Manfaat Khasiat Ceguk Untuk Mengobati Penyakit Cacingan Jamur Kulit Sakit Kepala Sakit Telinga

RIAISY BIT | Tumbuhan ceguk adalah jenis tumbuhan perdu dimana pada awalnya ditemukan di Myanmar, kemudian menyebar ke segala penjuru dunia. Sebelum mengupas manfaat daun ceguk untuk kesehatan, sebaiknya kita mengenal ciri-ciri dan kandungan dari tanaman ini. Ceguk biasanya tumbuh liar di hutan atau ladang, tetapi sebagian orang menanamnya sebagai bunga hias. Tumbuh dengan memanjat hingga mencapai 8 meter, dengan batang berduri. Rambut halus biasanya tumbuh pada daun dan ranting yang masih muda, warnanya coklat kekuningan. Bunganya memiliki 5 lembar mahkota (petal), yang berbau wangi. Warna bunga berubah dari putih bercampur merah, menjadi keunguan. Bunga ini mempunyai tangkai yang panjang.


Geguk ( Quisqualis indica L.) mempunyai nama lain diantaranya wudani (melayu), bidani (Sunda), rhabet dani (Madura), ceguk (Jawa), tigao (Bugis). Untuk nama asing / Bahasa Inggris adalah rangoon creeper (Inggris), dan nama China shi jun zi.

Tumbuhan ceguk memiliki rasa manis, bersifat hangat dan beracun (toksik). Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam buah ceguk, diantaranya potassium quisqualata, lemak jenuh trigonclline, dan puridine. Kulit buah dan daun terdapat potassium quisqualata. Bunga mengandung cyanidine monoglycoside. Sementara itu, daun dan tangkainya mengandung tanin, saponin, kalsium oksalat, lemak peroksida, dan protein. Efek farmakologis ceguk, di antaranya sebagai obat cacing, membantu pencernaan, dan memperkuat limpa.

Bagian biji, buah masak yang dikeringkan, akar, dan daun dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebagai berikut.

Ascariasis (cacing gelang)


Tumbuk 3—5 butir biji ceguk lalu berikan pada anak-anak untuk dimakan. Untuk orang dewasa, rebus 2 jari akar ceguk dengan 2 cangkir air. Setelah tersisa 1 cangkir, tambahkan gula jawa secukupnya lalu minum pagi hari sebelum makan.

Ankylostomiasis (penyakit karena cacing tambang)


Cuci 50 butir biji ceguk sampai bersih lalu digiling halus. Seduh dengan ½ cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum saat hangat di malam hari sebelum tidur.

Ozyuriasis (cacing kremi)


Sangrai biji ceguk sampai matang, lalu makan dengan cara dikunyah. Lakukan ½ jam sebelum makan. Untuk anak kecil, sangrai biji ceguk sebanyak 3—15 butir/hari, sedangkan untuk dewasa 15—30 butir/hari. Dosis tersebut dimakan 3 kali sehari. Lakukan selama 15 hari.

Penyakit jamur di kulit


Giling 3—9 butir buah ceguk sampai halus lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Balurkan di bagian yang terkena jamur secara rutin.

Sakit kepala


Lumatkan daun ceguk secukupnya lalu tapalkan pada pelipis.

Sakit telinga


Cuci bersih daun ceguk secukupnya, tumbuk halus, lalu peras. Teteskan air perasan pada telinga yang sakit sebanyak 1—2 tetes.

0 Response to "Manfaat Khasiat Ceguk Untuk Mengobati Penyakit Cacingan Jamur Kulit Sakit Kepala Sakit Telinga"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel