Khasiat Bunga Matahari Untuk Mengobati Disentri Kencing Batu Radang payudara Rematik sakit Kepala Susah Buang Air besar dan kecil

Khasiat Bunga Matahari Untuk Mengobati Disentri Kencing Batu Radang payudara Rematik sakit Kepala Susah Buang Air besar dan kecil

RIAISY BIT | Siapa yang tidak kenal bunga matahari, tanaman yang dibudidayakan selain untuk tanaman bunga, penghasil minyak matahari juga untuk makanan atau snack kwaci. Kelompok ini memiliki jenis bunga dengan cangkang biji tipis. Dengan kandungan minyak sekitar 48 hingga 52%  jadi untuk menghasilkan 1 liter minyak dibutuhkan sekitar 60 tandan bunga majemuk.Jenis bunga ini biasanya memiliki warna yang bervariasi dan memiliki banyak cabang dan bunga. Ada yang menaruhnya di vas atau pot tanaman hias. Namun ada juga yang memotongnya dan menjadikannya karangan bunga papan atau buket bunga.

Bunga matahari mempunyai nama ilmiah heilanthus annuus L. Orang minang menyebutnya dengan bunga panca matoari, atau bunga ledom sebuatan untuk masyarakat pulau roti. Orang china menyebutnya Xiang ri kui atau dalam bahasa inggris disebut sunflower.


Bunga matahari bersifat rasa lembut dan netral. bagian bunga mengandung bahan kimia seperti quericimeritrin, asamoleanalot, helianthoside A, B dan C Serta asam echinocystat. Bagian biji matahari mengandung bahan kimia seperti β-sitosterol, prostaglandin E, asam klorogenik, asam quinat, phytin, dan 3,4-benzopyrene, Dalam 100 g minyak bunga matahari terdapat lemak jenuh 9,8 %lemak tak jenuh sepereti oleat 11,7% dan linoleat 72,9%;Serta tidak mengandung kolestrol.

Efek Farmokologis bunga matahari diantaranya menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa yeri, antidisentri, merangsang pengeluaran cairan tubuh, seperti hormone dan enzim, merangsang pengeluaran campak, anti radang anti malaria, peluruh air seni, pereda batuk, merangsang energy vital, menenangkan liver, serta menghilangkan rasa yeri waktu buaang air kemih.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Seluruh bagian tumbuhan bunga matahari yang dikeringkan dapat di gunakan untuk mengobati beberap penyakit sebagai berikut. 

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

1. Disentri


Cuci bersih 30 g biji bunga matahari lalu rebus dengan 1 gelas air panas. Tambahkan 30 g tumbuhan patikan kebo dan gula batu secukupnya, lalu tim selama 1 jam. Minum air rebusan biji saat hangat sekaligus 1 gelas sehari.

2. Kencing batu


Cuci bersih 25 g bunga matahari,25 g labu bligo, (bemacasa hispida Cogn.), 25 g daun keji beling, dan 25 g rambut jagung. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum airnya sekaligus saat masih hangat 1 gelas sehari.

3. Radang payudara (mastitis)


Potong kepala bunga matahari kering tanpa biji secukupnya, sangria sampai halus, lalu digilingkan sampai menjadi bubuk, menjaga keawetan, simpan dalam toples. Seduh 10-15 g bubuk bunga dengan 1 gelas air panas. Tambahkan gula dan madu, masing-masing 1 sendok makan, lalu minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari dengan dosis yang sama, Setelah pertama kali minum,diusahakan supaya berkeringat, misalnya tidur mengenakan selimut.

4. Rematik


Rebus kepala bunga matahari atou bagian tengah bunga matahari secukupnya bersama 15 g jahe sampai mendidih dan mengental. Tempelkan ramuan ke bagian yang sakit.

5. Sakit kepala


Cuci 50 g bunga matahari, 20 g jahe,dan 1 butir ayam utuh. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan setelah makan dan secara teratur.

6. Susah buang air besar dan kecil


Rebus 15 g akar segar bunga matahari dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas lalu saring. Minum sekaligus saat hangat 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas setelah makan dan secara teratur.

Kontra Indikasi : Wanita hamil dilarang minum ramuan bunga matahari
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus