Khasiat Buni Untuk Mengobati jantung berdebar penutup luka menambah darah membersihkan darah kotor sipilis darah tinggi

RIAISY BIT | Buah Buni (antidesma bunius (L) spreng merupakan buah yang sering kita kenal sebagai buah manisan atau untuk campuran rujak.Buah buni tipe buah berdaging yang paling umum ditemui dan dagingnya banyak yang bisa dimakan.

Tinggi pohon tanaman ini bisa mencapai sekitar 15-30 m. Pohon Buni tumbuh dan banyak tersebar di kawasan Asia Tenggara, Australia, dan Indonesia tentunya. Di dataran Jawa, tanaman ini bisa ditemukan di hutan-hutan dengan ketinggian maksimal 1.400 meter di atas permukaan air laut (dpl).Daun tanaman ini berbentuk tunggal, memiliki tangkai yang pendek, dan berbentuk seperti telur yang lonjong. Panjang daunnya antara 9-25 cm, bagian tepiannya agak bergelombang, dan ujungnya meruncing. Daun mudanya berwarna hijau muda dan ketika sudah tua berubah menjadi hijau tua. Tanaman ini berbunga dalam tandan, keluarnya dari ketiak atau pada bagian ujung percabangannya.


Buahnya berbentuk kecil, elips, dan berwarna hijau. Ketika sudah masak, warna buah akan berubah menjadi ungu kehitaman dengan rasa yang manis dan sedikit asam.

Selain disebut wuni bagi orang Jawa, buah buni juga disebut dengan burneh bagi orang Madura dan bune tedong bagi masyarakat Sulawesi. Buni dalam bahasa inggris adalah chinese laurel sedangkan orang Chine menyebutnya dengan u ye cah.

Buni mempunyai rasa asam dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam buni diantaranya saponin, tanin,  flavonoid dan friedelin. Kulit batangnya mengandung alkaloida yang beracun sehingga jumlah penggunaannya harus diperhatikan. Efek farmakologis buni, di antaranya menghilangkan haus, menghilangkan racun, meluruhkan keringat, dan meningkatkan sirkulasi darah. Buah, daun, dan ranting buni dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

Jantung berdebar


Cuci bersih 25 butir buah buni masak, 6 helai daun muda kaca piring(Gardenia jasminoides Ellis.), 10 helai daun sembung (Blumea balsamifera  L.), kulit kayu manis sebesar 1 jari, dan jahe sebesar ½ jari. Rebus semua bahan tersebut dengan 4 gelas air. Tambahkan gula enau sebesar 2 jari yang telah dicuci dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah air rebusannya tersisa 2 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Penutup luka

Tumbuk 10 lembar daun buni sampai halus, tempelkan ke tempat luka, lalu balut dengan kain atau perban. Ganti tumbukannya 2 kali sehari lalu balut kembali.

Menambah darah dan membersihkan darah kotor

Cuci bersih 50 butir buah buni masak, 2 jari asam kawak , dan ¾ jari rimpangkunyit. Tumbuk semua bahan sampai halus, tambahkan ½ gelas air matang,  1 sendok makan madu, lalu aduk rata. Peras ramuan, lalu saring. Minum sekaligus air saringan yang diperoleh 2—3 kali sehari.

Sifilis

Cuci bersih 50 butir buah buni masak, 50 helai daun sambiloto, 7 helai daunkeji beling, 10 helai daun paria hutan, to helai daun pegagan, dan 1 jari batang brotowali. Potong-potong semua bahan, lalu rebus dengan 4 gelas  air. Tambahkan 3 jari gula enau ke dalam rebusan. Setelah air rebusan tersisa 2 gelas, dinginkan, lalu bagi menjadi 3 bagian yang sama banyak. Minum ramuan 3 kali sehari masing-masing 1 bagian.

Tekanan darah tinggi

Cuci bersih 30 butir buah buni masak lalu kunyah sampai halus. Telan daging buahya dan buang bijinya. Setelah selesai mengunyah dan menelan, segera minum 1 gelas air hangat. Lakukan hal yang sama 2—3 kali sehari.

0 Response to "Khasiat Buni Untuk Mengobati jantung berdebar penutup luka menambah darah membersihkan darah kotor sipilis darah tinggi"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel