Khasiat Bunga Pagoda Untuk Mengobati Koreng berdarah luka terpukul susah tidur sakit punggang rematik TBC

RIAISY BIT | Bunga Pagoda (Clerodendrum japonicum Thunb.Sweet) merupakan tanaman hias yang biasa ditanam di pekarangan rumah. Atau sebagai peneduh di tepi jalan dan pagar rumah. Diberi nama bunga pagoda karena bunganya yang berumpun membentuk seperti pagoda atau piramid .Sama seperti bunga matahari, selain sebagai kembang taman, bunga pagoda juga berkhasiat sebagai tanaman obat tradisional. Bagian tanaman yang bermanfaat dan sering dijadikan obat adalah akar, daun dan bunganya. 

Bunga pagoda dapat tumbuh dengan baik di kebun, pekarangan, atau pinggir jalan. Cara menanamnya sangat mudah, yaitu dengan metode stek batang. Bunga pagoda sering dijadikan sebagai tanaman hias, yang memiliki bentuk lancip mirip piramid. Tanaman pagoda memiliki batang yang dipenuhi oleh rambut halus berwarna putih. Bunga pagoda digolongkan sebagai tanaman obat berkhasiat, disebabkan efektifitasnya dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit. 


Bagian akar bunga pagoda memiliki rasa pahit dan dingin, sedangkan bagian daun memiliki rasa manis, asam, agak kelat serta bersifat netral. Sementara itu, bagian bunganya memiliki rasa manis dan bersifat hangat. Bahan kimia yang terkandung dalam bahan kimia tumbuhan bunga pagoda belum banyak diketahui, tetapi beberapa efek farmokologis yang sudah diketahui adalah antiradang, peluruh kencing, menghilangkan bengkak, dan menghisap nanah.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bagian bunga, batang, daun, dan akar yang dikeringkan dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit.

Berikut khasiat bunga pagoda untuk kesehatan :

Koreng berdarah


Cuci berasih bunga pagoda secukupnya lalu giling sampai halus,Campurkan madu secukupnya,lalu aduk sampai rata sehingga membentuk salep.Oleskan salep daun bunga pagoda ini pada tempat yang berkoreng.

Luka terpukul


Cuci bersih 30-90 g akar bunga pagoda lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas.Setelah dingin,saring air rebusan,lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Susah tidur (insomnia)


Cuci bersih 30-90 g akar bunga pagoda dan 15 g jahe dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin,saring air rebusannya,lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Sakit pinggang dan rematik terasa ngilu


Cuci 30-60 g akar bunga pagoda dan 10 g jahe merah.Rebus bersama gula secukupnya dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin ,saring air rebusan lalu minum 1 gelas sehari.

TBC paru yang disertai batuk dan batuk berdahak


Rebus 30-90 g akar kering bunga pagoda dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.setelah dingin,saring air rebusannya,lalu minum 2 kali sehari,masing-masing ½ gelas.

Wasir berdarah


Rebus 60 g bunga atou 60 g akar kering dengan 200 g usus sapi dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas.Minum air rebusan 2 kali sehari,masing-masing 1 gelas.makan usus sapi sekaligus habis.

0 Response to "Khasiat Bunga Pagoda Untuk Mengobati Koreng berdarah luka terpukul susah tidur sakit punggang rematik TBC"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel