Khasiat Beluntas Untuk Mengobati Gangguan Pencernaan Anak Bau Badan Penurun Panas Rematik Nyeri Sendi

RIAISY BIT | Beluntas merupakan tanaman pagar dan hidupnya di semak semak. Bentuknya bercabang banyak, dan tinggi bisa mencapai 2 m, daun tunggal, bentuk bulat telur, ujung runcing, berbulu halus, daun muda berwarna hijau kekuningan, dan setelah tua hijau kotor pucat karena diselimuti bulu, bunga majemuk bentuk malai.Beluntas sering dipakai sebagai tanaman pagar karena susunan percabangannya rapat dan sering juga dijadikan pagar pembatas antar gundukan di perkebunan.Di Jawa, beluntas sering dijadikan lalapan.

Nama daerah: beluntas (Melayu), baluntas, baruntas (Sunda), luntas (Jawa), baluntas (Madura), lamutasa (Makasar), lenabou (Timor), sedangkan nama asing untuk tanaman beluntas adalah Luan Yi (Cina), Phatpai (Vietnam), dan Marsh fleabane (Inggris). Nama simplisia beluntas adalah Plucheacea folium (daun), Plucheacea radix (akar)

Beluntas memiliki rasa getir dan bau yang khas. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam beluntas diantaranya alkaloid dan minyak asiri. Efek farmakologis daun beluntas adalah menambah nafsu makan dan membantu saluran pencernaan. 

Seluruh bagian tumbuhan baik segar maupun kering dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya :

1. Gangguan pencernaan pada anak.

Cuci bersih 3-5 helai daun beluntas, remas remas, campur dengan bubur saring atau nasi tim, aduk lalu makan. Lakukan setiap kali makan. Cara lannya peras10 helai daun, tambahkan 1 sendok makan madu, lalu aduk rata. Campurkan ramuan ini pada nasi tim atau bubur saring untuk diberikan setiap makan.

2. Menghilangkan bau badan

Cuci bersih 10—15 helai daun beluntas lalu makan sebagai lalap. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.

3. Penurun panas

Cuci bersih 10 g daun beluntas segar lalu rebus atau seduh seperti minum teh. Lakukan secara rutin 1 gelas sehari. Ramuan dapat digunakan sebagai peluruh keringat.

4. Rematik dan nyeri pada persendian

Rebus 15 g akar beluntas dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

0 Response to "Khasiat Beluntas Untuk Mengobati Gangguan Pencernaan Anak Bau Badan Penurun Panas Rematik Nyeri Sendi"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel