Khasiat Bangle Untuk Cacingan Demam Masuk Angin Gangguan Mata Kegemukan Mengurangi Lemak Tubuh

Khasiat Bangle Untuk Cacingan Demam Masuk Angin Gangguan Mata Kegemukan Mengurangi Lemak Tubuh

RIAISY BIT | Bangle atau Kunyit Bungle merupakan tanaman obat berbentuk rimpang seperti kunyit, jahe atau temulawak, namun mempunyai bau yang khas dan menyengat. Oleh karena itu Bangle kebanyakan dipakai untuk pengobatan daripada untuk bumbu atau rempah. Tanaman ini memiliki banyak sebutan diberbagai daerah, di Jawa tanaman ini disebut bangle, di aceh disebut mungle, di daerah sunda masyarakatnya menyebut tanaman ini dengan nama panglai, tapanuli : bungle, dan di Makasar disebut bale.


Ciri fisik pohon Bangle atau Bungle tumbuh tegak dengan ketinggian 1 sampai 1,5 meter dengan membentuk rumpun padat dan bentangan semu yang terdiri dari pelepah dan daun. Bangle berdaun tunggal dengan letak berselang-seling, lonjong dengan ujung runcin dan mempunyai panjang kurang lebih 30 cm dan lebar 20-40 mm
Rimpang merupakan Umbi batang berwarna kuning muda berbau sedap tetapi tidak tajam berbentuk hampir bundar, tidak beraturan permukaan luar tidak rata dan bergelombang
Bunga berbentuk tandan gagang bunga mempunyai panjang kurang lebih 15 cm

Bau khas yang menyengat pada bangle, sedikit pahit dan pedas ternyata mengandung bahan kimia diantaranya seperti damar, pati , tanin dan minyak asiri, seperti sineol serta pinen . Dampak farmokologis bengle, satu diantaranya peluru dahak (expectorant), peluruh kentut, dan penurun panas. Diluar itu, bengle sebagai pembersih darah, obat cacing (vermifuge) dan pencahar (laxactive).

1. Cacingan

Bersihkan dan irislah beberapa tidak tebal 20 gr rimpang bangle, 15 gr temu hitam, serta 3 lembar daun sirih. Berikan 5 biji ketumbar yang telah di bersihkan lantas tumbuk semuanya bahan ramuan itu sampai halus. Berikan ½ air masak, aduk sampai rata, lantas diperas saring air perasannya lantas minum sekalian 1 kali satu hari sekali.

2. Demam dan masuk angin

Bersihkan bersih 15 gr rimpang bangle fresh, 15 gr lempuyang wangi, 15 gr jahe, dan 15 gr kencur. Parut semuanya bahan, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum 2 kali satu hari masing- masing ½ gelas.

3. Masalah mata

Bersihkan 15 gr rimpang bangle lantas rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Minum sekalian 1 kali satu hari.

4. Kegemukan atau untuk kurangi lemak badan

Bersihkan bersih 15 gr rimpang bangle, 7 helai daun jati belanda, dan 10 gr daun kemuning, rebus semuanya bahan dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Sesudah dingin, Saring air rebusannya, lantas minum 2 kali satu hari saat pagi dan sore hari, semasing 1 gelas.

5. Kepala pusing lantaran demam dan nyeri sendi

Bersihkan bersih 2 jari rimpang bangle fresh lantas parut. Berikan sedikit air sampai terbentuk adonan seperti bubur, apabila pusing, piliskan adonan, pada dahi dan di bagian nyeri sendi.

6. Memperkecil perut sesudah melahirkan

Bersihkan bersih 4 rimpang bangle fresh lantas parut. Berikan sedikit air sampai terbentuk adonan seperti bubur. Berikan dibagian perut.

7. Perut mules

Bersihkan bersih 10 gr rimpang bangle fresh, 10 gr lempuyang wangi, 10 gr jahe, dan 10 gr kencur. Parut semuanya bahan lantas rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Minum sekalian ketika hangat 1 kali sehari di saat mules.

8. Sakit kuning

Bersihkan rimpang bangle sebesar ½ jari tangan sampai bersih lantas di parut. Berikan air masak dan madu kedalam hasil parutan masing–masing 1 sendok makan. Peras hasil parutan lantas saring. Minum air yang tersaring sekalian dan kerjakan 2 kali sehari.

Baca Juga :  Begini Khasiat Tanaman Adas Untuk Pengobatan Batu Empedu Impoten Tumor Kanker Dan Sariawan
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus