Khasiat Brotowali Untuk Mengobati Demam Gatal gatal Kencing Manis Kudis Luka Rematik

MejaPraktek.com | Brotowali yang mempunyai nama ilmiah Tinospora crispa (L) Miers dikenal sebagai tanaman obat dengan rasa yang pahit dan sejuk. Brotowali merupakan tumbuhan perdu pemanjat yang mempunyai ketinggian mencapai 2,5 meter. Batang tanaman muncul berduri semu yang lunak serupa bintil-bintil. Sedangkan daun tunggalnya bertangkai, berbentuk mirip jantung atau agak membulat dan berujung lancip. Bunganya berukuran kecil dan berwarna hijau dan bertandan semu. Buah brotowali terbentuk dalam tandan dan berwarna merah muda. Tanaman yang diduga berasal dari Asia Tenggara ini dapat ditemui tumbuh liar di hutan atau ladang. Namun karena khasiatnya, penduduk Indonesia banyak yang menanamnya di pekarangan. Penyebarannya terutama di daerah berkawasan tropis. Brotowali justru menyukai tempat yang agak panas . Diberbagai daerah diIndonesia Brotowali mempunyai nama bratawali, putrawali, daun gadel, butrowali (Jawa), Andawali (Sunda), Antawali (Bali). Sedangkan Orang Inggris menyebutnya dengan Bitter Grape, dan Sen Jin Teng untuk sebutan Orang China.

Khasiat Brotowali Untuk Mengobati Demam Gatal gatal Kencing Manis Kudis Luka Rematik

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam brotowali diantaranya alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikroretosid, zat pahit pikroretinpalmatin, kolumbin (akar), dan kokulin (pikrotoksin). Efek farmakologis brotowali, di antaranya menghilangkan sakit, penurun panas, dan melancarkan meridian.Batang terutama kulit batang, dan daun dapat dimnfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

Mengatasi Demam.


Cuci bersih batang brotowali sebesar 2 jari (10cm) lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, tambah 1 sendok makan madu, Lalu minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Mengatasi Demam karena Penyakit Kuning.


Cuci bersih 1 jari batang brotowali lalu potong-potong menjadi beberapa bagian. Rebus potongan brotowali dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Campur madu secukupnya llau minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Mengatasi Gatal pada Badan.


Cuci bersih 20 cm batang brotowali lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, dan menjadi hangat-hangat kukuh, gunakan air rebusan ini untuk mandi.

Mengobati Kencing Manis (Diabetes).


Cuci dan potong-potong 10 helai daun sambiloto, 10 helai daun kumis kucing, dan 6 cm batang brotowali. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas setelah makan.

Mengobati Penyakit Kudis.


Cuci batang brotowali sebesar 3 jari, belerng sebesar biji kemiri, lalu tumbuk halus. Remas hasil tumbukan dengan minyak kelapa secukupnya lalu oleskan 2 kali sehari pada kulit yang terserang kudis.

Mengobati Luka.


Tumbuk daun brotowali secukupnya lalu tempelkan pada bagian luka. Selain itu, rebus 10 cm batang brotowali dengan 1 liter air sampai mendidih. Gunakan air rebusan saat hangat untuk mencuci luka setiap mengganti tumbukan daun brotowali. Ganti tumbukan 2 kali sehari.

Mengobati Rematik.


Cuci dan potong 1 ibu jari batang brotowali menjadi beberapa bagian lalu rebus dengan 3 gelas air. Setelah tersisa 1,5 gelas, dinginkan lalu saring. Tambahkan 1 sendok madu ke dalam air saringan lalu minum 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

0 Response to "Khasiat Brotowali Untuk Mengobati Demam Gatal gatal Kencing Manis Kudis Luka Rematik"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel