikin Sendiri Di Rumah

RIAISY BIT | Nyamuk merupakan sumber berbagai penyakit yang membahayakan seperti demam berdarah, malaria, cikungunya, Demam Kuning, Filariais ( Kaki Gajah), Dan Zika. Saat ini tidak hanya cukup dengan menjaga lingkungan sekitar rumah dari tempat bersarangnya nyamuk dengan 3M ( menutup, menguras, mengubur) benda benda yang bisa menjadi sarang nyamuk, tetapi juga dengan penyemprotan (fogging), menaburkan bubuk abate ke bak penampungan air. 

Selain membasmi sarangnyamuk seperti diatas, banyak orang menggunakan obat nyamuk untuk membasmi nyamuk seperti obat nyamuk bakar, spray atau cair. Namun justru  jenis anti nyamuk seperti ini mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, apalagi digunakan secara terus menerus. Alangkah baiknya jika penggunaan obat nyamuk kimia dikurangi atau dihilangkan dan dibganti dengan cara cara yang lebih aman dan menyehatkan tanpa mengurangi efek pembasmi nyamuk.

Pada artikel kali ini Riaisy akan berbagi cara membasmi nyamuk tanpa anti nyamuk yang membahayakan dan bahan atau caranya tersedia dengan mudah untuk dibuat atau digunakan silahkan disismak :

1. Perangkap Nyamuk

Untuk cara membuatnya :

1.  Botol Plastik

Botol plastik ukuran sedang atau besar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan botol ukuran besar saja. Pastikan botol yang akan digunakan sudah kosong dan kering, tidak berisi air.

Potong menjadi dua bagian, posisi potongan kira-kira 1/3 bagian dari atas. Botol bagian bawah nantinya akan digunakan sebagai wadah cairan gula dan potongan atas akan digunakan sebagai pintu masuk perangkap secara terbalik.

2. Buat Larutan Gula

Cara menangkap nyamuk kali ini akan memanfaatkan CO2 buatan. Hal ini dikarenakan, nyamuk suka dengan CO2. Larutan gula ini nantinya akan digunakan sebagai bahan utama untuk cairan fermentasi CO2.

Buat larutan gula dengan komposisi 50 gram gula (bisa gula pasir atau gula merah) dan air sebanyak 200 ml. Aduk larutan sampai merata.

3. Masukkan Larutan Gula ke dalam Botol

Masukkan larutan gula yang telah kita buat tadi kedalam 2/3 bagian botol yang sudah kita potong sebelumnya. Perlu diperhatikan, isi larutan tidak boleh terlalu penuh karena sebagiannya harus kosong untuk jalan masuk nyamuk berupa 1/3 potongan botol lainnya (potongan atas).

Pastikan botol yang digunakan adalah botol yang bisa berdiri tegak. Supaya larutan didalamnya tidak tumpah.

Perangkap nyamuk ini termasuk salah satuperangkap yang cukup murah dan mudah dibuat. Apalagi dengan memanfaatkan botol-botol bekas yang sudah tidak dipakai. Hal ini bisa mengurangi tumpukan sampah yang ada di sekitar.

4. Campurkan Ragi pada Cairan Gula

Biarkan larutan gula ini dingin. Kemudian tambahkan ragi bubuk pada bagian atas larutan sebanyak 1 gram tanpa diaduk. Biarkan begitu saja. Ini adalah salah satu cara mengusir nyamuk dengan ragi.

Larutan gula yang sudah ditaburi dengan ragi ini akan bereaksi dan menghasilkan karbondioksida (CO2) yang akan menarik perhatian nyamuk untuk menghinggapinya.

5. Tutup dan Isolasi

Setelah larutan gula ditaburi dengan bubuk ragi, perangkap nyamuk siap dirakit secara keseluruhan. Potongan botol bagian atas dirakit seperti pada gambar (posisi terbalik). Kemudian diisolasi agar merekat dan tidak copot.

Bungkus botol perangkap nyamuk ini dengan sesuatu yang berwarna hitam. Bisa menggunakan kresek hitam atau sejenisnya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagian atas botol ini tidak bolah ditutupi karena berfungsi sebagai pintu masuk perangkap nyamuk.

6. Siap Digunakan

Perangkap nyamuk siap digunakan. Letakkan di sudut ruangan dan jangan sampai kehujanan. Ingat, cairan di dalam botol ini tidak boleh sampai menyentuh ujung botol perangkap nyamuk. Supaya nyamuk bisa masuk.

Lakukan kontrol secara berkala perangkap nyamuk tersebut. Kontrol berkala ini bisa dilakukan setiap 10-14 hari sekali secara rutin. Bongkar botol dan keluarkan nyamuk yang sudah terperangkap beserta cairannya.

Sebelum mengganti cairan yang baru, bersihkan secara merata botol yang akan digunakan sebagai jebakan nyamuk tadi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perangkap nyamuk yang dibuat jangan cuma satu buah. Lebih baik, sekali buat perangkap nyamuk ini, dibuat sebanyak minimal 4 buah perangkap. Dengan membuat banyak perangkap nyamuk sekali waktu, akan memudahkan kontrol dan pembuatan cairan.

Jadi sekali waktu, kita bisa membuat 4 sampai 6 perangkap nyamuk. Dan perangkap nyamuk ini bisa ditempatkan diberbagai sudut ruangan yang ada di dalam rumah.


Cara Menggunakan Perangkap Nyamuk

Setelah perangkap nyamuk selesai dibuat. Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut untuk menggunakannya.

1. Letakkan Perangkap Nyamuk pada Permukaan yang Kuat di Dekat Nyamuk
perangkap-nyamuk-dari-botol

Jika terdapat ruangan yang dipenuhi dengan nyamuk atau bisa dikatakan sebagai pusat nyamuk, sebaiknya perangkap diletakkan di tempat tersebut. Letakkan pada permukaan yang kuat seperti lantai atau meja. Tempatkan di pojokan ruangan supaya jauh dari lalu lintas manusia sehingga perangkap nyamuk ini tidak akan tersandung dan tumpah.

2. Perhatikan ketika botol telah penuh dengan serangga yang mati atau tidak efektifperangkap-nyamuk-dari-botol-belas

Pada akhirnya perangkap ini akan dipenuhi oleh nyamuk yang terperangkap di dalamnya.  Kamu perlu membersihkannya secara berkala. Walaupun nyamuk yang terperangkap masih sedikit, perangkap ini pun tetap harus dibersihkan dan diganti dengan cairan yang baru karena setelah beberapa hari ragi dan larutan gula yang ada sudah tidak efektif lagi untuk menarik perhatian nyamuk.

Oleh karena itu, perlu dijadwalkan secara rutin supaya tidak telat dalam mengganti cairan dan membersihkan perangkap nyamuk ini.

3. Ganti larutan ragi dan gula jika diperlukan

larutan-perangkap-nyamuk-dari-botol

Beruntunglah bagi kamu yang menggunakan perangkap nyamuk seperti ini. Karena perangkap ini bisa digunakan secara berulang kali. Hanya dengan membongkar botol dan membersihkannya, kemudian mengganti cairan gula ragi yang baru. Setelah cairan diganti dengan yang baru, perangkap siap dirakit ulang dan selanjutnya ditempatkan di tempat seperti biasanya.

2. Kelambu


Ada 2 cara memasang kelambu :
Kelambu anti nyamuk tidak hanya pada tempat tidur, tapi juga dapat digunakan pada pintu. Misalnya pintu kamar anak, dan lain-lain.

1. Pada Tempat Tidur
  • Tempat Tidur Anak
Tempat tidur anak biasanya cenderung berukuran tidak terlalu besar. Misalnya untuk bayi, ataupun anak balita. Rekomendasi pertama saya ialah kelambu tenda yang cara memasangnya dengan merangkai kelambu bersama dengan tongkat-tongkatnya (persis seperti cara memasang kelambu tenda). Kelambu ini sangat menark perhatian anak. Meski kesannya penggunaan kelambu ribet karena membatasi ruang anak, namun pilihan kelambu tenda yang unik akan membuat anak tertarik untuk menggunakannya.
Selain kelambu tenda, anda juga dapat menggunakan kelambu yang jatuh, tidak kaku seperti tenda. Cara menggunakannya ualah dengan menggunakan kelambu berbentuk kerucut, memasangkan ring dan memasangnya di bagian atas dalam kelambu. Kemudian gunakan 1 pengait di ujung kulambu dan gantungkan di platform kamar. Kelebihannya, kelambu ini terlihat lebih menawan dan mewah. Cocok untuk anak perempuan di atas 9 tahun.
  • Tempat Tidur Dewasa
Untuk cara memasang kelambu anti nyamuk di tempat tidur orang dewasa, bisa dengan memberikan empat pengait di 4 ujung kelambu, memasangany dengan pengait pada platform. Anda dapat memasangnya secara lurus, ataupun tidak lurus. Jika lurus, akan menimbulkan kesan rapi. Jika tidak lurus (semua pengait agak menjoro ketengah), akan menciptakan kesan yang sedikit berombak, seperti cara memasang kelambu kotak. Namun jika tempat tidur anda memiliki tiang, cukup dengan mengaitkan kelambu pada tiangnya saja.
Atau jika ingin lebih simple, ada kelambu instant yang dibuat berdasarkan ukuran tempat tidur bertiang. Sehingga tanpa repot, anda tinggal menyarungkan dari atas tiang, otomatis dia akan jatuh kebawah dan menutup seluruh bagian tempat tidur, serta melindungi anda dari nyamuk.

2. Pada Pintu Kamar


Sebenarnya untuk cara memasang kelambu anti nyamuk di pintu kamar, boleh kamar siapa saja. Letakkan kelambu disetiap pintu atau jendela yang menjadi tempat nyamuk keluar masuk. Bikin ikatan dibagian atas dan sangkutan dibagian samping untuk tempat m,embuka dan menutup kelambu.

BACA JUGA : Cara Mudah Mengusir Cicak Di Rumah

3. Minyak Kayu Putih

Gunakan 100 ml air putih, kemudian campurkan dengan minyak kayu putih. Selanjutnya gunakan campuran ini untuk disemprotkan pada kamar tidur, terutama sebelum tidur.



4. Daun Serai

Cara alami mengusir nyamuk yang kedua menggunakan dauns serai. Penggunaannya kita campurkan beberapa kembar daun serai dengan air, selanjutnya blender hingga halus. Diamkan semalam kemudian kita pisahkan ampas agar didapat airnya saja, Masukkan air ini pada semprotan, dan gunakan untuk menyemprot bagian ruangan rumah Anda. 

 

5. Lavender dan Ragi

Campurkan minyak lavender dengan air, kemudian tambahkan ragi. Setelah selesai, letakkan pada kamar atau tempat lain dirumah dan biarkan terbuka. 
 

6. Kulit Jeruk

Ternyata bau dari kulit jeruk tidak disukai oleh nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan kulit jeruk ini juga sangat mudah. Jangan buang kulit jeruk Anda, taruhlah pada tempat-tempat yang strategis. Namun jangan terlalu lama, karena jika busuk malah akan mengundang nyamuk. 


 

7. Bunga

Ada beberapa jenis bunga tertentu yang dapat kita gunakan untuk mengusir nyamuk seperti bunga krysan. geramary, rosemary. Cukup tanam bunga ini pada pot kecil, kemudian tempatkan pada kamar atau ruangan Anda. 


 

8. Minyak Kayu Putih dan Lemon

Jika Anda terbiasa menggunakan obat nyamuk oles, mulai sekarang cobalah menggunakan dua bahan alami ini sebagai alat pengusir nyamuk Anda. Cukup campurkan minyak kayu putih dengan perasan lemon, kemudian oleskan pada tangan dan kaki Anda. Efeknya sama dengan menggunakan obat nyamuk oles, namun tidak menyebabkan efek samping bagi tubuh dan kulit kita. 


 

9. Bawang Putih

Obat alami untuk mengusir nyamuk selanjutnya ialah ekstrak bawang putih. SIapkan beberapa potong bawang putih, kemudian rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih masukkan dalam wadah semprotan dan semprotkan pada kamar tidur Anda.  

0 Response to "9 Cara Membasmi Dan Mengusir Nyamuk Alami Tanpa Obat Anti Nyamuk Sehat Ampuh Tidak Ada Efek Samping Bisa Bikin Sendiri Di Rumah"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel