Manfaat Binahong Untuk Mengobati Maag Gagal Ginjal Bengkak Kandung Kemih

RIAISY BIT|Binahong adalah jenis tumbuhan yang menjalar yang tidak memiliki batang yang mampu menopang pertumbuhannya, sedangkan sifat tumbuhnya selalu mengikuti sinar matahari. Binahong memiliki Nama latin Anredera cordifolia (Ten) Steenis) atau dalam bahasa Cina dikenal dengan nama Deng San Chi sedangkan dalam Bahasa Inggris disebut heartleaf maderavine madeine.. berbagai nama Binahong daerah di Indonesian mempunyai julukan diantaranya gandola (Sunda),  gendola (bali), Lembayung (Minangkabau), genjrot, gedek, uciuci (jawa),  kandula (Madura), tatabuwe (Sulawesi Utara) , poilo (Gorontali), kandola (timor)Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia namun baru-baru ini dikenal luas oleh masyarakat.sebagai tanaman obat.

Binahong biasa menjalar atau merambat dengan bentuk batang lunak dan saling membelit. batangnya keras dengan permukaan hamus dan berwarna kemerahan . Jika sudah tua warnanya menjadi putih kusam. panjang lilitan batang bisa mencapai 20 - 30 meter, pangkal batang mempunyai diameter 2 - 3 cm. Jika sudah tumbuh besar akan muncul umbi yang tumbuh dibawah daun berbentuk bulat agak kasar dengan diameter 1 - 3 mm. 


Kandungan kimia yang terdapat pada binahong antara lain flavonoid, asam oleanolik, protein, asam askorbat dan saponin. Berbagai kandungan tersebut menyebabkan daun binahong sebagai anti bakteri. antibiotik, antivirus, antiinflamasi, analgesik, dan antioksidan. Selain itu, daun binahong juga berkhasiat untuk meningkatkan daya tubuh, memperkuat daya tahan sel terhadap infeksi sekaligus memperbaiki sel yang rusak, melancarkan dan menormalkan peredaran darah serta tekanan darah, mencegah stroke, mengatasi diabetes, serta mengobati penyakit maag. Bagian dari tanaman binahong yang dapat digunakan sebagai obat adalah daunnya. Berikut pemanfaatan daun binahong dalam pengobatan beberapa penyakit.

Maag


Rebus 10 lembar daun binahong bersama dengan 1 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan tersebut, lalu minum tiga kali sehari. Cara lainnya, buat jus dari 10-15 lembar daun binahong dengan menambahkan setengah gelas atau 100-200 ml air.


Gagal Ginjal


Rebus 10-15 g daun binahong bersama dengan 1 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut tiga kali sehari (maksimal empat kali) sebelum makan.


Bengkak Kandung Kemih


Rebus 10 lembar daun binahong dan 5 gram daun kumis kucing. Masukkan kedalam air  4 gelas hingga mendidih dan tersisa sekitar tiga gelas. Minum air rebusan tersebut untuk satu hari. Lakukan setiap hari.

0 Response to "Manfaat Binahong Untuk Mengobati Maag Gagal Ginjal Bengkak Kandung Kemih"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel