Khasiat Tanaman Boroco Untuk Pengobatan Disentri Hipertensi Infeksi Saluran Kencing Infeksi Mata Muntah darah radang Kornea

Khasiat Tanaman Boroco Untuk Pengobatan Disentri Hipertensi Infeksi Saluran Kencing Infeksi Mata Muntah darah radang Kornea

RIAISY BIT| Boroco (Celosia Argentea) adalah tanaman yang tumbuh liar seperti di semak semak, pekarangan rumah atau dijalanan. batangnya berbentuk bulat kasar  dengan cabangnya yang banyak berwarna hijau dan merah dengan ketinggian 30 sampai 100 cm. Daunya berbentuk oval dengan ujung yang runcing dan tepinya bergerigi, bunga berbentuk bulir dengan panjang 3 - 10 cm dengan warna keunguan.

Berbagai nama Boroco diantaranya bayam bludu (Padang),  jawer hayam (Sunda) jengger ayam 9 kawa Tengah),  janggar siap (Bali), Untuk nama Inggris quail grass dan nama China Qing Xiang Zi.

Boroco mempunyai rasa pahit dan bersifat sejuk. Sampai saat ini belum ada penelitian yang mengungkap kandungan kimia Boroco, sedangkan efek farmakologisnya adalah anti hipertensi dan anti radang mata.

bagian biji, bunga atau seluruh bagian tumbuhan boroco baik segar atau kering dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

Mengobati Disentri.

Cuci bersih 30-60gr semua bagian tumbuhan boroco lalu rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusannya 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Mengatasi Hipertensi.

Cuci 30gr biji boroco sampai bersih lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Bagi air rebusannya menjadi 2 bagian sama banyak lalu minum 2 kalio sehari, masing-masing 1 bagian.

Mengobati Infeksi Saluran Kencing.

Cuci bersih 30-60gr semua bagian tumbuhan boroco. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum secara rutin 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas. Lakukan secara rutin setiap pagi, siang, dan sore hari.

Mengobati Infeksi Mata Luar dan Dalam.

Cuci bersih 30-60gr biji boroco lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa1,5 gelas. Minum air rebusannya 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Mengatasi Keputihan.

Rebus 60gr bunga boroco dan 60gr daging sapi dengan 3 gelas air sampai matang dan airnya tersisa 1,5 gelas. Makan dagingnya sekaligus dan Minum air rebusannya3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Mengobati Muntah Darah.

Cuci bersih 30-60gr bunga boroco segar dan 60gr daging segar. Buat sup boroco dari bahan tersebut lalu makan sekaligus 1 kali sehari.

Mengobati Radang Kornea (keratitis).

Cuci bersih 15gr biji bororco dan 4 buah hati ayam. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Makan hati ayamnya dan saring air rebusannya. Minum air rebusannya 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas. Lakukan secara rutin setiap pagi, siang, dan sore.

Larangan: Penderita tekanan bola mata tinggi (glukoma) dilarang minum ramuan ini.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus