Khasiat Bidara Upas Untuk Batuk Rejan Berak Berdahak Dan Berlendir Diphteri Gigitan Ular Kencing Manis Kusta Luka Kulit Muntah darah Tifus Radang Usus Buntu Sipilis

RIAISY BIT | Bidara upas adalah tanaman umbi yang tumbuhnya merambat atau membelit yang panjang tingginya mampu mencapai 3-6 meter. Tanaman ini membutuhkan inang atu tempat merambat. Jika ada tumbuhan atau batang atau tempat yang lebih tinggi disekitarnya akan dirayapi.   Daunnya berbentuk bulat telur melebar, dengan pangkal berbentuk hati. Umbinya mirip kentang, dan berbeda dengan areuy carayun (Merremia peltata)yang satu genus dengannya. Umbi bidara upas berkumpul hingga 6-7 buah dan beratnya dapat mencapai 5 kg atau lebih seumpama tumbuh di tanah kering, gembur, dan tidak tergenang air. Warna kulit umbinya kuning kecoklatan, kulitnya tebal bergetah warna putih, bila kering warnanya menjadi coklat. Perbungaannya majemuk, yakni sejumlah 1-4 kuntum, membentuk payung, berwarna putih, dan apabila menjadi buah, kelopaknya tidak gugur. Bijinya berwarna kelabu sampai hitam, dengan pinggirannya yang berbulu kecoklatan.

Menurut beberapa informasi, tanaman ini berasal dari Asia Tenggara yang kemudian menyebar ke Indo-China, India, dan Asia Tenggara. Dibudidayakan di Malaysia dan Jawa, untuk dimakan umbinya.Selanjutnya tumbuhan ini menyebar ke Filipina, Ambon, dan Bali.
Habitat asal tumbuhan ini adalah di hutan. Kadang ditanam di halaman dekat pagar sebagai tanaman obat atau karena umbinya dapat dimakan. Tumbuh dengan baik di daerah tropik dari dataran rendah sampai ketinggian 250 mdpl. Perbanyakan dengan stek batang atau menanam umbinya. Selain itu, dapat pula ia diperbanyak dengan biji. Karena kebiasaannya yang memanjat, ia perlu diberi pohon inang untuk tempat merambat. Secara lokal, tumbuhan ini telah dinaturalisasi ke Madura. Untuk di Jawa sendiri, tumbuhan ini masih dapat ditemui di dataran tinggi hingga pada 500 mdpl.

Bidara upas mempunyai nama ilmiah merremia mammosa (Lour) Hall.f . naman lain Bidara Upas diantaranya  blanar, widara upas (Jawa), jujube, chinese date (Inggris). 

Bidara upas mempunyai rasa pahit dan bersifat sejuk. bahan kimia yang terkandung dalam bidara upas diantaranya damar, resin, pati, dan zat pahit. Efek farmakologis bidara upas diantaranya antiradang, menghilangkan rasa sakit, menghilangkan bengkak, pencahar, dan menetralkan racun.

Bidara upas dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya :

1. Batuk rejan

Cucu bersih 15 gr umbi segar , parut tambahkan air sebanyak 2 sendok makan, peras hasil parutan, lalu saring. Minum air yang tersaring bersama dengan 1 sendok makan madu. Ulangi sebelum tidur malam dengan dosis yang sama.

2. Berak berdahak dan berlendir

Rebus 50 gr umbi dengan 2 gelas air sampai tersisa 1/2 gelas. Tambahkan gula merah secukupnya, saring lalu minum sedikit demi sedikit sampai sembuh.

3. Diphteri

Cuci bersih 60 gr umbi segar bidara upas parut lalu peras sampai diperoleh 100 - 150 ml air perasan. Gunakan air perasan yang diperoleh untuk berkumur selama 2 - 3 menit lalu minum. Lakukan secara rutin 1 kali sehari

4. Gigitan Ular

Cuci bersih umbi segar bidara upas secukupnya lalu parut. Tempelkan hasil parutan ke bagian luka lau balut.

5. Kencing manis
Cuci bersih 50 gr umbi segar bidara upas, parut, peras. Setelah air perasan terkumpul sebanyak 50 ml, minum air perasan 1 kali sehari. Lakukan secara teratur setiap pagi.

6. Mencegah Kusta dan Kanker

Umbi bidara upas oleh banyak orang diyakini mampu mencegah penyakit kanker dan kusta. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 15 gr umbi segar bidara upas kemudian cuci bersih lalu parut. Tambahkan 2 sendok makan air matang, peras kemudian saring untuk mengambil airnya. Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam air perasan umbi bidara upas yang tersaring. Minum sekaligus air yang tersaring 2 kali sehari pagi dan sore.

7. Mengobati Luka Gores pada kulit

Apabila anda mengalami luka gores akibat terkena suatu benda untuk mengobatinya bisa menggunakan umbi bidara upas. Cara meramunya Ambil umbi bidara upas secukupnya kemudian Cuci dan iris tipis-tipis lalu tempelkan pada bagian yang terkena luka.

8. Mengobati Muntah darah dan tifus

Untuk mengatasi muntah darah dan mengobati penyakit tifus gunakan ramuan tradisional bidara upas. Cara membuat ramuannya yaitu Cuci bersih 60 gr umbi segar bidara upas lalu parut hingga halus lalu peras untuk mengambil airnya. Minum sekaligus air perasan tersebut 1 kali sehari.

9. Mengobati Radang usus buntu

Salah satu sifat dari bidara upas adalah sebagai anti radang sehingga dapat digunakan untuk mengatasi radang usus buntu. Cara meramunya Cuci bersih 15 g umbi segar bidara upas, parut, lalu peras. Saring hasil perasan, lalu minum air yang tersaring sekaligus bersama 1 sendok makan air gula. Lakukan di pagi dan sore hari sebelum makan.

10. Mengatasi Penyakit Sifilis (syphilis)

Ramuan tradisional umbi bidara upas diyakini dapat mengatasi penyakit syphilis. Cara membuat ramuannya Cuci bersih 100 gr umbi segar bidara upas kemudian parut lalu tambahkan 2 sendok makan air matang setelah itu peras dan ambil airnya dengan cara disaring. Kemudian masukkan 1 sendok makan madu ke dalam air perasan umbi bidara upas. Bagi air yang tersaring menjadi tiga bagian yang sama banyak. Minum 3 kali sehari masing-masing 1 bagian pagi, siang dan malam.

11. Mengobati kencing batu

Penyakit kencing batu memang sangat menyiksa penderitanya sehingga harus segera diobati. Nah, Untuk meluruhkan batu kandung kemih tersebut bisa menggunakan ramuan tradisional bidara upas. Cara membuat ramuannya yaitu Siapkan 10 gram umbi bidara upas, 15 gram daun keji beling dan 10 gram daun kumis kucing. ketiga bahan ini dicuci bersih, kemudian diiris-iris. langkah berikutnya, rebus semua bahan dengan 1 liter air, hingga air yang tersisa hanya 150 ml. Setelah itu biarkan airnya menjadi dingin, barulah kemudian saring. Bagi air rebusan tersebut masing-masing sebanyak 50 ml, minum 3 kali sehari pagi, siang dan malam.

12. Mengatasi luka bakar

Jika anda terkena luka bakar Untuk mempercepat proses pemulihan jaringan pada kulit bisa menggunakan umbi bidara upas. Caranya ambil umbi bidara upas secukupnya lalu Parut sampai halus, kemudian tempelkan pada pada kulit yang terkena luka bakar. Biarkan ramuan tersebut selama 30 menit, baru setelah itu dibilas dengan air bersih.

13. Mengatasi keracunan makanan

Ada sebagian orang yang menderita alergi terhadap jenis makanan tertentu, sehingga menimbulkan gejala seperti keracunan misalnya mual, pusing, dsb. Untuk mengatasi gangguan akibat alergi makanan, anda bisa menggunakan umbi bidara upas. Cara membuat ramuannya adalah Ambil umbi bidara upas secukupnya lalu Parut sampai halus kemudian peras untuk memperoleh ½ gelas sarinya. Setelah itu Minum airnya dengan segera.

14. Mengobati batuk kering dan radang tenggorakan

Radang tenggorokan dan batuk kering sangat menyiksa dan membuat aktivitas menjadi terganggu ditambah lagi Suara menjadi parau. Untuk mengatasinya gunakan umbi bidara upas. Caranya Sediakan 8 gram umbi bidara upas, 3 gram biji kapulaga, 3 lembar daun sirih, 6 gram kencur serta sedikit air. Semua bahan ditumbuk halus kemudian campur dengan air. Gunakan ramuan ini sedikit untuk berkumur dan sisanya diminum dua kali dalam sehari.

Referensi Artikel :
Tumbuhan Obat Dan Khasiatnya oleh Drs. Arief hariana

0 Response to "Khasiat Bidara Upas Untuk Batuk Rejan Berak Berdahak Dan Berlendir Diphteri Gigitan Ular Kencing Manis Kusta Luka Kulit Muntah darah Tifus Radang Usus Buntu Sipilis"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel