Manfaat Khasiat Cemplonan Untuk Mengobati Bisul Demam Dan Herpes

RIAISY BIT | Cemplonan (Drymaria cordata Willd) merupakan tanaman herba yang hidup menahun dan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Daunnya yang memiliki tekstur halus dan lembut ini ternyata berguna untuk mengobati sejumlah penyakit dan masalah kesehatan. Mungkin anda akan terpesona saat melihat bunganya yang mungil dan cantik. Di balik daya tarik tanaman ini, tersimpan khasiat untuk pengobatan. Nama ilmiah dari cemplonan adalah Drymaria diandra atau Drymaria cordata, tergolong dalam keluarga Caryophyllaceae. Cemplonan dalam bahasa Jawa disebut randa nunut. Nama lain dari tanaman ini seperti rekere nindu, sirempas bide, jakut ibun, piti-piti, angling, dan kantingan. Ciri-ciri daun cemplonan Randa nunut memiliki batang pohon yang menjalar, merambat hingga mencapai 1 meter dengan warna hijau. Daunnya memiliki permukaan berwarna hijau kebiruan, dengan lapisan lilin yang halus. Bunga cemplonan berbentuk payung, dengan kelopak menyerupai corong yang bercangap. Mahkota bunga bentuknya mirip bintang, dengan warna putih. Buah cemplonan berbentuk lonjong, diselimuti oleh selaput buah dan warnanya hijau. Biji tanaman berwarna hitam, berbentuk bulat dan kecil. Sedangkan akar tanaman berwarna putih.


Beberapa daerah di Indonesia memberi nama cemplonan dengan sebutan lain seperti :  sirempas bide (Batak); piti-piti (Makassar); jukut ibun (Sunda); angleng, kantingan, randa nunut, selaton, cebungan, cemplonan (Jawa); rekere nindu (Madura).

Sifat tumbuhan cemplonan belum banyak diketahui, tetapi beberapa bahan kimia yang terkandung dalam cemplonan, di antaranya alkaloid dan polifenol.Efek farmakologis cemplonan, di antaranya penurun panas dan penyembuh  urus-urus.


Seluruh bagian tumbuhan cemplonan dapat dimanfaatkan untuk mengobatibeberapa penyakit berikut.

Bisul


Tumbuk daun cemplonan segar secukupnya sampai halus lalu tempelkan pada bagian yang terkena bisul.

Demam dan urus-urus


Cuci bersih 25 g daun cemplonan segar, tumbuk sampai halus, lalu peras. Saring air perasan yang diperoleh lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Herpes


Cuci bersih seluruh bagian tumbuhan cemplonan secukupnya, tumbuk sampai halus, lalu rekatkan hasil tumbukan dengan nasi. Tumbuk lagi sampai halus, bentuk bulat dari hasil tumbukan, bungkus plastik, lalu letakkan ke dalam kulkas. Tempelkan ke bagian yang terkena herpes sesudah mandi pagi dan sore lalu balut dengan kain atau perban.

0 Response to "Manfaat Khasiat Cemplonan Untuk Mengobati Bisul Demam Dan Herpes"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel