Khasiat Bunga Mawar Untuk Mengobati Batuk Darah Campak Haid Tidak Teratur Keputihan

Khasiat Bunga Mawar Untuk Mengobati Batuk Darah Campak Haid Tidak Teratur Keputihan

RIAISY BIT | Bunga mawar atau rosa chinensius Jacq. adalah bunga yang ditanam sebagai tanaman hias.Umumnya mawar memiliki tangkai dengan warna keabu-abuan dengan panjang tangkai kurang lebih 2,5 cm, memiliki benang sari yang bertangkai, putiknya berbentuk bulat dengan panjang 0,5 cm serta warnanya yang merah ataupun putih dengan bau yang harum. Jika pada pembahasan sebelumnya kita membahas tentang morfologi bunga sepatu, maka kali ini kita akan membahas tentang morfologi bunga mawar.

Beberapa daerah mempunyai nama mawar dengan sebutan berbeda seperti orang sunda menyebutnya dengan bunga ros. Di negara china disebut dengan yue ji hua sedangkan di Inggris disebut dengan rose flower.


Tumbuhan mawar mempunyai rasa manis dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bunga mawardi antaranya sitral, sitroneol, geraniol, linalo, nero, eugenol, feniletil, kohok, farnesol, nonilaldehida. Efek farmakologis bunga mawar di antaranya melancarkan sirkulasi darah, menormalkan sikius haid, antiradang, menghilangkan bengkak, dan menetralisir racun.

Berikut Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan :

Mengobati Batuk darah


Caranya: Seduh 10 g bunga mawar kering dengan 1 cangkir air panas. Tambahkan gula batu secukupnya, aduk rata, lalu tutup cangkirnya. Setelah 30 menit, minum air seduhannya 2 kali sehari dengan dosis dan cara yang sama.

Mengobati Campak


Caranya: Cuci bersih 15 kuntum bunga mawar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Dinginkan, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

Haid tidak teratur


Caranya: Seduh 20 g bunga mawar segar dengan 1 gelas air panas untuk diminum 2 kali sehari.

Mengatasi Keputihan


Caranya: Rebus 9—15 g akar bunga mawar kering dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air saringannya sekaligus ½ gelas sehari.

Penurunan bagian uterus


Setelah melahirkan (prolapsus uteri) Lumatkan 30 g bunga mawar kering. Tambahkan gula batu secukupnya dan 1 cangkir arak merah, lalu tim. Minum hasil tim 1 kali sehari.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus