Khasiat Belimbing Manis Yang Tak Disangka Sangka Bisa Mengobati Berbagai Penyakit Dalam Dan Penyakit Kronis

RIAISY BIT | Belimbing Manis adalah tanaman buah  berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka.dalam bahasa latin bernama Averhoa Carambola L merupakan buah yang banyak mengandung serat, Tinggi pohonnya maksimal 10 meter. Buah, daun, bunga dan batang pohon belimbing manis dapat digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai jenis penyakit.

Berbagai nama Belimbing manis diantaranya Blimbing legi (Jawa), Belimbing amis (Sunda), balireng (Bugis) bainang sulapa (Makasar) sweet starfruit (Inggris), tao (Cina).

Buah belimbing berwarna kuning kehijauan berbentuk memanjang dengan membentuk pola seperti bintang jika diiris melintang. . Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.
Daun tanaman belimbing tunggal dengan bentuk bulat oval memanjang, berwarna kehijauan muda hingga tua. Daun belimbing ini memiliki permukaan datar, bertangkai pendek, memiliki pertulangan atau urat didalam daun tersebut. Daun ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai menyimpan cadangan makanan tanaman.
 Bunga tanaman blembing adalah majemuk, dengan memiliki kelamin ganda yang terdapat didalamnya benang sari pendek, dan putik yang panjang. Bunga belimbing ini tumbuh dibagian ketiak daun atau batang tua, dengan mahkota yang berlekatan. Penyerbukan bunga ini dibantu dengan angin maupun binatang yang ada di sekitar tanaman belimbing.
Biji buah belimbing ini berbentuk pipih, berwarna coklat muda yang terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan dalam tipis dan lunak serta lapisan dalam luar sangat kuat. Selain itu, biji ini dilapisi dengan cairan atau serat yang ada didalam buah belimbing dengan warna putih.

Belimbing manis mempunyai rasa asam manis agak sepat jika masih muda, bersifat netral, sedang bagian bunga memiliki rasa manis netral. Bagian batang, daun dan akar mempunyai rasa asam, kelat dan netral. Namun dibalik rasa manisnya, Belimbing manis mengandung berbagai zat yang sangat berkhasiat untuk pengobatan dan menjaga kesehatan tubuh. Beberapa bahan kimia yang terkandung didalam belimbing manis diantaranya, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A,B dan C. Efek farmakologis tanaman belimbing manis diantaranya anti radang, peluruh liur, peluruh kemih, anti malaria, menghilangkan panas, pelembut kulit (astringen), analgesik (menghilangkan sakit) dan anti rematik. 

Semua bagian tumbuhan belimbing manis bisa dimanfaatkan untuk pengobatan diantaranya buah, bunga, daun, dan akar , berikut resepnya :

  1. Mengobati Diabetes Millitus dan Penurun Kolesterol.

    Cuci 2 butir buah belimbing manis matang  lalu makan setiap selesai sarapan dan makan malam.

  2. Mengobati Darah Tinggi.

    Makan 1 butir buah belimbing manis yang sudah matang atau yang masih hijau setiap selesai sarapan dan makan malam.

  3. Mengobati Influenza dan Sakit Tenggorokan.

    Cuci bersih 90-120gr buah belimbing manis, giling menggunakan blender, saring, lalu minum airnya. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

  4. Mengobati Kencing Batu.

    Rebus 3-5 butir belimbing manis dengan 1 gelas air lalu tambahkan madu secukupnya. Biarkan sampai mendidih lalu diminum saat hangat sehari sekali.

  5. Mengobati Lever.

    Cuci bersih 12-15gr akar belimbing manis kering lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas, lalu dinginkan. Minum air rebusan sehari sekali dan lakukan secara teratur.

  6. Mengobati Malaria.

    Cuci bersih 15-24gr bunga kering lalu seduh dengan 1 gelas air panas lalu minum sekaligus saat hangat. Lakukan 2 kali sehari secara rutin dan dengan jumlah yang sama.

  7. Mencegah Aneka Kanker.

    Cuci bersih 12 helai daun belimbing, setengah lembar daun pepaya muda, 6 helai duan cermai muda, 3 helai daun bayam, dan 2 buah wortel seukuran jari tangan. Giling sampai halus campurkan bahan tersebut, tambahkan 1,5 gelas air matang, lalu saring airnya. Tambahkan 3 sendok makan madu lalu minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  8. Mengobati Sakit Kepala Kronis.

    Potong kecil-kecil 30-45gr akar segar belimbing manis, cuci sampai bersih, lalu masukkan ke dalam wadah. Campurkan kedalamnya 120gr tahu dan air matang sampai ramuan tersebut terendam, lalu ditim. Makan ramuan tersebut 1 kali sehari.
    BACA JUGA :  Manfaat Bakung Untuk Pengobatan Bengkak Borok Pembengkakan Kelenjar Limpa Patek Peluruh Keringat Peluruh Muntah Peluruh Kencing

0 Response to "Khasiat Belimbing Manis Yang Tak Disangka Sangka Bisa Mengobati Berbagai Penyakit Dalam Dan Penyakit Kronis"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel