Ternyata Belum Banyak Yang Tau Bayam Duri Obati Keputihan dan Menambah ASI, ini Manfaat Istimewa lainnya Dari Daun Bayam Duri

RIAISY BIT | Bayam Duri (Amaranthus spinosus) adalah tanaman liar yang bisa tumbuh dimana saja. Tanaman ini bisa hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Tinggi bayam duri bisa mencapai 1 meter. Tumbuhan ini dapat dikembangbiakkan melalui bijinya yang bulat, kecil dan hitam. Ciri khas bayam duri semua batang maupun tangkai daun dari pucuk sampai pangkal semuanya ditumbuhi duri duri klecil. Bayam duri tumbuh baik di tempat-tempat yang cukup sinar matahari dengan suhu udara antara 25 - 35 Celcius. Akar tanaman bayam duri sama seperti akar tanaman bayam pada umumnya, yaitu memiliki sistem perakaran tunggang.


Batang tanaman bayam duri ini kecil berbentuk bulat, lunak dan berair. Batang tumbuh tegak bisa mencapai satu meter dan percabangannya monopodial. Batangnya berwarna merah kecoklatan. Yang menjadi ciri khas pada tanaman ini adalah adanya duri yang terdapat pada pangkal batang tanaman ini.
Memiliki daun tunggal. Berwarna kehijauan, bentuk bundar telur memanjang (ovalis). Panjang daun 1,5 cm sampai 6,0 cm. Lebar daun 0,5 sampai 3,2 cm. Ujung daun obtusus dan pangkal daun acutus. Tangkai daun berbentuk bulat dan permukaannya opacus. Panjang tangkai daun 0,5 sampai 9,0 cm. Bentuk tulang daun bayam duri penninervis dan tepi daunnya repandus.
Bunga terdapat di axilaar batang. Merupakan bunga berkelamin tunggal, yang berwarna hijau. Setiap bunga memiliki 5 mahkota. panjangnya 1,5-2,5 mm. Kumpulan bunganya berbentuk bulir untuk bunga jantannya. Sedangkan bunga betina berbentuk bulat yang terdapat pada ketiak batang. Bunga ini termasuk bunga inflorencia.Buahnya berbentuk lonjong berwarna hijau dengan panjang 1,5 mm. Bijinya berwarna hitam mengkilat dengan panjang antara 0,8 – 1 mm.

Bayam duri mempunyai bannyak nama seperti senggang cucuk (Sunda) bayem eri ( Jawa) ternyak lakek (Madura) bayem kerui (Lampung), prickly amaranth (Inggris), le xian cai (Cina).

Bayam duri memiliki rasa manis, pahit dan bersifat sejuk. Beberapa gahan kimia yang terkandung dalam bayam duri diantaranya amarantinrutin, kalium nitrat, kalium oksalat, tanin, piridoksin, garam-garam fosfat, zat besi, vitamin A, C, serta K. Efek farmakologis bayam duri diantaranya, masuk meridian jantung dan ginjal, penurun panas, peluruh kemih, menghilangkan racun, menghilangkan bengkak, menghentikan diare, serta membersihkan darah. Berikut manfaat Bayam Duri Untuk Kesehatan :


1. Bisul

Cuci bersih daun bayam duri segar secukupnya lalu giling sampai halus. Campurkan madu secukupnya. Oleskan ke sekeliling bisul sampai rata lalu balut dengan perban atau kain. Ganti ramuan dan balut kembali 2 kali sehari.


2. Disentri

Cuci bersih 30 g akar bayam duri segar, tambahkan 15 g gula enau dan 1 gelas air, lalu rebus sampai tersisa 1/2 gelas. Setelah dingin, saring lalu minum rebusan 1 kali sehari sebelum makan. Lakukan selama 3 hari.


3. Keputihan

Cuci bersih 30-60 g akar bayam duri segar, tambahkan 1 sendok makan gula batu, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring lalu minum 2 kali sehari saat pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas.


4. Menambah produksi ASI

Cuci bersih 1 pohon bayam duri utuh sampai bersih, giling sampai halus. Tapalkan disekitar payudara secara merata. Ulangi 3-4 kali sehari sampai air susu lancar.


5. Radang saluran pernafasan

Cuci bersih 1/4 genggam daun bayam duri, giling sampai halus, lalu tambahkan sedikit garam dan 3 sendok makan air matang. Peras campuran bahan tersebut, lalu saring. Minum air yang sudah disaring sekaligus. Ulangi secara rutin 2 kali sehari sampai sembuh.


6. TBC kelenjar

Cuci bersih 30-60 g seluruh bagian tumbuhan bayam duri yang sudah di potong kecil-kecil, lalu rebus dengan air dan arak putih, masing-masing1,5 gelas, sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.


7. Wasir

Cuci bersih segenggam daun bayam duri segar lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, gunakan untuk menguapi dan mencuci bagian yang terkena wasir.

0 Response to "Ternyata Belum Banyak Yang Tau Bayam Duri Obati Keputihan dan Menambah ASI, ini Manfaat Istimewa lainnya Dari Daun Bayam Duri"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel