Manfaat Khasiat daun Encok Untuk Mengobati Gangguan Kencing sakit Kepala Sakit Pinggang dan Encok

RIAISY BIT | Daun Encok (Plumbago Zeylanica Linn) merupakan tanaman semak perdu yang dapat kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman daun encok ini biasanya ditanam di pekarangan, halaman depan rumah dan juga terkadang hidup secara liar hutan. Plumbago terdiri dari sekitar 25 spesies yang ada di seluruh dunia. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari tanaman daun encok ini ialah  Ceylon leadwort, doctorbush dan wild leadwort. Beberapa daerah di Indonesia menyebutnya dengan Ki Encok (Sunda), Oporio (Timor), Kareka 9Madura). Menurut sejarah asal usul tanaman daun encok ini berasal dari Asia Tenggara. Persebaran tanaman daun encok tersebar luas di daerah tropis dan subtropis. Ciri-ciri fisik tanaman daun encok ini memiliki daun yang agak lemas sedikit mengkilap dengan bunga yang berwarna putih. Fungsi dan kegunaan tanaman daun encok ini berguna sebagai tanaman pagar hidup dan juga pakan ternak. Seperti namanya daun Encok selain digunakan untuk mengobati penyakit encok ternyata juga bermanfaat untuk pengobatan penyakit lainnya.


Daun encok pahit, beracun dan bersifat tonik. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada adaun diantaranya leucodelphinidin, quercitin-3-rhamnoside,dan petals azaleatin-3-rhamnoside.Bagian akar mengandung plumbagian,3-chloroplumbagin dan 2- methylnaphtazarin, chitratone, elliptinone, maritinone, methyllene-3,3-diplumbagin, zeylanone, dan isozeylanone. Zat plumbagian mempuyai sifat keras dan beracun sehingga menyebabkan kulit melepuh seperti luka bakar. Efek farmokologis yang dimiliki daun encok,diantaranya menghilangkan sakit otot dan meluruhkan air kencing.

Daun adan akar daun encok dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

1.Gangguan kencing


Cuci bersih 10 g daun encok segar,tumbuk,lalu tambahkan 1 sendok makan kapur sirih,Remas-remas campurkan bahan lalu balurkan keatas perut.

2.Sakit kepala


Ambil 2 helai daun encok,oles dengan minyak kelapa atou minyak zaitun secukupnya.layungkan diatas api kecil,letakan di kedua pelipis atou dibawah kedua telinga selama 5-10 menit.

3. Sakit pinggang dan encok


Cuci bersih 15 g daun encok segar,tumbuk,lalu tambahkan 1 sendok makan kapur sirih.Remas-remas campuran bahan laen balurkan kebagian tubuh yang sakit.

0 Response to "Manfaat Khasiat daun Encok Untuk Mengobati Gangguan Kencing sakit Kepala Sakit Pinggang dan Encok"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel