Khasiat Asam Jawa Selain Jadi Bumbu Masak Bisa Juga Mengobati Batuk Bisul Borok Akibat Luka Gangguan Pencernaan Karang Gigi Diet Mencegah Rambut Rontok Radang Payudara Lebam Rematik Sariawan

RIAISY BIT | Tanaman Asan Jawa (Tamarindus Indica L.) lebih dikenal dengan tanaman obat sekaligus bumbu dapur. Karena selain sebagai tanaman herbal yang bisa mengobati berbagai penyakit, buah masak Asam Jawa banyak digunakan untuk bumbu dapur berbagai masakan seperti pecal, rendang, tauco, dan lain lain.

Selain Asam jawa sebutan untuk pohon yang tingginya bisa mencapai 30 meter ini seperti bak mee ( Aceh), Tangkal Asam (sunda) celagi (Bali), asang jawi (gorontalo), inggris (tamarind), suan jiao (cina).


 Asam jawa tergolong kedalam jenis pohon  berumur panjang (menahun).tinggi dan selalu hijau (tidak mengalami masa gugur daun) . Tanaman asam jawa merupakan yang termasuk dalam jenis suku tanaman Fabaceae.  Habitat tanaman asam jawa ini dihutan musim atau hutan monsun (monsoon forest). Syarat tumbuh tanaman asam ini ada pada ketinggian sekitar 1.000 m (kadang-kadang hingga 1.500 m) dpl, pada tanah berpasir atau tanah liat, khususnya di wilayah yang musim keringnya jelas dan cukup panjang
Batang berwarna coklat dan keabu-abuan pada warna depan kulit batangnya, memiliki tekstur yang kasar dan memecah, kulit tanaman asam jawa nampak beralur-alur vertikal. Tanaman asam jawa memiliki tajuk yang rindang dan lebat berdaun, melebar dan membulat seperti pohon beringingin. Tanaman asam jawa mempunyai daun majemuk yang berbentuk menyirip genap, dengan panjang daun asam jawa hingga 5-13 cm, terletak berseling, dengan daun penumpu seperti pita meruncing, merah jambu keputihan pada tunas daun tanaman asam jawa. Anak daun tanaman asam jawa lonjong menyempit, 8-16 pasang, masing-masing berbentuk kecil dan  berukuran sampai 0,5-1 × 1-3,5 cm, bertepi rata, pangkalnya miring dan membundar, ujung membundar sampai sedikit berlekuk. Daun tanaman asam jawa ini mirip dengan daun tanaman petai.

Bunga tanaman asam tersusun dalam tandan renggang, di ketiak daun atau di ujung rantingnya memiliki panjang sampai 16 cm. Bunga tanaman asap bentuknya mirip seperti kupu-kupu dengan kelopak 4 buah dan daun mahkota 5 buah, berbau harum. Mahkota bunga tanaman asam berwarna kuning keputihan dengan urat-urat merah coklat, sampai 1,5 cm. Buah tanaman asam berbentuk seperti polong yang menggelembung, hampir silindris, bengkok atau lurus. Tanaman asam mempunyai biji disetiap buahnya kurang lebih sampai 10 butir, sering dengan penyempitan di antara dua biji, kulit buah tanaman asam berwarna kecoklatan atau kelabu bersisik, dengan urat-urat yang mengeras dan liat serupa benang. Daging buah tanaman asam sewaktu belum matang berwarna putih kehijauan, jika buah tanaman asam sudah matang daging buahnya  menjadi merah kecoklatan sampai kehitaman ketika sangat masak, berasa asam manis dan melengket. Biji tanaman asam berwarna coklat kehitaman, mengkilap dan keras, agak persegi. Cara membudidayakan tanaman asam jawa ini budidaya tanaman asam jawa menggunakan biji dan juga cangkok bantang. Cara merawat tanaman asam jawa mudah tumbuh di setiap dengan intensitas matahari yang sering dan tanah berpasir. 
 
Buah asam jawa memiliki rasa manis asam dan bersifat sejuk, buah asam jawa mengandung bahan kimia seperti gula invert, tartaric acid citric acid, serine, β-alanin, vitamin B3, geranial, limonene, peptin, proline, leusin, phenylalanine, dan pipecolic acid. Bagian daun mengandung stexin, iovitexin, dan isoorientin, sedangkan pada kulit kayu mengandung zat tanin. Efek farmakologis asam jawa di antaranya antiseptik, menghilangkan rasa sakit, peluruh kandungan (abortivum), penurun panas, penambah nafsu makan, sebagai astringen, dan tonik.
 
 Buah tanpa biji, daun, dan kulit biji terluar dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Batuk :Cuci 10 g daging buah asam, seduh dengan 1 gelas air panas, lalu minum bersama gula merah secukupnya 1 gelas sehari.
  1. Bisul : Cuci bersih daun asam jawa dan rimpang kunyit secukupnya, tumbuk halus, lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul hilang.
  1. Borok karena luka : Cuci bersih biji asam atau daun kering secukupnya, tumbuk halus, oleskan pada borok, lalu balut. Lakukan secara rutin sampai borok hilang.
  1. Gangguan pencernaan :Seduh 1—2 g bubuk kulit kayu asam dengan 1 gelas air panas, minum secara rutin 1 gelas sehari.
  1. Karang gigi : Sangrai biji asam secukupnya, tumbuk sampai halus, lalu gosokkan ke bagian karang gigi dengan kain atau sikat gigi.
  1. Menurunkan berat badan : Cuci buah asam masak secukupnya, kupas kulitnya, lalu makan.
  1. Mencegah rambut rontok : Campur buah asam yang sudah masak dengan sedikit air. Gunakan ramuan untuk mengurut kulit kepala, cuci dengan sampo, lalu bilas dengan air bersih.
  2. Radang payudara : Cuci bersih buah asam jawa secukupnya lalu remas sampai hancur. Campur sedikit air garam ke dalamnya, aduk rata, lalu tempelkan pada payudara yang sakit. Setelah dibalur merata, balut dengan kain.
  1. Rematik dan bengkak karena terpukul (lebam) : Cuci bersih daun muda asam jawa dan rimpang kunyit secukupnya lalu giling sampai halus. Seduh hasil gilingan dengan sedikit air panas lalu balurkan pada bagian yang sakit. Lakukan secara rutin sampai sembuh.
  1. Sariawan : Cuci bersih buah asam jawa atau bubuk kulit kayu asam jawa lalu campurkan dengan air secukupnya lalu gunakan untuk berkumur.
Catatan: wanita hamil dilarang memakan buah asam jawa yang tua.
BACA JUGA :  Khasiat Daun Anyang Anyang Untuk Mengobati Kencing Sedikit Borok Bisul Mencret Migren Sariawan

0 Response to "Khasiat Asam Jawa Selain Jadi Bumbu Masak Bisa Juga Mengobati Batuk Bisul Borok Akibat Luka Gangguan Pencernaan Karang Gigi Diet Mencegah Rambut Rontok Radang Payudara Lebam Rematik Sariawan"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel