Manfaat Khasiat Cincau Rambat Untuk Mengobati Demam, Radang lambung, Tipus, Penyakit Usus, dan Tekanan Darah Tinggi

Pada artikel terdahulu Riaisy telah mengulas tentang manfaat khasiat Pohon cincau berjenis perdu, kali ini akan khusus membahas khasiat tanaman cincau yang berjenis merambat atau yang dikenal dengan daun cincau hijau. Cincau rambat ( (Cyclea barbata)  termasuk kedalam keluarga tanaman Menispermaceae. Tanaman cincau rambat ini dikenal dibeberapa daerah di Indonesia dengan nama camcauh, juju, tarawalu, dan kepleng, krotok. Tanaman ini memiliki memiliki daun yang khas, berwarna hijau, lembut serta tanaman cincau dapat merambat pada tanaman lainnya seperti Tanaman Sirih.


Tanaman berbatang merambat, panjangnya 12—16 m. Diameter lingkar batang kecil yang berukuran 0,5— 1 cm, kulit batangnya kasap dan berduri. Merambat ke arah kanan pada pohon inang dengan panjang hingga 15 m. Daunnya berbentuk hati dengan kedua permukaan dipenuhi rambut halus. Bunga berwarna kuning kehijau-hijauan sampai hijau pucat dan buah batu berwarna merah berbentuk lonjong.

Cincau rambat mempunyai rasa agak manis dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam cincau rambat diantaranya karbohidratzat, lemak, alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine, dimetil tentradine, polifenol, saponin, dan flavonoid. Efek farmakologis cincau rambat, di antaranya antidemam, antiracun, dan menurunkan tekanan darah.

Rimpang dan daun cincau rambat dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

Mengobati Demam.


Iris rimpang cincau rambat secukupnya menjadi beberapa bagian lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, saring, lalu minum sekaligus saat demam. Lakukan secara rutin 1 kali sehari. Cara lainnya, cuci akar cincau secukupnya sampai bersih, seduh dengan air panas, lalu saring. Minum air saringannya sekaligus 1 kali sehari.

Mengobati Radang lambung, Tifus, dan penyakit Usus.


Cuci bersih 50gr daun cincau rambat segar. Remas-remas daun tersebut di dalam 4 gelas air matang, peras, lalu saring. Tambahkan 5 sendok teh gula pasir lalu biarkan sampai mengental. Potong agar-agar cincau menjadi kecil-kecil lalu makan cincau tersebut seperti minum es buah. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi.


Remas-remas daun cincau rambat secukupnya dengan dicampur air secukupnya sampai airnya berubah menjadi hijau. Tambahkan gula jawa secukupnya lalu biarkan sampai menjadi agar-agar. Potong agar-agar cincau menjadi kecil-kecil lalu makan cincau tersebut seperti minum es buah. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

0 Response to "Manfaat Khasiat Cincau Rambat Untuk Mengobati Demam, Radang lambung, Tipus, Penyakit Usus, dan Tekanan Darah Tinggi"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel