Khasiat Oyong Blustru Gambas untuk batuk disertai sesak nafas bisul haid tidak teratur sakit pinggang asma

Khasiat Oyong Blustru Gambas untuk batuk disertai sesak nafas bisul haid tidak teratur sakit pinggang asma

RIAISY BIT | Buah Blustru Gambas atau oyong dengan nama latin Luffa cylindrica (L.) M. Roem, dishrag gourd, sponge gourd, merupakan tumbuhan yang merambat dan melilit dengan tinggi bisa mencapai kurang lebih 10 m. Berbagai daerah mempunyai nama berbeda beda seperti blestru, blustru, butru (Jawa), lopang, oyong (Sunda), Ketela Manis /Gambas (Melayu), hurung jawa (palembang) , dodahala (Halmahera) Sedangkan nama Chinanya adalah Si Gua Luo.

Blustru bisa tumbuh dimana saja , di pekarangan rumah dan di ladang yang penting ada inang tyang bisa merambat atau bisa dililiti Bunga nya berekelamin tuggal, hanya terdapat pada satu pohon dan bermahkota kuning. Buah biasanya bergantungan atau beregeletak dimana tumbuhan itu merayap.

Buah blustru biasa diolah sebagai sayur direbus atu di masak dengan berbagai olahan. Dengan bumbu masakan dapur yang sealakadarnya pun bisa nikmat disantapnya ketika dihadapkan di rumah sudah tidak tersedia apa-apa, tumbuhan ini selalu menjadi solusi nya. selain itu juga, tumbuhan ini pun mempunyai banyak manfaat dalam duni kesehatan.


Berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuan, sehingga manfaat tumbuhan ini dalam kesehatan sudah diketahui. Bagian yang dimanfaatkannya diantaranya yaitu buah, biji, daun, akar, dan batang nya. Blustru mempunyai rasa manis adan sejuk, kecuali pada akarnya yang mempunyai rasa pahit, bersifat dingin dan mengandung racun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam blustru, diantaranya saponin, lufein, citrulline, atau cucur biaten, lemak, protein, xylan, vitamin B dan C minyak lemak squalene, a-spinasterol, arginin, lisin, alanin,galaktosa, serta manitosa. Efek farmakologis blustru diantaranya mengatasi susah buang air besar, anti radang dan anti batuk. Berikut resep selengkapnya :

1. batuk disertai sesak

Cuci 10 - 15 gr bunga blustru lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas . saring tambahkan 1 sendok makan madu, aduk rata lalu minum 3 kali sehari.

2. Bisul tidak kunjung pecah

Cuci bersih akar blustru yang tua secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Gunakan air rebusan untuk mengompres bisul. lakukan sampai teratur sampai bisul maatng dan pecah denghan sendirinya.

3.Haid tidak teratur

Cuici bersih 4 jari daging buah blustru, parut lalu remas remas tambahkan garam secukuponya dan 1/2 cangkir air matang lalu peras. saring hasil parutan untuk diminum sekaligus. lakukan pagi, siang dan sore dengan dosis yang sama.

4. sakit Pinggang

Cuci bersih akar secukupnya , bakar dengan alas genting sampa hangus, lalu tumbuk sampai menjadi bubuk. Ambil 10 gr bubuk campur dengan 1/2 sloki arak lalu minum sekaligus 1 kali sehari

5. Sesak nafas atau asma

Cuci 5 helai daun muda blustru, lalu letakkan diatas nasi yang masih panas. daun yang layu dimakan sebagai lalap bersama nasi. lakukan 1 kali sehari

Larangan : Wanita hamil dan penderita fungsi limpa lemah dilarang minum semua ramuan diatas.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus