Khasiat Daun Anyang Anyang Untuk Mengobati Kencing Sedikit Borok Bisul Mencret Migren Sariawan

Khasiat Daun Anyang Anyang Untuk Mengobati Kencing Sedikit Borok Bisul Mencret Migren Sariawan

RIAISY BIT | Anyang anyangan kebanyakan orang menganggap adalah penyakit kencing yang keluar sedikit demi sedikit terus menerus dan jika kita paksakan keluar banyak akan terasa sakit. Daun anyang anyang adalah salah satu manfaat untuk mengobati anyang anyang tersebut. dengan nama ilmiah Elaeocarpus grandiflora pohon anyang anyang bentuk etage; tinggi 6-26 m. Daun bertangkai, berjejal pada ujung ranting, bentuk lanset, beralih demi sedikit pada tangkai, 5-20 kali 1-5 cm, gundul, seperti kulit, bergerigi beringgit tidak dalam; yang tua merah api. Tandan bunga menggantung, berbunga 4-6, panjang 2-10 cm. Tangkai bunga 3-4,5 cm. Daun kelopak merah cerah, berambut. Daun mahkota putih, pada pangkalnya dengan sisik, ke arah ujung melebar sekali dan terbagi dalam taju, panjang; 2-2,5 cm. Dasar bunga kuning, kemudian oranye. Tonjolan dasar bunga berambut halus (seperti bulu anak ayam) rapat. Benang sari seluruhnya berambut. Bakal buah bentuk telur, berambut; kepala putik tidak melebar. Buah bentuk spul, hijau pucat, panjang lk 3 cm. Di hutan di pinggir air, di bawah 500 m; sebagai pohon hias di kebun dan park. Anyang, S, Rejasa, J. Elaeocarpus grandiflorus J.E.Sm. Cat. : Jika buah diinjak, maka duri tempel pada inti buah menembus dinding buah yang lunak dan menyebarlah biji tersebut sebagaiapa yang dinamakan „kotak duri" (hoefklitten). Bagian yang digunakan Buah, kulit kayu, dan daun.

Daun anyang anyang punya rasa sangat pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung didalam anyang anyang diantaranya minyak terbang, zat samak, dan ubar merah pada bunga. Bagian bunganya mengandung saponin, zat pahit, dan elakorpit. Efek farmologis yang dimilki oleh anyang-anyang diantaranya penurun panas, antiinflamasi, dan sebagai astringen.

Bagian tumbuhan yang digunakan untuk penyembuhan penyakit, diantaranya daun, buah, getah daun, batang dan biji.

 Air kencing sedikit ayang-anyangen

Cuci bersih 2-5 g buah anyang-anyang kering, tumbuk lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusannya sekaligus secara rutin 1 gelas sehari.

 

Borok dan bisul

Cuci bersih daun muda anyang-anyang secukupnya, tumbuk halus lalu tempelkan pada kulit yang terkena borok dan bisul.
 

Mencret menahun, sakit kepala sebelah atau migren

Cuci bersih 250 g kulit batang anyang-anyang lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus 1 gelas sehari.
 

Sariawan

Cuci bersih 250 g kulit buah anyang-anyang lalu rebus dengan 2 gelas sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu gunakanuntuk berkumur. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

BACA JUGA : Khasiat Dan Resep Daun Anting Anting Untuk Pengobatan Berak Darah Mimisan Batuk Diare Muntah Darah Pendarahan Luka Luar
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus