Manfaat Khasiat Cincau Pohon Untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi

RIAISY BIT | Cincau, seperti nama minuman yang berwarna hijau dengan tambahan santan, gula aren dan es batu di dalamnya. Sebenarnya, minuman tersebut berasal dari tanaman cincau, sehingga disebut sebagai es cincau. Cincau merupakan tumbuhan merambat dengan batang kecil, kasar dan memiliki duri. Cincau memiliki bunga berwarna kuning dan biasa hidup di tepi hutan atau di semak – semak belukar dengan ketinggian <1000 mdpl. Tumbuhan ini memilik dua macam jenis, ada cincau yang berwarna hijau dan cincau berwarna hitam. Kedua jenis cincau tersebut juga dapat diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Cincau memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang baik bagi kesehatan. 

Beberapa nama daerah untuk cincau pohon ini diantaranya hasendong (Sunda), Senggani Jawa).

Beberapa jenis tanaman cincau, namun pada artikel ini khusus untuk tanaman cincau berbentuk pohon (Melastoma polyanthum B) bukan merambat atau yang sering disebut dengan pohon cincau perdu.


Cincau pohon memiliki rasa agak manis, bersifat dingin, dan sedikit berbaulangu. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam cincau pohon, di   antaranya alkaloid, zat lemak, dan karbohidrat yang menyerap air. Efek farmakologis cincau pohon, di antaranya menurunkan tekanan darah.

Daun cincau pohon dapat dimanfaatkan untuk mengobati tekanan darahtinggi. Caranya, remas-remas daun cincau pohon secukupnya bersama air  secukupnya sampai airnya berubah menjadi hijau. Tambahkan gula jawa secukupnya lalu biarkan sampai menjadi agar-agar. Potong agar-agar cincau menjadi kecil-kecil lalu makan cincau tersebut seperti minum es buah. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

0 Response to "Manfaat Khasiat Cincau Pohon Untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel