Manfaat Khasiat Daun Prasman Untuk Mengobati Sakit Kepala Borok Tersengat Kalajengking Dan Obat Peluruh Kencing

RIAISY BIT | Daun Prasman (Eupatorum Triplinerve Vahl) merupakan Daun dari tanaman yang dikenal bukan asli Indonesia namun berasal dari Amerika. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah, hingga ketinggian 1.600 meter dari permukaan laut. Tumbuhan ini memiliki ciri fisik yang beda dengan tumbuhan lain. Hampir semua batangnya berkayu, beruas-ruas, bercabang, berambut tebal dan merah muda, daunnya tunggal, dengan letak berhadapan, bentuknya lanset, berujung runcing, pangkal meruncing, tepi rata, permukaannya licin dengan tiga tulang daun yang melengkung, panjang 5 – 8 cm, lebar 1 – 2 cm, dan berwarna hijau. Bunga berbentuk majemuk, keluar dari ujung batang, panjang tangkai bunga kurang lebih 4 mm, kelopak lepas, terdiri dari 5 daun kelopak dan warnya hijau keunguan. Mahkotanya berbentuk bintang, kecil, berambut putih, ungu kemerahan. Buah berupa buah kendaga. Perbanyakan dengan biji atau setek akar.


Daun prasman memiliki rasa klhas yang menyengat dan berbau cumarine. beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun prasman diantaranya minyak terbang cumarine, dimethylester thymohydrodiinon, ayepin, timohidrokuinon, saponin, flavonoida, dan polifenol. Efek farmakologis daun prasman, di antaranya anti-diare, penurun panas, dan astringen. 

Bagian daun dari tumbuhan daun prasman dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

Mengobati Panas Dalam dan Peluruh Kencing.


Cuci bersih 20gr daun prasman segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Mengobati Sakit Kepala, Borok, dan Terkena Sengatan Kalajengking.


Cuci 50 halai daun prasman, tumbuk halus, lalu tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan. Campurkan adonan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya lalu simpan dalam wadah kering. Untuk sakit kepala, oleskan pada dahi dan pelipis, sedangkan untuk borok serta terkena sengatan kalajengking, oleskan pada bagian yang sakit.

0 Response to "Manfaat Khasiat Daun Prasman Untuk Mengobati Sakit Kepala Borok Tersengat Kalajengking Dan Obat Peluruh Kencing"

Posting Komentar

Disclaimer : Silahkan berkomentar dibawah dengan bijak. Komentar dengan meletakkan link aktif atau keyword p*rn* akan dihapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel