Khasiat Cakar Ayam Untuk Mengobati Hepatitis Perut Busung Batuk Radang Paru Paru Kanker Tulang Patah

RIAISY BIT | Cakar ayam (Selaginella doederleinii) mempunyai banyak nama seperti rumput solo, cemara kipas gunumg, paku rane (sunda), tai lantuan (Madura), usia (Ambon). Dalam bahasa Inggris disebut dengan Scrawl sedangkan dalam bahasa China di sebut shi shang be.

Cakar Ayam adalah tanaman jenis paku pakuan memiliki batang tegak dengan tinggi sekitar 15-35 cm dan akarnya keluar pada percabangan. Tanaman paku cakar ayam memiliki daun yang kecil-kecil dengan panjang 4-5 mm, lebar 2 mm, berbentuk jorong dengan ujung meruncing serta pangkal yang rata. Salah satu ciri khas lainnya adalah dari warna daun, di mana di bagian atas hijau tua sedangkan bagian bawah hijau muda. Daun tersusun di kiri-kanan batang induk sampai ke percabangannya yang menyerupai cakar ayam dengan sisik-sisiknya .  tanaman ini tumbuh liar di tepi-tepi sungai, batu-batuan basah dan di dinding tebing yang basah, dari ketinggian 400-750 meter diatas permukaan laut.


Dalam farmakologi china disebutkan tumbuhan cakar ayam memiliki rasa manis dan bersifat hangat. Bahan kimia dalam cakar ayam belum banyak diketahui tetapi beberapa efek farmakologis cakar ayam yang sudah diketahui di antaranya antipiretik, antitoksin, antikanker, menghentikan pendarahan, dan pembersih darah.

Seluruh bagian tumbuhan, baik kondisi kering maupun segar, dapatdimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut ini.

Hepatitis, perut busung (ascites), pengecilan hati (sirosis), dan infeksi akut saluran kencing


Cuci bersih 15—30 g seluruh bagian tumbuhan kering cakar ayam. Rebusdi atas api kecil bersama 5 gelas air selama 3—4 jam sampai mendidih, lalu  saring. Minum air rebusan untuk 3—5 kali sehari sampai habis.

Infeksi saluran napas akibat batuk, radang paru, radang amandel (tonsilitis), serak, dan bronkhitis


Cuci bersih 30 g seluruh bagian tumbuhan cakar ayam di atas api kecilbersama 5 gelas air selama 4 jam lalu dinginkan. Saring air rebusannya lalu  minum air rebusan beberapa kali sampai habis. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

Kanker (kanker rahim, kanker nasopharynx, kanker paru)


Cuci bersih 60 g seluruh bagian tumbuhan cakar ayam, rebus di atas api kecil bersama 5 gelas air selama 3—4 jam. Setelah dingin, saring, lalu minum  beberapa kali sampai habis. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

Tulang patah atau retak, dan rematik


Cuci bersih 15—30 g seluruh bagian tumbuhan cakar ayam, rebus di atasapi kecil bersama 5 gelas air selama 3—4 jam lalu dinginkan. Saring air  rebusannya lalu minum air rebusan beberapa kali sampai habis. Untuk obat luar, lumatkan seluruh bagian tumbuhan cakar ayam secukupnya, lalu tempelkan ke tempat yang patah. Obat luar ini dilakukan jika patahnya tertutup dan posisi tulang baik.

0 Response to "Khasiat Cakar Ayam Untuk Mengobati Hepatitis Perut Busung Batuk Radang Paru Paru Kanker Tulang Patah"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel