Khasiat Bunga Bugenvil Untuk Mengobati Bisul Biang Keringat Hepatitis Haid Tidak Teratur Keputihan

RIAISY BIT | Bunga Bugenvil atau Bougenville adalah tanaman bunga yang tumbuh sebagai hiasan dengan daun bunga yang berwarna warni. Tanaman bunga ini tumbuh duri disepanjang batangnya. Bunga yang berwarna warni membuat tanaman bugenvil dijadikan sebagai hiasan bunga ditaman. Bougenville dibudidayakan melalui batangnya bahkan untuk mendapatkan bunga yang berwarna warni dalam satu pohon bisa dilakukan dengan menyeteknya. Bougenville mempunyai nama ilmiah Bougenvillea globra choisy, orang melayu menyebutnya dengan nama bunga kertas, orang cina memberi nama Ye Zi Hua.


Bugenfil mempunyai rasa pahit, kelat dan hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bufenfil diantaranya betanidin, iso betanidin, 6-o- β-saphoroside, dan 6-o-rhamnosyshophoroside. Efek farmakologis bugenfil diantaranya melancarkan peredaran darah. Bunga dan batang bugenfil dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

1. Bisul


Cuci bersih bunga bugenfil dan daun cocor bebek (kalanchoe pinnata) secukupnya. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul pecah. ramuan ini hnaya digunakan untuk obat luar

2. Biang keringat dan gatal gatal (pruritis)


Cuci bersih bunga bugenfil daun sirih (piper betle) dan daun lidah buaya (Aloe vera) yang sudah dikupas masing masing secukupnya. Rebus bahan semua itu sampai mengental lalu dinginkan. Oleskan cairan kental (gel) ini pada biang keringat dan bagian yang gatal. lakukan secara teratur dan sesuai kebutuhan sampai biang keringa dan gatal gatal hilang. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar

3. Hepatitis


Cuci 15 gr batang bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. saring air rebusannya lalu minum saat hangat sebanyak 1 gelas sehari.

4. Haid tidak teratur


Cuci bersih 9 - 15 gr bunga bugenfil dan 15 gr umbi rumput teki ( Cyperus rotundus) sampai bersih. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. saring air rebusan lalu minum 1 gelas sehari.

5. Keputihan (leucorrhea) dan nyeri haid (dysmenorrhea)


Cuci bersih 9 - 15gr bunga bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. saring air rebusan lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

6. Sakit waktu haid dan darah haid menggumpal


Cuci bersih 19 gr bunga bugenfil, 15 gr bunga mawar dan 70 gr daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai 1 gelas lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari masing masing 1/2 gelas

7. Terlambat haid


Cuci sampai bersih 15 gr bunga bugenfil, 15 gr temu hitam (Curcuma aeroginosa) dan 90 gr daun lidah buaya (Aloe vera) yang tealh dikupas. Rebus ketiga bahan bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari masing masing 1/2 gelas.

0 Response to "Khasiat Bunga Bugenvil Untuk Mengobati Bisul Biang Keringat Hepatitis Haid Tidak Teratur Keputihan"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel